Pekan Depan, Madonna Bertolak ke Malawi

Yunita Rachmawati | 02 April 2008, 23:38 WIB
Kapanlagi.com - Terkait permohonan pengangkatan anak dari negara di bagian selatan Afrika yang diajukannya, Madonna dijadwalkan akan kembali berada di Malawi pekan depan guna menghadiri sidang akhir putusan itu, kata sejumlah pejabat bandar udara, Rabu (2/4).

Seorang pejabat di bandar udara internasional Lilongwe mengatakan kepada Reuters bahwa pesawat jet pribadi Madonna telah disiapkan untuk mendarat pada tanggal 8 April mendatang dan penyanyi terkenal itu diperkirakan akan tiba tepat sesuai jadwalnya.

Februari lalu, Menteri Penerangan Malawi Patricia Kaliati memuji usaha serius Madonna di bidang kegiatan sosial untuk mendukung nasib anak-anak yatim piatu di negeri yang masih belum maju itu dan mengatakan sangat disayangkan apabila niat adopsi seorang anak asli negeri itu oleh bintang pop itu ditolak.

Hingga kini, Madonna masih dalam proses adopsi seorang bocah laki-laki Malawi, David Banda. Dia memulai proses permohonan adopsi pada tahun 2006 setelah bertemu dengan anak itu di sebuah yayasan yatim piatu.

Balita tersebut kini telah tinggal bersama dengan bintang pop yang selalu menarik perhatian peminat musik dunia dengan keluarganya termasuk suami Madonna, sutradara Inggris, Guy Ritchie.

Adopsi itu sendiri merupakan hal yang kontroversial di mana sebagian pihak mengkritik pihak pemerintah karena telah melanggar hukum yang berlaku yang melarang seorang warga asing mengangkat seorang anak di Malawi, negara yang dilanda epidemik penyakit fatal AIDS dan merupakan salah satu negara dengan penghasilan per kapita yang paling rendah.

Diperkirakan terdapat satu juta anak yatim piatu di negeri Malawi dan sebagian di antaranya telah tertular virus HIV. Pemerintah Malawi kini mengamandemen undang-undang adopsinya.  (*/boo)

Editor:  

Yunita Rachmawati