Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Ratu Elizabeth II Meninggal Dunia, Pangeran Charles Naik Tahta Jadi Raja Inggris

Jum'at, 09 September 2022 01:11 WIB
Ratu Elizabeth II Meninggal Dunia, Pangeran Charles Naik Tahta Jadi Raja Inggris
Pangeran Charles © TPG Images

Kapanlagi.com - Di antara kabar duka yang tengah menyelimuti Kerajaan Inggris atas berpulangnya Ratu Elizabeth II. Kabar lain mengikuti mangkatnya sang ratu yang telah 70 tahun memimpin Inggris tersebut, yaitu pengangkatan raja baru.

Tidak seperti selentingan yang ramai beredar bahwa publik Inggris menginginkan Pangeran William sebagai raja. Dilansir dari BBC.com, mendiang Elizabeth akan digantikan oleh putra sulungnya, Pangeran Charles, sesuai dengan urutan pewaris tahta Kerajaan Inggris.

Sesaat setelah Ratu Elizabeth II dinyatakan meninggal dunia, mahkota kerajaan resmi berpindah ke Pangeran Charles. Tahta Inggris berpindah tanpa upacara ke tangan Prince of Wales.

Now that you are AWAKE, it's time for you to wake right now!

Awake

1. Rangkaian Upacara Resmi

Gambar

Meski secara sah telah menduduki tahta Kerajaan Inggris, namun Pangeran Charles masih harus mengikuti beberapa rangkaian acara sebelum dinobatkan menjadi raja. Ada beberapa langkah yang harus dilakukan oleh Charles sebelum memakai mahkota.

Dalam 24 jam pertama setelah kematian Elizabeth II, Charles akan diumumkan sebagai raja. Pengumumuan ini akan disampaikan di Gereja St James di London, di hadapan badan upacara yang dikenal sebagai Dewan Aksesi.

Accession Council terdiri dari anggota Dewan Penasehat yaitu sekelompok anggota parlemen senior dulu dan sekarang. Beberapa pegawai negeri senior, komisaris tinggi persemakmuran dan Walikota London.

2. Deklarasi Raja

Gambar

Sehari setelah pengumuman kematian Elizabeth II, Dewan Aksesi akan bertemu dengan raja baru. Setelah terompet ditiup, mereka akan mengumumkan bahwa Charles akan menjadi raja di balkon di atas Friary Court, St James Palace oleh pejabat yang dikenal sebagai Garter King of Arms.

Setelah itu Charles akan resmi memakai mahkota pada upacara pemahkotaan. Namun acara ini memerlukan persiapan cukup lama, sehingga bisa jadi baru akan dilangsungkan beberapa bulan mendatang.

Namun belum diketahui Charles akan memakai nama apa untuk gelar resminya nanti. Akankah ia memakai nama Charles III karena merupakan raja dengan nama Charles ketiga di keluarga Inggris. Ataukah memakai nama lainnya? Hingga saat ini Istana Buckingham belum memberikan keterangan resmi.