Sutradara Perempuan yang Jadi Nominee Oscar Sepanjang Sejarah, Baru 5!

Editor KapanLagi.com | 08 Maret 2018, 16:50 WIB
Sutradara Perempuan yang Jadi Nominee Oscar Sepanjang Sejarah, Baru 5!

Kapanlagi.com - Academy Awards tahun ini memasuki kiprahnya ke-90. Oscar telah menjadi tonggak sejarah dalam kancah hiburan Hollywood selama hampir 1 abad. Namun ternyata dalam rentang waktu itu pula sutradara perempuan yang masuk nominasi hanya ada 5 orang. Selain Greta Gerwig, siapa saja mereka?

Lina Wertmüller, SEVEN BEAUTIES (1977)

Pada tahun 1977, Wertmüller menjadi wanita pertama yang dinominasikan dalam kategori sutradara terbaik di Academy Awards ke-49. Dia juga dinominasikan untuk naskah asli terbaik. Filmnya, SEVEN BEAUTIES adalah sebuah film berbahasa Italia tentang seorang pria Italia yang mendesak tentara selama Perang Dunia II, dan ditangkap oleh orang-orang Jerman lalu dikirim ke kamp penjara.

Wertmüller tidak memenangkan kategori sutradara terbaik. Saat itu yang jadi juara adalah John G. Avildsen untuk ROCKY. Nominasi lain dalam kategori tersebut adalah Sidney Lumet (NETWORK), Ingmar Bergman (FACE TO FACE) dan Alan J. Pakula (ALL THE PRESIDENT'S MEN).

Jane Campion, PIANO (1994)

Pada tahun 1994, Campion menjadi wanita kedua yang dinominasikan. Filmnya, PIANO, adalah tentang pemain mute piano dan putrinya. Dibintangi oleh Holly Hunter, Harvey Keitel, dan Anna Paquin, yang memenangkan aktris pendukung terbaik pada usia 11 tahun.

Pada Academy Awards ke-66, Campion memenangkan kategori best original screenplay, namun ia gagal menjadi juara dalam kategori directing yang kala itu dimenangkan oleh Steven Spielberg atas SCHINDLER'S LIST.

Sofia Coppola, LOST IN TRANSLATION (2004)

Film komedi kritis garapan Coppola ini dibintangi oleh Bill Murray dan Scarlett Johansson. LOST IN TRANSLATION menjadi favorit di musim penghargaan 2004, membuatnya mendapatkan nominasi untuk sutradara terbaik. Film ini bercerita tentang dua orang berkewarganegaraan Amerika yang kesepian lalu menjadi teman setelah bertemu di sebuah hotel di Tokyo. LOST IN TRANSLATION juga dinominasikan untuk kategori best picture. Meskipun tidak menang dalam salah satu kategori tersebut, Coppola memenangkan kategori best original screenplay. Coppola dikalahkan oleh Peter Jackson atas LORD OF THE RINGS: THE RETURNS OF THE KING dalam kategori best director. Para nominator dalam kategori ini antara lain Fernando Meirelles (PETER CITY), Peter Weir (MASTER AND COMMANDER: THE FAR SIDE OF THE WORLD) dan Clint Eastwood (MYSTIC RIVER).

Kathryn Bigelow, THE HURT LOCKER (2010)

Bigelow adalah satu-satunya sutradara perempuan yang memenangkan Oscar. Dia menang atas THE HURT LOCKER. Yang cukup mengejutkan juga yakni ia mengalahkan suaminya sendiri, James Cameron, yang dinominasikan untuk AVATAR. THE HURT LOCKER mengambil setting selama Perang Irak. Berkisah tentang tiga tentara spesialis Explosive Ordnance Disposal di Irak. Mereka adalah penjinak bom dari dunia militer, bertugas masuk dan melucuti Improvised Explosive Devices.

Pada tahun 2013, Bigelow tidak dinominasikan atas garapannya, ZERO DARK THIRTY meskipun film tersebut masuk pada beberapa nominasi lain termasuk best picture. Film ini bercerita tentang tim yang menemukan Osama bin Laden.

Greta Gerwig, LADY BIRD (2018)

Dalam kategori best director, Gerwig melawan Jordan Peele, orang kulit hitam kelima yang dinominasikan dalam kategori tersebut. Selain itu nominator lain ada Guillermo del Toro, Christopher Nolan, dan Paul Thomas Anderson. Dalam ajang ini Gerwig tidak menjadi juara, namun ia memenangkan best director in the comedy or musical category dalam  Golden Globes.

Disadur oleh Tantri D. Rahmawati dari Businessinsider.

(kpl/mag)

Editor:   Editor KapanLagi.com