10 Artis Dengan Jurusan Kuliah Antimainstream, Ada yang Bisa Tebak?

Guntur Merdekawan | Selasa, 09 Juli 2019 23:32 WIB
10 Artis Dengan Jurusan Kuliah Antimainstream, Ada yang Bisa Tebak?

Kapanlagi.com - Kuliah nyambi kerja adalah sebuah hal yang begitu menguras tenaga dan pikiran. Jangan heran jika akhirnya kuliah dari para 'two-timer' itu akhirnya berantakan dan lulusnya telat banget. Nah, hal itu juga jadi sebuah permasalahan bagi sebagian artis loh.

Seperti kita ketahui, pekerjaan syuting begitu memakan waktu. Tak heran jika akhrinya banyak artis yang memutuskan untuk menunda kuliahnya. Atau sebaliknya, jika ingin fokus pada kuliah, kebanyakan artis pasti akan memilih vakum dari dunia hiburan.

Anyway, mayoritas artis Tanah Air memilih jurusan kuliah yang cukup mainstream, sebut saja Hukum, Kedokteran, Ekonomi, Akuntansi, Psikologi, Sastra Inggris hingga Komunikasi. Namun tak sedikit pula artis yang ternyata memilih jurusan antimainstream selama kuliah dulu loh, KLovers! Ada yang bisa tebak siapa saja dan jurusan apa yang mereka ambil? Slide daftarnya berikut..

1 dari 10 halaman

1. Cinta Laura

Cinta Laura © KapanLagi/Agus Apriyanto
Jurusan Sastra Inggris atau Indonesia itu sudah sangat biasa. Nah, artis cantik Cinta Laura ternyata lebih memilih untuk kuliah jurusan Sastra Jerman ketika diterima di University of Columbia New York dulu.

Cinta cuma butuh waktu 3 tahun untuk menyelesaikan kuliahnya. Tepatnya tahun 2014, pelantun Guardian Angel ini meraih 2 gelar sarjana sekaligus, yakni Psikologi dan Sastra Jerman. Bahkan, Ia meraih predikat Cum Laude karena Indeks Prestasi Kumulatifnya 3,9. Amazing!

2 dari 10 halaman

2. Sherina

Sherina © KapanLagi/Adrian Utama Putra
Jurusan kedokteran secara umum dianggap begitu prestisius. Tak heran jika akhirnya jurusan tersebut begitu laku keras jadi pilihan para calon mahasiswa. Namun beda ceritanya dengan Sherina yang lebih memilih jurusan Neuro Science ketika kuliah S1 di University of Sydney, Australia tahun 2014 silam.

Pada sebuah interview, bintang film PETUALANGAN SHERINA itu memaparkan jika dirinya begitu tertarik untuk mempelajari mekanisme kerja otak yang pada akhirnya bisa membuat manusia berpikir dan membedakannya dari makhluk lain. Padahal, jurusan ini dikenal begitu rumit dan sulit.

Menuntut ilmu sepertinya adalah passion bagi seorang Sherina. Wanita yang kini berusia 29 tahun itu juga sempat belajar Bahasa dan Budaya Jepang secara langsung di Negeri Matahari loh. Ia bahkan rela melupakan dunia hiburan yang telah membesarkan namanya demi mencari ilmu. Sungguh sebuah dedikasi yang patut dicontoh!

3 dari 10 halaman

3. Isyana Sarasvati

Isyana Sarasvati © KapanLagi/Akrom Sukarya
Tahun 2015 lalu, penyanyi cantik nan berbakat, Isyana Sarasvati sukses meraih gelar S1 jurusan Performance yang tidak ada di Indonesia. Pada jurusan ini, pelantun Mimpi ini mempelajari beberapa hal, seperti praproduksi hingga eksekusi di panggung. Isyana juga menunjukkan ketertarikannya pada musik opera.

Proses kuliah Isyana berjalan begitu mulus. Ia bahkan sukses mendapatkan penghargaan best scholarship graduate dengan nilai cumlaude loh.

4 dari 10 halaman

4. Rara Sekar

Rara Sekar © Instagram
Rara Sekar, kakak dari Isyana juga dulunya sempat memilih jurusan yang kurang populer ketika kuliah dulu, yakni Antropologi. Eks vokalis Banda Neira ini bahkan rela menempuh kuliah S2-nya itu di Wellington, Selandia Baru.

Buat kamu yang belum tahu, Antropologi mempelajari relasi manusia dengan manusia lainnya. Well, Rara memang diketahui sebagai seorang aktivis sih, jadi jurusan itu memang sangat pas untuknya.

5 dari 10 halaman

5. Andi Arsyil

Andi Arsyil © KapanLagi/Akrom Sukarya
Pesinetron dikenal begitu sibuk karena jadwal strippingnya yang padat gila-gilaan. Meskipun begitu, Andi Arsyil tetap menjalankan kuliahnya dengan lancar. Bahkan believe it or not, kala itu Ia menempuh pendidikan S1 di 3 perguruan tinggi sekaligus loh!

3 jurusan yang diambil Andi adalah Manajemen Ekonomi, Teknik Informatika dan yang paling antimainstream Fisika/Program Studi Geofisika. Bahkan setelahnya Andi masih melanjutkan studi ke jenjang master S2. Sudah ganteng, pinter lagi.

6 dari 10 halaman

6. Bondan Prakoso

Bondan Prakoso © KapanLagi/Muhammad Rasyad
Hampir mirip dengan Cinta Laura yang memilih jurusan Sastra Jerman, Bondan Prakoso juga memilih jurusan kuliah antimainstream, yakni D3 Sastra Belanda di Universitas Indonesia. Selama kuliah, Bondan harus mempelajari karya sastra seperti novel, puisi dan musik dalam Bahasa Belanda. Bisa bayangin sulitnya seperti apa?
7 dari 10 halaman

7. Oki Setiana Dewi

Oki Setiana Dewi © KapanLagi/Bayu Herdianto
Nggak cuma satu, aktris cantik Oki Setiana Dewi bahkan sempat mempelajari 3 jurusan yang sangat antimainstream selama kuliah dulu. Oki mendapatkan gelar S1 Sastra Belanda di UI, S2 Pendidikan Anak Usia Dini di UNJ, lalu S3 Kajian Islam di UIN.

Oki bahkan sempat bertolak ke Universitas Ummul Quro di Makkah untuk memperdalam bahasa Arabnya. Rencananya, Oki bakal melanjutkan S2 Sastra Belanda guna bisa jadi dosen.

8 dari 10 halaman

8. Dian Sastrowardoyo

Dian Sastrowardoyo © KapanLagi/Budy Santoso
Dian Sastrowardoyo disebut sebagai salah satu artis wanita yang paling berpendidikan. Tak heran memang, dia dulu kuliahnya saja S1 jurusan Filsafat di UI. Padahal, jurusan ini disebut-sebut tak populer karena tingkat kesulitan dan juga prospeknya yang kecil di dunia kerja.

FYI, filsafat adalah ilmu yang mempelajari kehidupan manusia melalui pemahaman dan dialog dengan ilmu-ilmu serta pemahaman perkembangan zaman. Hal yang dipelajari pun beragam, seperti sejarah pemikiran modern, metafisika, filsafat ketuhanan, dan eksistensialisme.

9 dari 10 halaman

9. Maudy Ayunda

Maudy Ayunda © KapanLagi/Daniel Kampua
Awalnya kurang populer, namun akhir-akhir ini peminat dari jurusan Philosophy, Politics and Economics mulai jadi buruan para calon mahasiswa dalam beberapa waktu terakhir. Nah, salah satu artis yang sudah mencicipi jurusan tersebut, bahkan menyandang gelar Bachelor of Arts adalah aktris cantik Maudy Ayunda.

Maudy memang sudah sejak lama ingin mempelajari bidang tersebut atas kecintaannya terhadap humanity social science. PPE sendiri merupakan jurusan yang mempelajari kombinasi dari politik, ekonomi dan filsafat.

10 dari 10 halaman

10. Duta Sheila On 7

Duta Sheila On 7 © KapanLagi/Akrom Sukarya
Tahun 1997 silam, Duta Sheila On 7 sempat menempuh pendidikan kuliah yang cukup unik, yakni jurusan Mekanisme Pertanian di UGM. Sejatinya suami dari Adelia Lontoh ini ingin mengambil jurusan Hubungan Internasional atau Sastra Inggris, namun keinginannya tak dapat restu dari orangtua.

Duta lolos masuk jurusan Mekanisasi Perkanian lewat Ujian Masuk Perguruan Tinggi (UMPTN). Sayangnya, vokalis dari Sheila On 7 itu gagal menyelesaikan kuliahnya karena disibukkan dengan aktivitas musiknya yang kala itu begitu padat.

(kpl/gtr)


Editor:  

Guntur Merdekawan

↑