10 Kasus Youtuber Indira Kalistha dan Suaminya yang Jadi Kontroversi, Dari Remehkan Corona - Ungkit Soal Donasi

Minggu, 17 Mei 2020 09:00 WIB
10 Kasus Youtuber Indira Kalistha dan Suaminya yang Jadi Kontroversi, Dari Remehkan Corona - Ungkit Soal Donasi

Kapanlagi.com - Belakangan ini, nama Youtuber Indira Kalistha lagi hangat jadi perbincangan netizen. Bukan karena prestasinya, Indira justru menuai kecaman karena statement-nya di Youtube channel Gritte Agatha.

Di situ, wanita yang juga dikenal sebagai beauty vlogger itu mengakui kalau dirinya jarang mengenakan masker saat ke luar rumah. Suaminya yang juga Youtuber dan dikenal dengan nama Aa Utap juga mengeluarkan pembelaan. Alhasil, tak sedikit netizen yang merasa geram dan mengecam statement tersebut karena dianggap meremehkan Corona.

Netizen juga menilai kalau Indira tak bisa mencontohkan sikap seorang influencer yang baik karena sudah beberapa kali menuai kontroversi di media sosial. Kira-kira kontroversi apa saja yang sudah dilakukan oleh Indira dan suaminya?

 

1 dari 10 halaman

1. Jarang Pakai Masker

Jarang Pakai Masker Credit: Instagram/indirakalistha
Di tengah himbauan pemerintah untuk selalu mengenakan masker kain saat beraktivitas di luar ruangan, Indira Kalistha justru mengaku kalau ia tak suka pakai masker. Rupanya, ia menunggu ditegur oleh seseorang baru mengenakan masker lantaran nafasnya terasa sesak.

"Aku jarang pake masker. Kalau sheet mask aku pakai tiap hari. Kalau masker yang udara-udara gitu aku nggak pake, kecuali kayak ditegor gitu baru pake. Tapi kalau nggak ditegor kita lepas lagi. Ini napas sayang-sayang ditutup-tutup gitu. Sesek nih dada, sesek," ungkap Indira.

2 dari 10 halaman

2. Nggak Cuci Tangan Sebelum Makan

Nggak Cuci Tangan Sebelum Makan Credit: Instagram/indirakalistha
Nggak cuma enggan mengenakan masker, Indira nyatanya juga abai akan aturan pemerintah untuk rajin cuci tangan. Dengan blak-blakan ia mengaku kalau selama ini hal tersebut jarang dilakukannya.

"Terus abis gitu kalau misalnya ke pasar, mall misalnya pegang-pegang abis beli makanan dari gojek online gitu aku nggak cuci tangan dulu sebelum makan. Jadi kayak ambil-ambil apa segala macem terus makan aja pake tangan," jelasnya lagi.

3 dari 10 halaman

3. Terkesan Meremehkan Corona

Terkesan Meremehkan Corona Credit: Instagram/indirakalistha
Sebagai seorang influencer dengan followers yang kebanyakan anak-anak muda, netizen berharap Indira lebih bijak dalam mengeluarkan statement. Namun yang terjadi, di video wawancara dengan Gritte, ia justru terkesan meremehkan Corona.

"Karena sebenarnya personally, aku itu nggak, nggak terlalu gimana ya, percaya kalau, Corona itu ada, penyakitnya itu ada. Cuman sebenarnya tu nggak seheboh itu lho. Terkadang tu masyarakat terlalu apa ya, terlalu gampang ngambil berita gitu lho. Padahal mereka nggak ngedengerin dari beberapa pihak, ngedengerinnya cuman dari satu pihak, jadinya nggak punya referensi. Nah aku tipe yang kayak Corona? B aja gitu," ujar Indira.

4 dari 10 halaman

4. Bikin Netizen Sakit Hati

Bikin Netizen Sakit Hati Credit: Instagram/indirakalistha
Tak lama setelah diunggah, video Gritte bareng Indira pun viral dan jadi perbincangan. Namun sayang, statement Indira justru membuat netizen, terutama tenaga kesehatan dan korban terdampak Corona, merasa sakit hati.

"Wallahualam lu mau kena corona kek, penyakit apa kek demam berdarah, semua bisa mati lo tau. Emosi gue jadinya," tutup Indira.

5 dari 10 halaman

5. Ikut Berkumpul di Mcd Sarinah

Ikut Berkumpul di Mcd Sarinah Credit: Instagram/gustafode
Tak cuma Indira, aksi suaminya yang juga seorang Youtuber bernama Aa Utap ikut jadi sorotan. Pasalnya belum lama ini, ia membuat sebuah konten di penutupan Mcd Sarinah bersama ratusan orang yang datang ke sana.

Tentu saja netizen banjir mengkritik perbuatan mereka. Singkat cerita, Indira dan suaminya dianggap tak patuh akan peraturan PSBB yang sudah berlaku.

6 dari 10 halaman

6. Bahas Soal Donasi

Bahas Soal Donasi credit: Twitter/gustafode
Cuplikan video Indira beberapa hari lalu sempat viral di Twitter. Namanya pun masih merajai trending di Indonesia. Begitupun dengan konten suaminya, Aa Utap, yang lagi di Mcd Sarinah.

Saat ada salah satu akun Twitter bernama @howtodresvvell menyindir aksi tersebut, Aa Utap justru membalasnya dengan mengungkit soal donasi. Alhasil, komentar Aa Utap semakin jadi cibiran netizen.

"Terimakasih bro/sis btw mau nanya selama covid ini udah ngasih makan/nanggung berapa banyak orang? Semoga lebih banyak dari saya ya bro. Amin," tulis Aa Utap lewat akun Twitternya @gustafode.

7 dari 10 halaman

7. Pembelaan Suami Jadi Sorotan

Pembelaan Suami Jadi Sorotan Credit: Instagram/gustafode
Tak berhenti sampai di situ, setelah kasus tersebut viral, Aa Utap mengunggah pembelaan untuk istrinya di Instagram. Bukannya meminta maaf, ia justru membela perkataan Indira.

"Walaupun banyak orang bilang kamu bodoh, aku gak percaya. Aku percaya bahwa kamu adalah wanita yg cerdas. Mereka cuma gak ngerti aja. Tapi bodoh atau pintar itu gak penting. Yang penting kamu udah jadi istri yang solehah buat aku," tulisnya.

8 dari 10 halaman

8. Rekam Jejak Suami Viral di Twitter

Rekam Jejak Suami Viral di Twitter Credit: Twitter/shifanzm
Gara-gara kasus Indira, rekam jejak Aa Utap kembali muncul ke permukaan. Salah satunya adalah chat nakal dengan seorang wanita yang diunggah oleh akun bernama @shifanzm di Twitter.

Benar saja, cuitan itu pun langsung ramai dengan reaksi beragam dari netizen. Ada yang membela tapi tak sedikit juga yang menghujat.

9 dari 10 halaman

9. Suami Indira Pernah Langgar Lalu Lintas

Suami Indira Pernah Langgar Lalu Lintas Credit: Youtube/Aa Utap
Pada bulan Desember 2017 lalu, Gustaf menjadi sorotan karena bersama teman-temannya ia melanggar lalu lintas. Kejadian berawal saat ia akan berputar arah. Namun bukannya mencari jalan berputar yang aman, mobil mereka justru berputar tepat di depan tanda dilarang memutar balik.

"Enggak boleh mutar kanan?," tanya salah seorang di mobil itu

"Boleh, boleh, boleh. Boleh gue yang nyuruh. Ah elah. Masak enggak tahu Aa Utap Youtuber dengan subscriber 350K," jawab Utap.

Namun, ia pun sudah klarifikasi dan meminta maaf setelah melakukan hal tersebut.

10 dari 10 halaman

10. Dianggap Rasis Karena Pakai Shade Warna Gelap

Dianggap Rasis Karena Pakai Shade Warna Gelap Credit: Youtube/Indira Kalistha
Sebagai beauty vlogger, Indira kerap membuat video tutorial makeup di channel Youtube-nya. Namun ada satu yang sempat jadi cibiran karena dianggap rasis yakni saat ia mencoba shade foundation yang lebih gelap dari warna kulitnya.

"Emang ada orang Indo pake shade gelap gini" hingga "Gue abis main lumpur bareng petani".

Gara-gara statement tersebut, nama Indira sempat jadi hujatan di media sosial. Beberapa fans-nya juga mengungkapkan kekecewaan karena Indira menganggap warna kulit gelap seperti kotor.

(kpl/tmd)