Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

12 Fakta Pandji Pragiwaksono yang Jarang Diketahui Orang, Teman Kecil Suami Nia Ramadhani - Pernah Ciuman Sama Arie Kriting

Tantri Dwi Rahmawati   | Selasa, 03 Agustus 2021 16:32 WIB
12 Fakta Pandji Pragiwaksono yang Jarang Diketahui Orang, Teman Kecil Suami Nia Ramadhani - Pernah Ciuman Sama Arie Kriting
Pandji Pragiwaksono © KapanLagi.com/Bambang E Ros

Kapanlagi.com - Nama Pandji Pragiwaksono dikenal sebagai komika atau stand up komedian. Ia bisa dibilang salah satu founding fathers komunitas Stand Up Indo. Memulai karir komedi di tahun 2011, joke Pandji kerap kali menuai kontroversi.

Di balik sosoknya yang lucu sekaligus kontroversial, ada banyak fakta tentang Pandji yang jarang jadi sorotan. Mulai dari masa kecilnya yang merupakan kawan baik suami Nia Ramadhani sampai pernah jalani hari tanpa uang sepeser pun. Intip yuk fakta selengkapnya!

Now that you are AWAKE, it's time for you to wake right now!

Awake

1. Teman Kecil Ardi Bakrie

Gambar

Fakta ini bisa jadi bukan fakta yang mengejutkan mengingat Pandji sempat tinggal di kawasan elite saat kecil. Kala itu, ia satu sekolah dengan Ardi Bakrie. Saking akrabnya, Pandji pernah berkunjung ke rumah Ardi. Hal itu diungkapnya dalam Podcast Hiduplah Indonesia Maya pada Senin (12/7) lalu.

"Ardi Bakrie mungkin nggak inget saya tapi saya inget pernah main ke rumah Ardi Bakrie. Gua lagi SD, gua ngelihat orang rumahnya gede banget. Saking gedenya, di tengah-tengah ada halaman yang bisa dipakai jadi lapangan bola. Ardi bilang, 'ini kadang-kadang dipakai untuk salat Ied'," ungkapnya.

Tak hanya itu, Pandji juga mengaku terpesona melihat koleksi mainan Ardi. Ya, putra Abu Rizal Bakrie itu punya satu kamar khusus berisi mainan.

"Ardi Bakrie itu, waktu SD kelas 6 dia punya satu ruangan isinya yang berbau Google V. Pas gue masuk, ada robot-robotan Google V segede paha gua, Google V semua," imbuhnya.

2. Ayahnya Pendiri INKAI

Memilih jalur di bidang hiburan, Pandji rupanya tak mengikuti jejak ayahnya. Ya, ayah Pandji, Koes Pratomo Wongsoyudo, adalah atlet Karate. Mendiang Koes juga merupakan salah satu pendiri INKAI. Hal itu diungkap Pandji dalam wawancaranya dengan Daniel Mananta pada Senin (12/7) lalu.

Koes sempat mendapat beasiswa kuliah di Tokyo Denki University. Selama di sana, ia tak hanya kuliah tapi juga belajar karate pada murid M. Nakayama.

"(Ayah Pandji adalah) Murid dari orang yang belajar sama M. Nakayama. M. Nakayama ini murid dari Gichin Funakoshi orang yang menciptakan olahraga Karate," tuturnya.

"Bokap gue dan 7 orang lainnya pindah ke Indonesia, mendirikan INKAI. Organisasi Karate pertama di Indonesia," imbuh pria yang pernah tour stand up comedy keliling dunia ini.

3. Bukan Atlet Tapi Dididik Pantang Menyerah

Gambar

Ada banyak momen pahit yang pernah dirasakan Pandji. Meski begitu, ia memilih untuk tidak menyerah. Pasalnya, ia sejak kecil diajarkan untuk tidak menyerah layaknya atlet oleh sang ayah.

"Gua kan dibesarkan sebagai seorang atlet orang bokap gue Karate dan gue juga disuruh olahraga mulu. Jadi gue nggak pernah tuh ngomong 'gua nyerah'. Karena di olahraga kalau lu main bola terus ada satu orang nyerah kelihatan tolol sendiri. The game is still playing," ujarnya.

4. Pernah Ciuman dengan Arie Kriting

Beberapa kali, fakta ini pernah diungkap sendiri oleh Pandji di Twitter. Ia juga sempat mengingatkan Indah Permatasari, istri Arie Kriting, betapa dia pernah mencium Arie. Dilansir dari vlog Luna Maya April 2020 silam, Arie mengaku saat itu dirinya dan Pandji sedang hadir di festival Stand up Comedy.

"Saya kan demam. Hari pertama saya datang, saya perform sudah tidak enak badan. Hari kedua saya paksakan datang. Ternyata sampai di lokasi tidak enak badan, saya tidur-tiduran," terang Arie.

"Sayup-sayup terdengar suara Pandji. Akhirnya tiba-tiba dia cium saya. Pas saya buka mata dia sudah selesai cium. Makanya, saya sungguh mati itu rasa bibir," lanjut pria yang pernah berkuliah di Malang ini.

5. Pernah Nggak Punya Uang Sampai Nggak Bisa Beli Susu

Gambar

Sekarang sudah mapan bahkan sudah jadi direktur di perusahaannya sendiri, Pandji rupanya pernah alami masa sulit. Kala itu, ia nggak dapat pekerjaan sama sekali dan nggak punya uang juga.

"Ekonomi gua lagi roboh, gua udah punya anak. Gue nggak ambil job rokok karena gua punya yayasan kanker. Terus duit gua nggak ada. Bener-bener nggak ada duit," terang ayah Dipo dan Shira ini.

Saking sulitnya kondisi saat itu, anak pertamanya, Dipo, harus minum air putih karena susu ibunya tak keluar. Ya, untuk beli susu anak saja Pandji nggak sanggup.

"(misalkan) lu punya anak. Anak lu minta susu. Susunya nggak keluar dari istri lu ampe harus dikasih air putih. Kalau lu jadi bapak, kan lu mau nangis kan?" lanjut Pandji.

Tak lama setelah itu, Pandji dipercaya menjadi host acara talkshow politik bernama 'Provocative Proactive'. Sejak itu lah Pandji punya positioning baru sebagai presenter politik. Berbagai tawaran pekerjaan lantas berdatangan.

6. Nggak Pernah Berhenti Mencari Passion

Selain pantang menyerah, Pandji juga memegang prinsip 'stay open'. Ia begitu terbuka pada segala kemungkinan. Berawal dari cita-cita menjadi presenter NBA, ia memutuskan jadi penyiar di Hard Rock FM.

Setelah itu, karirnya melaju di televisi. Mulai dari jadi presenter televisi sampai berhasil jadi presenter Basket. Tak berhenti sampai di situ, ia mulai berkarya di jalur Hip Hop. Tak main-main, Pandji sampai mengeluarkan album dan tour keliling Jawa-Bali.

Menyadari dirinya bisa bikin orang tertawa, Pandji lalu beralih menjadi standup komedian. Setelah itu ia menjadi penulis buku, sutradara film, bahkan aktor. Beradu akting dengan Reza Rahadian dalam film RUDY HABIBIE sempat dilakoninya.

Disamping itu semua, Pandji juga berbisnis. Ia mendirikan perusahaan sendiri bernama Comica.id. Di tengah kesibukannya jadi direktur, ia juga masih sempat bikin konten di Youtube sampai podcast. Yang terbaru, Pandji mencoba geluti dunia puppeteer dan mengajar stand up comedy juga.

7. Sempat Tak Percaya Tuhan

Gambar

Di balik segala komedinya, tak banyak orang yang mengetahui sisi spiritualitas Pandji. Rupanya, suami dari Gamila Arief ini pernah tak percaya Tuhan. Hal itu diungkap sendiri oleh Pandji dalam Youtube Daniel Mananta pada Senin (12/7) lalu.

"Sebenernya gua sempat nggak percaya Tuhan. Bukan karena kebencian sama apa yang terjadi dalam hidup gua. Tapi lu tahu puber intelektual? Saat itu idola gua nggak percaya sama Tuhan. Ini bukan superstar, ini temen gue satu kompleks," ujarnya.

Pandji mengaku tak percaya Tuhan sejak duduk di bangku SMP hingga kuliah. Hingga suatu hari, ayahnya datang menemuinya di Bandung sambil memberikan buku.

"Sampai bokap gua ke Bandung untuk ngelihat gue di ITB. Bokap gua bawa buku dari Quraish Shihab judulnya Mukjizat Al Quran. Buku itu ngebalikin keyakinan gue," terang Pandji.

"Sejak itu gue mungkin bukan umat Islam yang sempurna secara ritual dan segala macem, tapi elu nggak bisa memungkiri keyakinan gua bahwa gua percaya Allah itu ada," lanjutnya.

8. Celengannya Pernah Dijebol Ibu Sendiri

Kehidupan Pandji tak selamanya stabil. Saat Pandji masih ABG, ayahnya bangkrut. Keadaan makin diperparah dengan perceraian orangtuanya. Ekonomi pun runtuh sampai-sampai ibunya harus menjebol celengan Pandji diam-diam.

Meski begitu, ibunda Panji membuktikan diri betapa ia bisa bangkitkan perekonomian keluarga. Ia lantas bekerja menjadi banker, hingga mampu menyekolahkan ketiga anaknya sampai lulus kuliah.

9. Pernah Diajak 'Nakal' di Rumah Kosong

Gambar

Masa SMA Pandji begitu penuh kisah. Ia masih ingat kala itu diajak 'nakal' oleh kawan-kawannya di rumah kosong.

"Di sebuah rumah kosong, ada 4 cowok salah satunya gue. Ada dua cewek di situ. Terus mereka bergantian main karambol kali, gue nggak tahu (mereka) di dalam kamar ganti-gantian," ungkap pria jebolan SMA Kolese Gonzaga ini.

Pandji pun ditawari untuk turut masuk ke kamar dan melakukan hal tak senonoh, namun ia menolaknya.

"Gue ditawarin 'mau nggak, Dji?'. I know what are they doing. Nggak ada yang tahu, nggak ada yang jagain gua tapi gua nggak ambil keputusan untuk ngelakuin itu," imbuh Pandji.

10. Sangat Terinspirasi oleh Glenn Fredly

Meski tak kerap tersorot kamera saat bersama, Pandji dan Glenn Fredly berkawan baik. Pandji bahkan mengaku sangat mengidolakan Glenn. Saat Glenn wafat, ia merasa kehilangan sosok yang menginspirasi.

Menurut Pandji, stand up spesial-nya yang bertajuk Komoidoumenoi diinspirasi oleh Glenn. Glenn pernah menggelar konser di Instora Senayan. Di sana pula lah Pandji dulu bermimpi menggelar pertunjukan Stand up Comedy.

11. Nggak Tahu Sudah Menikah Berapa tahun

Gambar

Punya rumah tangga yang jauh dari berita miring, Pandji mengaku tak ingat sudah berapa tahun menikah. Hal itu terungkap saat ia ditanya oleh Daniel. "Lu menikah sekarang udah berapa tahun?" tanya mantan presenter Indonesian Idol itu.

Pandji rupanya nggak pernah menghitung itu. Pasalnya, sang istri menyebut bak masa tahanan saja kalau dihitung-hitung.

"Aduh gue nggak ngitung. Dulu gue seprti suami pada umumnya. Pada tanggal pernikahan gua rayakan happy anniversary. Sampai suatu hari istri gue bilang, 'kenapa dihitung-hitung sih? Kayak orang lagi di penjara deh dihitung-hitung'. Yang gue inget gue nikah tahun 2006," jelasnya.

12. Punya Istri yang Sekaligus Jadi Comedy Buddy

Di balik jokes Pandji, ada peran sang istri di sana. Ya, menurut Pandji, Gamila adalah sosok yang lebih lucu dibanding dirinya. Tak heran kalau Gamila kerap didapuk jadi comedy buddy Pandji.

"Di rumah, istri gue jauh lebih lucu dari pada gue, parah. Orang nggak ngerasa istri gue lucu tapi gue tahu lucunya di mana. Dia comedy buddy gua. Temen untuk tektokan soal joke," jelas pria kelahiran Singapura, 18 Juni 1979 ini.

Editor:   Tantri Dwi Rahmawati