Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

14 Hari Jelang Hari Pernikahan, Atta Halilintar dan Aurel Hermasyah Belum Daftarkan Berkas Pernikahan

Canda Dian Permana   | Selasa, 23 Maret 2021 17:37 WIB
14 Hari Jelang Hari Pernikahan, Atta Halilintar dan Aurel Hermasyah Belum Daftarkan Berkas Pernikahan
Aurel dan Atta (credit: instagram.com @attahalilintar)

Kapanlagi.com - Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah tinggal menghitung hari jelang pernikahan mereka. Rencananya akad pernikahan mereka akan digelar disalah satu dari sepuluh mesjid terbesar di dunia, yakni mesjid Istiqlal, Jakarta Pusat.

Karena Mesjid Istiqlal masuk dalam kawasan Kecamatan Sawah Besar, tentunya setiap pasangan yang ingin melakukan akad pernikahan harus melapor ke Kantor Urusan Agama (KUA) Sawah Besar. Akan tetapi, Eddy Herwanto selaku kepala KUA Sawah Besar justru mengatakan hingga saat ini data untuk pernikahan Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah belum masuk.

"Sampai sekarang ini data pernikahan Atta dan Aurel belum kami terima dan belum mendaftar di KUA Sawah Besar," ungkap Eddy Herwanto saat ditemui di KUA Sawah Besar, Selasa (23/3).

1. Gelar Akad, 3 April 2021

Diketahui, rencananya Atta dan Aurel akan menggelar akad pernikahan pada tanggal 3 April 2021 mendatang, namun berkas pernikahan mereka belum masuk atau didaftarkan. Oleh karena itu, Eddy mengatakan idelanya pendaftaran pernikahan seharusnya sudah dimasulan minimal dalam sepuluh hari kerja.

"Menurut ketentuan peraturan perundang-undangan, bahwasahnya pendaftaran pernikahan itu dilaksanakan 10 hari kerja sebelumnya. Namun bila mana kurang dari 10 hari kerja, harus ada dispensasi dari kantor kecamatan," ujarnya.

2. Belum Diterima KUA

Tak hanya itu, surat rekomendasi pernikaham dari keduanya juga masih belum diterima oleh pihak KUA Sawah Besar. Dikarenakan kedua calon mempelai tidak berdomisili di kawasan Sawah Besar, Jakarta Pusat, keduanya harus mendapat surat rekomendasi nikaj dari KUA domisili masing-masing.

"Mungkin sudah diterima oleh yang bersangkutan tapi belum mendaftar ke kita. Jadi pendaftaran itu ada setelah berkas itu masuk. Sampai sekarang ini berkas belum ada yang masuk ke KUA Sawah Besar. (KUA) Tempat tinggal itu nanti membuat surat rekomendasi nikah, ditunjukkan kepada KUA tempat pelaksanaan nikah," pungkasnya.

Reporter:   Irfan Kafril