14 Momen Perjalanan Cinta Laudya Cynthia Bella dan Engku Emran, Akad Nikah Dua Kali - Cerai

Tantri Dwi Rahmawati   | Rabu, 01 Juli 2020 11:44 WIB
14 Momen Perjalanan Cinta Laudya Cynthia Bella dan Engku Emran, Akad Nikah Dua Kali - Cerai

Kapanlagi.com - Rumah tangga Laudya Cynthia Bella dan Engku Emran beberapa waktu terakhir menggantungkan tanda tanya besar di benak publik. Selasa (30/6) kemarin, kepada InsertLive, Bella mengungkap betapa ia dan Emran sudah bercerai.

Masih bisa diingat 2017 silam jadi tahun penuh kebahagiaan bagi keduanya. Kendati begitu, perjalanan cinta mereka penuh cerita. Intip kembali kronologi asmara Bella dan Emran sampai akhirnya memilih berpisah.

 

 

1 dari 14 halaman

1. Panggilan 'Abang E'

Panggilan 'Abang E' © instagram/noradanish
Pada Juli 2017, publik mulai mengendus kedekatan Bella dengan CEO tampan asal Malaysia itu. Kala itu, mereka berdua tampak tengah bersama di Jakarta. Bella sendiri sudah mulai menyebut 'Abang E' di postingan Instagramnya. Bella pun kerap memberikan likes di akun Emran, dan demikian pula sebaliknya.
2 dari 14 halaman

2. Dikenalkan Teman

Dikenalkan Teman © instagram/qasander
Pada Agustus 2017, semakin banyak keterangan soal hubungan keduanya. Dilansir dari Utusan.com, Bella dan Emran dikenalkan oleh kawan mereka pada Maret 2017 silam.

"Engku Emran dan Bella diperkenalkan satu sama lain oleh pasangan selebriti Nora Danish dan suaminya, Nedim Nazri atau lebih dikenali sebagai Bossned sekitar Maret lalu," demikian bunyi berita di Utusan.com.

3 dari 14 halaman

3. Emran Perkenalkan Bella ke Anaknya

Emran Perkenalkan Bella ke Anaknya © instagram/iamkumbre
Sebagai duda, Engku punya satu anak perempuan bernama Engku Aleesya. Tak main-main, ia pun lantas kenalkan Bella kepada sang putri waktu itu.

"Alhamdulillah, Aleesya sangat menyenangi Bella. Kedua-duanya cukup mesra," ujar sumber yang diwawancara oleh Utusan.com pada Agustus 2017 silam.

4 dari 14 halaman

4. Beredar Undangan Pernikahan

Beredar Undangan Pernikahan © instagram.com/hilda_wahida
Bella tak banyak bicara soal hubungannya dengan Emran. Kendati begitu, tanggal pernikahan Bella dan Engku Emran pun akhirnya mulai terungkap. Ini semua setelah akun Instagram hilda_wahida memposting undangan pernikahan yang bertuliskan nama Engku Emran dan Laudya Cynthia Bella.

Meski foto undangan tersebut buram, masih dapat dibaca kalau Bella dan Emran menikah pada hari Jumat 8 September 2017 yang berarti hari ini di Malaysia. Informasi lain yang bisa didapat dari undangan itu adalah acara dimulai sore sampai malam hari.

5 dari 14 halaman

5. Menikah di Jakarta

Menikah di Jakarta © instagram.com/imkoombre
Rupanya, bukan 8 September 2017 yang jadi tanggal pernikahan mereka. Dilansir dari Instagram Engku Emran pada Oktober 2019 silam, mereka menikah pada 4 Agustus 2017 di Jakarta.

Emran mengungkap itu pada ulang tahun pernikahan mereka tahun 2019 silam. "Selamat ulang tahun cinta. Tidak banyak orang yang tahu hari besar kita di Jakarta #040817," tulis Emran.

6 dari 14 halaman

6. Akad di Kuala Lumpur

Akad di Kuala Lumpur © astrogempak.com
Akad nikah kembali digelar di Kuala Lumpur. Jumat (8/9/2019), akad kembali dilangsungkan secara tertutup dan dihadiri oleh keluarga serta kerabat dekat saja. Mas kawin dari pernikahan mereka adalah uang sebesar 300 ringgit.
7 dari 14 halaman

7. Gelar Resepsi Mewah di Bandung

Gelar Resepsi Mewah di Bandung © KapanLagi.com®/Budy Santoso
Setelah resmi dipinang oleh Emran, Bella menggelar resepsi pernikahan di Bandung. Minggu (8/10/2017) jadi waktu yang dipilih. Venue pilihan mereka adalah InterContinental Hotel & Resort, Dago Pakar, Bandung, Jawa Barat.

Resepsi itu digelar dengan nuansa putih nan gemerlap dengan ornamen berlian di sana-sini. Acara makin meriah dengan kedatangan para rekan selebriti, mulai dari Prilly Latuconsina hingga Melly Goeslaw.

8 dari 14 halaman

8. Bolak-Balik ke Tanah Air

Bolak-Balik ke Tanah Air © KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya
Lebih banyak menghabiskan waktu di Malaysia, Bella makin hari makin dekat dengan putri Emran. Kemesraan mereka bahkan beberapa kali diunggah ke media sosial.

Kendati begitu, Bella rupanya masih harus bolak-balik Indonesia - Malaysia untuk mengurus berbagai pekerjaan.

"Sekarang Alhamdulillah aku bisa pergi karena restu suami, aku bisa pergi 10 hari. Aku bilang ada kerjaan 10 hari. Sekarang ritmenya harus lebih terkonsep. Lebih terplanning. Tanggal segini sampe segini aku harus di Indonesia, tanggal segini ke Malaysia, tanggal segini ke Bandung. Sekarang harus lebih ter-planning,"ujar Bella di Bebelly Bakery, Jalan Margonda Raya, Depok, Senin (30/10/2017).

9 dari 14 halaman

9. Mulai Diisukan Retak

Oktober 2019 silam, rumah tangga Laudya Cynthia Bella dan Engku Emran diwarnai isu tak sedap setelah wanita berhijab itu tak mau lagi mengunggah foto sang suami di Instagram. Curhatan Bella seolah mengisyaratkan kalau ada sesuatu yang mengganggu hubungannya dengan pengusaha asal Malaysia itu.

Sebelumnya, paranormal Mbak You memang sempat meramalkan kisah cinta sederet selebritis. Salah satunya adalah wanita berinisial B yang diduga adalah Bella.

"Sebenarnya dari awal pernikahan sudah banyak permasalahan. Ada pengorbanan dan keikhlasan Bella untuk menjadi seorang istri dan tinggal di Malaysia tapi seiring berjalannya waktu, sesabar-sabarnya seorang Bella adalah manusia biasa. Itu bakal meledak ketika ia sudah tidak bisa mengontrol semuanya," ujar Mbak You, seperti dilansir dari channel Youtube Indosiar (28/09/2019).

10 dari 14 halaman

10. Kompak Menepis Isu

Kompak Menepis Isu (Credit: Instagram/laudyacynthiabella - imkoombre)
Tak mau memberikan pernyataan soal isu tersebut, Bella dan Emran punya cara tersendiri untuk menunjukkan kebersamaan. Ya, sama-sama mengunggah foto sedang makan nasi dagang di story Instagram jadi pilihan.

Hal itu menunjukkan betapa mereka masih bersama meski tak saling menunjukkan wajah berdampingan.

11 dari 14 halaman

11. Hapus Semua Foto Engku Emran

Hapus Semua Foto Engku Emran (credit: instagram.com/laudyacynthiabella)
Februari 2020 jadi momen yang disorot oleh publik. Betapa tidak, Bella diketahui menghapus semua foto suami di Instagram. Ia juga menghapus foto pernikahan mereka yang manis. Ini menjadi kontras, sebab sebelumnya Bella sering mengunggah keharmonisan dengan sang suami.

Tak hanya itu, ia juga mengunggah sebuah video yang berisikan Surat Al-Anbiya, ayat 34-35. Tertulis juga ada kalimat 'Tak ada yang Abadi'.

"Kami tidak menjadikan hidup abadi bagi seorang manusia pun sebelum kamu (Muhammad), maka jikalau kamu mati, apakah mereka akan kekal. Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Kami akan menguji kalian dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya)," isi dari dalam surat tersebut.

12 dari 14 halaman

12. Sudah Tak Pakai Cincin Kawin

Sudah Tak Pakai Cincin Kawin (Credit: Vidio.com)
Isu makin santer beredar kala aktris berhijab ini kedapatan tak pakai cincin kawin lagi. Hal itu diketahui saat Bella berada di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (23/2).

Bella kedapatan tak mengenakan cincin kawin di jari manisnya. Penampilannya tersebut langsung memicu beragam reaksi dari netizen dan menguatkan asumsi soal isu gonjang-ganjing pernikahan mereka.

13 dari 14 halaman

13. Bella Tinggal di Indonesia

Bella Tinggal di Indonesia (Credit: instagram.com/laudyacynthiabella)
Saat Pandemi Covid-19 menyerang, Bella diketahui pulang ke Indonesia. Sementara itu, Emran tinggal di Malaysia dengan putri kecilnya. Selama di Indonesia, Bella juga tak pernah beri konfirmasi soal isu keretakan rumah tangga. Ia sibuk melakukan berbagai aktivitas harian. 
14 dari 14 halaman

14. Umumkan Cerai

Umumkan Cerai Laudya Cynthia Bella dan Engku Emran (credit: Istimewa)
Teka-teki ini pun akhirnya terjawab. Setelah lama bungkam, Bella akhirnya buka suara kepada InsertLive pada hari Selasa (30/6/2020).

Dalan pernyataan tersebut, wanita berusia 32 tahun itu mengakui kalau rumah tangganya dengan Emran telah berakhir. Keputusan ini sudah menjadi pertimbangan keduanya.

"Terkait pemberitaan saat ini tentang rumah tangga saya, saya ingin menjelaskan bahwa kami berdua sudah sama-sama sepakat untuk berpisah secara baik-baik," kata Bella.

(kpl/tdr)