Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

17 Tahun Bersama, Salah Satu Personel D'MASIV Ungkap Jika Dirinya Pernah Cabut Karena Faktor Orangtua

Selasa, 22 September 2020 23:53 WIB
17 Tahun Bersama, Salah Satu Personel D'MASIV Ungkap Jika Dirinya Pernah Cabut Karena Faktor Orangtua
Kapanlagi/Daniel Kampua

Kapanlagi.com - Tahun ini, band D'MASIV merayakan perjalanan karirnya di industri musik yang ke-17 tahun. Mereka memang termasuk band yang awet karena tak pernah gonta-ganti personil. Namun sebelum debut tepatnya di tahun 2005, sang bassist yakni Rai ternyata sempat keluar dari D'MASIV.

“Jadi di 2005 waktu itu pas di masa-masa gue baru lulus SMA. Jadi gue ngalamin dilema karena gue harus melanjutkan pendidikan atau harus tetap ngeband,” ujar Rai saat jumpa pers virtual, Senin (21/9).

Rai memilih mundur dari D'MASIV karena memang tidak didukung oleh orangtuanya menjadi seorang musisi.

“Bokap almarhum waktu itu sempat mempertegas lo nanti misalkan ngeband mau jadi apa. Itu mungkin standar pikiran orangtua ya. Jadi merasa kalau profesi sebagai musisi kurang menjanjikan pada waktu itu. Di akhir 2005 itu gue sempat ngomong sama anak-anak mundur,” ungkapnya.

1. Hanya Keluar Tiga Bulan

Gambar

Setelah tiga bulan keluar, Rai bertemu kembali dengan D'MASIV yang saat itu sedang manggung di salah satu SMA. Sejak saat itulah dirinya memutuskan untuk kembali bergabung dengan D'MASIV.

“Setelah gue keluar tiga bulan terus gue ketemu lagi sama anak-anak lagi manggung di salah satu SMA. Gue nonton di depan dan gue merasa harusnya gue tuh yang main. Nah tiba-tiba Rian manggil ke atas panggung gue disuruh main satu lagu,” cerita Rai.

“Yaudah pas turun manggung detik itu juga bilang sama anak-anak oke gue pengin balik lagi kira-kira masih ada nggak space buat gue. Akhirnya mereka membuka kembali jalan buat gue,” lanjutnya.

2. Buktikan ke Orangtua Bahwa Pilihannya Tidak Salah

Rian sang vokalis pun mengatakan bahwa saat Rai keluar, D'MASIV tidak pernah mencari pengganti karena sudah cocok dengan Rai.

“Karena memang kita nggak pernah cari pemain bass, jadi additional terus. Kita memang ngasih ruang mudah-mudahan Rai bisa balik lagi karena secara chemistry kita udah dapat banget dari festival 2003. Pas nggak ada Rai kehilangan juga,” kata Rian.

Setelah memutuskan kembali ke D'MASIV, Rai pun meyakinkan orangtuanya bahwa pilihannya menjadi seorang musisi tidak salah.

“Semenjak itu gue semakin yakin pengin membuktikan ke orangtua kalau pilihan yang gue pilih itu benar dan gue nggak akan salah pilih mengambil profesi musisi bersama D'MASIV ini. Karena di hati kecil gue merasa dunia gue di sini (musik). Jadi gue berusaha untuk meyakinkan bokap,” pungkas Rai.