5 Chef Indonesia Ini Sukses Raih Popularitas di Luar Negeri, Ada yang Jadi Juri MasterChef!

Editor KapanLagi.com   | Kamis, 30 September 2021 10:43 WIB
5 Chef Indonesia Ini Sukses Raih Popularitas di Luar Negeri, Ada yang Jadi Juri MasterChef!
Farah Quinn (Instagram/farahquinnofficial), Arnold Poernomo (Instagram/arnoldpo), Putri Mumpuni (Instagram/mumpuniputri)

Kapanlagi.com - KLovers pasti sering sekali menyantap makanan khas dari berbagai daeran di Indonesia. Tapi, pernahkah KLovers terpikirkan bagaimana para chef tersebut meramu masakannya agar dapat dinikmati oleh lidah seluruh orang?

Padahal, salah satu kunci keberhasilan suatu masakan terletak pada tangan sang juru masak. Indonesia juga memiliki banyak chef bertalenta yang hasil masakannya tentu sudah tidak perlu diragukan lagi, bahkan, sudah diakui di level internasional.

Selain dapat melambungkan namanya karna kepiawaiannya dalam meracik jamuan, para chef berikut juga berhasil melambungkan masakan khas Indonesia di mata dunia. Kira-kira siapa saja chef Indonesia yang berhasil meraih popularitas tingkat dunia? Simak dalam ulasan berikut.

1. Arnold Poernomo

KLovers tentu tak asing dengan chef satu ini. Nama Arnold Poernomo mulai dikenal saat dirinya menjadi juri dalam acara pencarian bakat memasak MasterChef Indonesia pada tahun 2013. Sebelum menjadi juri, Chef Arnold telah memiliki kemampuan andal dalam memasak hingga diakui di dunia internasional.

Hal itu bermula saat chef Arnold pindah ke Australia di usia 10 tahun. Ia bahkan enam kali berpindah tempat untuk menimba ilmu tentang dunia kuliner. Dengan kegigihan dan keuletan yang dimiliki, ia pun kini menjadi chef terkenal dan profesional di bidangnya.

2. Juna Rorimpandey

Siapa yang tak kenal dengan chef Indonesia satu ini? Chef Juna mengawali karirnya di sebuah restoran sushi Miyako di Houston, Amerika Serikat. Diketahui, sebelumnya, chef Juna hendak mengambil sekolah Pilot di Amerika Serikat. Namun karena sekolah penerbangan yang ditempuh mengalami kebangkrutan, maka chef Juna beralih pada dunia kuliner.

Kerja kerasnya dalam duni kuliner ternyata membuahkan hasil. Ia kemudian diangkat menjadi Executive Chef di Uptown Sushi. Setelah berkarier selama 12 tahun di Amerika, barulah Chef Juna kembali ke Indonesia. Selain piawai meracik masakan Jepang, dia juga jago meramu masakan Prancis.

3. Farah Quinn

Awal karier Farah Quinn berawal saat dirinya bekerja di sebuah restoran Italia di Pennsylvania. Sebelumnya, Farah pernah mengeyam pendidikan khusus di dunia memasak. Ia bersekolah di Pittsburgh Culinary Institute, dengan bidang khusus pastry.

Kelihaiannya membuat masakan yang memanjakan lidah membuat dia menjadi salah satu koki dalam pertemuan kepala negara forum G8 di Seattle, Amerika. Kini, skill dan pengalamannya di dunia kuliner membuat koki kelahiran Bandung ini semakin dikenal.

4. Putri Mumpuni

Putri Mumpuni merupakan salah satu kontestan ajang pencarian bakat masak di salah satu stasiun televisi. Namun, dirinya harus tersingkir, lantaran dinilai tak bisa memasak masakan Indonesia. Namun kemudian, ia belajar secara khusus pada pakar kuliner Indonesia, William Wongso.

Setelah mempelajari tentang seluk beluk masakan Indonesia, Putri diajak William ke sebuah hotel di Republik Ceko untuk memperkenalkan masakan Indonesia. Tak hanya berhenti di Ceko, ia dan William juga berlanjut ke Paris, dan diminta untuk menjadi pemateri perkuliahan kuliner Indonesia. Bahkan di usia 23 tahun, Putri telah menjadi dosen di Universitas Stanford, Virginia, Amerika Serikat untuk mengajarkan tentang kuliner Indonesia.

5. Karen Carlotta

KLovers pasti sudah tak asing dengan dessert bernama red velvet bukan? KLovers perlu tahu bahwa Karen Carlotta adalah chef yang pertama kali memperkenalkan red velvet di Indonesia. Dia memang memiliki keahlian khusus dalam membuat hidangan manis. Bahkan Karen sempat mendapat julukan sebagai Queen of Pastry Indonesia.

Bukan tanpa sebab, julukan tersebut disematkan pada Karen lantaran ia memiliki segudang prestasi dibidang Pastry. Dia pernah mendapat medali perunggu dalam Wedding Cake Competition Food Hotel Asia 2006. Selain itu, dia juga pernah mendapat penghargaan di ajang World Gourmet Summit dan Young Chef Award.

Ditulis Oleh: Salma Azzahidah

Editor:   Editor KapanLagi.com