Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

5 Potret Seleb yang Menikah Menggunakan Adat Sunda, Terbaru ada Lesti Kejora!

Editor KapanLagi.com   | Senin, 30 Agustus 2021 14:37 WIB
5 Potret Seleb yang Menikah Menggunakan Adat Sunda, Terbaru ada Lesti Kejora!
Lesty Kejora (Instagram/kiranaweddingplanner), Margin Wieheerm (Instagram/hillostory), Jenita Janet (Instagram/jenitajanet)

Kapanlagi.com - Indonesia merupakan negara dengan keanekaragaman budaya yang indah. Banyak sekali budaya dan adat yang tersebar di berbagai pulau di Indonesia. Di zaman modern seperti sekarang, melestarikan budaya dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satu cara nya ialah menghadirkan adat atau kebudayaan tersebut pada setiap acara-acara penting.

Salah satu acara yang kental akan budaya dan adat adalah acara pernikahan. Budaya atau adat yang diangkat dalam pernikahan biasanya dapat terlihat dari pakaian yang dikenakan mempelai. Kali ini, kita akan simak beberapa selebriti yang menikah menggunakan adat dan budaya Sunda. Seperti kita tahu, suku Sunda sendiri berasal dari daerah Jawa bagian Barat.

Kebanyakan dari mereka yang menikah menggunakan adat Sunda pasti tak asing dengan Siger khas Sunda. Beberapa selebriti berikut juga memilih menggunakan adat dan kebudayaan Sunda pada hari sakral mereka.
Siapa sajakah selebriti yang mengangkat adat Sunda pada pernikahan mereka? Simak dalan ulasan berikut.

1. Kesha Ratuliu

Gambar

Yang pertama ada Kesha Ratuliu. Seperti kita tahu, Kesha Ratuliu menikah dengan Adhi Permana pada awal Februari lalu. Pada momen bahagia tersebut, gadis keturunan Sunda ini pun memakai kebaya berwarna nude dengan siger khas Sunda.

Senada dengan sang istri, Adhi menggunakan beskap warna yang sama.
Terdapat beberapa rangkaian upacara Sunda yang dilakukan dua sejoli ini di hari pernikahan mereka, seperti sungkeman, penjemputan, incak endok, membasuh kaki suami, meuleum harupat, mapas kendi, huap lingkup.
Namun, ada satu rangkaian dari upacara pernikahan Sunda yang ditunggu-tunggu oleh para tamu undangan. Rangkaian tersebut adalah prosesi saweran, di mana pengantin saling melemparkan uang. Hal tersebut dilakukan tentu dengan protokol kesehatan yang ketat.

2. Margin Wieheerm

Gambar

Aktris cantik Margin Wieheerm juga baru saja melangsungkan pernikahan pada bulan Februari lalu. Akad nikah mereka digelar di Gedong Putih, Bandung, Jawa Barat dengan mengusung adat Sunda. Ia dan Ali Syakieb kompak memakai pakaian khas Sunda di pernikahan mereka. Tak lupa, Margin terlihat cantik dengan siger Khas Sunda yang menghiasi kepalanya. Ia terlihat Memakai riasan yang flawless, tampilan Margin semakin lengkap dengan ronce bunga melati yang membuatnya semakin memesona.

Dalam konferensi persnya, Ali Syakieb dan Margin Wieheerm mengatakan bahwa pemilihan adat SUnda merupakan keputusan mereka karena keduanya sama-sama berasal dari Jawa Barat. Selain itu, pemilihan adat ini juga didasari oleh Keluarga Margin yang masih kental akan adat Sunda.

3. Jenita Janet

Gambar

Setelah bercerai dari Alief, Penyanyi dangdut Jenita Janet akhirnya melabuhkan hatinya pada pengusaha tampan Danu Sofwan. Mereka resmi menikah pada Juni 2020 lalu. Keduanya melangsungkan pernikahan di kawasan Bandung dengan konsep outdoor yang memperlihatkan nuansa alam serta mengusung adat Sunda.

Keduanya tampak serasi dengan mengenakan pakaian yang didominasi warna putih. Dalam pernikahannya kali ini, Jenita dan Danu sepakat hanya mengundang keluarga, kerabat serta orang terdekat mereka saja. Pernikahan mereka pun digelar dengan mematuhi protokol Covid-19.

4. Angbeen Rishi

Gambar

Artis berikutnya yang menggunakan adat Sunda sebagai bagian dalam prosesi mereka adalah Angbeen Rishi dan Adly Fairuz. Angbeen dan Adly resmi menikah pada 28 Maret 2020. Pernikahan mereka dilaksanakan di Hotel Intercontinental Pondok Indah, Jakarta Selatan.

Pada hari bahagia tersebut, Angbeen Rishi terlihat anggun dengan mengenakan kebaya biru muda yang dipadu kain batik biru tua. Angbeen pun tampak menawan dengan mahkota siger Sunda yang dikenakannya lengkap dengan untaian bunga melati yang menjuntai di sebelah kanan dari siger sampai pinggang.

5. Lesty Kejora

Gambar

Selanjutnya ada Lesty Kejora dan Rizky Billar. Seperti kita tahu, mereka telah melangsungkan pernikahan pada Kamis (19/8) lalu. Pernikahan mereka juga mengusung dua adat. Salah satu adat yang diusung adalah adat Sunda. Hal tersebut dikarenakan Lesty sendiri berasal dari Jawa Barat. Lesty tampak memesona dengan kebaya putih berhijab yang dipadukan dengan siger khas Sunda.

Sebelum prosesi akad, kedatangan Rizky disambut oleh para penari dan diiringi lagu Sunda yang semakin menambah syahdu suasana sakral tersebut. Selain itu, saat Lesty akan dihadirkan di meja akad, ia diiringi dengan tarian khas Sunda.

Pernikahan mereka menjadi pernikahan yang viral karena berawal dari bercandaan yang dilontarkan oleh keduanya saat menjadi bintang tamu dalam acara One Man Show.

Ditulis Oleh: Salma Azzahidah

Editor:   Editor KapanLagi.com