50JPI: 50 Juta Pelanggan Indosat

Rita Sugihardiyah | 01 November 2011, 07:18 WIB
50JPI: 50 Juta Pelanggan Indosat
Kapanlagi.com - Kesuksesan besar segera diraih Indosat. Perusahaan operator seluler yang identik dengan warna kuning ini terus melaju dari sisi pencapaian jumlah pelanggan. Sampai bulan ini saja, PT Indosat Tbk mencatat jumlah pelanggan sekitar 50 juta lebih pelanggan sebelum tahun 2011 berakhir.

Dengan bertambahnya jumlah pelanggan, otomatis pendapatan Indosat mengalami kenaikan. Dalam catatan yang dikutip dari Bisniskeuangan, koran Kompas, PT Indosat Tbk mencatat pertumbuhan pendapatan usaha terkonsolidasi sebesar 3,5 persen pada sembilan bulan pertama 2010, yang artinya perusahaan telekomunikasi ini menghasilkan pendapatan usaha sebesar Rp 15,4 triliun per September 2011.

Sebagian besar pendapatan ini dihasilkan dari telepon selular dengan capaian Rp 12,6 triliun pada September 2011, sementara bagian nonselular hanya sekitar Rp 2,7 triliun.

Dari catatan yang dilansir LKBN Antara, pendapatan selular ini tumbuh seiring dengan naiknya jumlah pelanggan yang mencapai 51,5 juta atau naik 29,9 persen dibandingkan periode yang sama 2010 sebanyak 39,7 juta pelanggan.

Sebagian besar pendapatan usaha tersebut berasal dari layanan suara 53 persen, layanan pesan singkat (SMS) 20 persen, layanan data 18 persen, dan value added service (VAS) sebesar 10 persen.

Kendati jumlah pelanggan meningkat, ARPU (average revenue per unit), mengalami menurunan sebesar 16,6 persen menjadi Rp29.439 dibandingkan Januari-September 2010 sebesar Rp35.310.

Optimisme kenaikan pendapatan dan jumlah pelanggan ini dijelaskan Presiden Direktur dan CEO Indosat Harry Sasongko dalam press rilis yang dikirim ke media, pada Selasa (1/11/2011).

Harry Sasongko menyebut dengan pencapaian 51,5 juta pelanggan di akhir triwulan ketiga ini, Indosat percaya pencapaian signifikan ini berasal dari respons konsumen terhadap produk dan kesuksesan program pemasaran mereka.

Harry juga menambahkan inovasi adalah strategi inti Indosat dan akan tetap menjadi fokus sepanjang sisa tahun 2011. Permintaan yang kuat dari pelanggan segmen konsumen dan korporasi selama sembilan bulan kemarin juga merupakan salah satu sebab meningkatnya pendapatan konsolidasi perusahaan dan pertumbuhan pendapatan selular.

Pencapaian ini menurutnya karena program transformasi bisnis Indosat terus berjalan dan fokus dalam meningkatkan kinerja lintas segmen usaha, termasuk melakukan investasi dalam inovasi, dan terus menstimulasi pertumbuhan di segmen utama.

"Indosat saat ini telah melakukan langkah transformatif yang nyata untuk memosisikan perusahaan menjadi penyedia layanan informasi dan komunikas pilihan pelanggan di Indonesia," tutup Harry seperti dikutip dari Kompas, Senin (01/11/11).    (kpl/rit)

Editor:  

Rita Sugihardiyah