Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

6 Klarifikasi Wirda Mansur yang Dituding Berbohong Soal Pendidikannya, Sebut Pernah Kuliah di Empat Kampus

Sabtu, 26 Februari 2022 09:38 WIB
6 Klarifikasi Wirda Mansur yang Dituding Berbohong Soal Pendidikannya, Sebut Pernah Kuliah di Empat Kampus
Belakangan, pendidikannya Wirda Mansur jadi perbincangan karena diduga berbohong soal dirinya yang merupakan lulusan Oxford University. Bagaiamana klarifikasi putri Yusuf Mansur?

Kapanlagi.com - Wirda Mansur sedang disorot karena dituding berbohong soal pendidikan tingginya. Netizen memberikan bukti perihal latar belakang pendidikan anak Ustaz Yusuf Mansur yang ternyata bukan lulusan Oxford dan belum selesai kuliah. 

Lewat unggahan Insta Story, Wirda Mansur memberikan penjelasan bahwa dirinya memang pernah kuliah di Oxford University, tetapi tidak selesai.

Wanita 22 tahun ini menanggapi segala tudingan tersebut dengan santai. Wirda menyebut bahwa ia sebenarnya tak mengetahui mengapa soal latar belakang pendidikannya menjadi viral.

Now that you are AWAKE, it's time for you to wake right now!

Awake

Berikut adalah 6 poin klarifikasi Wirda Mansur soal latar belakang pendidikan tingginya seperti dirangkum dari Insta Story-nya via Liputan6.com pada, Sabtu (26/2/2022).

1. Tak Tahu Mengapa Jadi Viral

Gambar

Wirda Mansur masih belum paham mengapa latar belakang studinya jadi perbincangan netizen.

"Halo semuanya, oke, jadi disini gue pengen meluruskan yang lagi viral belakangan ini, dan gue enggak ngerti kok bisa kayak gitu aja viral. But its oke enggakpapa, i'am very open to you dan gue mau meluruskan semuanya," ungkap Wirda Mansur.

2. Kuliah di Empat Kampus

Gambar

Dituding berbohong karena menempuh pendidikan di tiga kampus, Wirda memberikan klarifikasi bahwa dirinya bukan hanya kuliah tiga kampus melainkan di empat kampus.

"Jadi gini ya, yang bilang katanya gue kuliah di tiga kampus, iya itu bohong, karena sebenarnya bukan tiga, tapi empat shay. Jadi gue kayak aduh kalau mereka sampai tahu gue kuliah di empat tempat, wah kayaknya mereka bisa wah jadi yang mana yang bener gitu," ungkap Wirda Mansur.

3. Kuliah di Oxford Tidak Selesai

Gambar

Dalam klarifikasinya, Wirda menjelaskan bahwa ia pernah mengambil International Baccalaureate pada tahun 2017. Kembali ke Indonesia, pendidikan Wirda Mansur di Oxford University tersebut tidak selesai.

"Oke jadi gini, tahun 2017, gue tu ngambil International Baccalaureate di Oxford tapi enggak sampai selesai. Gue pulang ke Indonesia, abis itu gue re-apply, reenroll ke kampus lain, Raffles University. So, 2017 gue udah sempet S1," tutur Wirda Mansur.

"Gue itu enggak lama disana (Raffles University) cuma sampai 3 semester, gue out," tambah Wirda Mansur

Dalam highlight di Instagramnya, Wirda pernah menjelaskan bahwa dirinya pernah tempuh pendidikan di Raffles University, Singapura jurusan Manajemen Bisnis. Tetapi, kuliah di Raffles tersebut juga Wirda tidak selesai.

"Aku dulu sempat kuliah di Raffles University, Singapore. Jurusan Business Management, tapi aku berhenti, huhu," Tulis Wirda Mansur dalam highlight 'Q&A' di Instagram.

4. Sempat Gap Year di Tahun 2018

Gambar

Wirda menambahkan penjelasannya bahwa dirinya sempat gap year atau rehat sejenak dari perkuliahan pada tahun 2018.

"Oke dan dari situ akhirnya tahun 2018 gue ambil gap year, dan gue memutuskan untuk rehat sejenak sampai 2019 gue re-apply lagi di University of Buckingham atau UoB," Jelas putri Ustaz Yusuf Mansur itu.

Wirda juga menyebut bahwa ia mengambil jurusan Business Enterprise di UoB.

"Gue ambil jurusan Business Enterprise," tambah wanita berhijab ini.

5. Double Degree di Kampus Milik Ayahnya

Gambar

Tak cukup sampai di situ, Wirda juga mengambil double degree di Institut Daarul Qur'an, Jakarta. Institut Daarul Qur'an atau disingkat DAQU ini merupakan perguruan tinggi milik sang ayah, Ustaz Yusuf Mansur.

"Di samping itu, gue juga ambil double degree di Institut Daarul Qur'an. Ya iyalah gue sebagai kayak ya, bukan yang punya DAQU juga, tapi maksudnya gue ada di DAQU, masak gue enggak kuliah di DAQU, ya gue kuliah di DAQU lah," ujarnya Wirda Mansur.

"Jadi gue ambil double degree, ambil jurusan islam gitu. Jadi ambil dua tu, di UK dan disini," tambahnya.

6. Mohon Doa Netizen

Gambar

Terakhir, Wirda Mansur memohon doa netizen agar dirinya diberi kelancaran dalam menempuh studi ke depannya. Ia juga menjelaska bahwa saat ini dirinya sedang cuti kuliah.

"Yang lebih penting adalah ya, gimana ya, doain ajalah, doain gue ajalah pokoknya intinya gitu, sekarang gue lagi cuti," pungkas Wirda Mansur.