6 Selebriti Indonesia yang Tertangkap Narkoba Pada Tahun 2019, Akankah Jumlah Ini Bertambah Pada Tahun 2020?

Sanjaya Ferryanto   | Selasa, 31 Desember 2019 17:01 WIB
6 Selebriti Indonesia yang Tertangkap Narkoba Pada Tahun 2019, Akankah Jumlah Ini Bertambah Pada Tahun 2020?

Kapanlagi.com - Sepanjang tahun 2019 masih banyak para selebritis Indonesia yang masih berani menggunakan narkoba. Bayang-bayang sel jeruji besi sepertinya tak bisa membuat jera para penggunanya, padahal tidak sedikit dari rekan terdahulu yang bisa dijadikan bahan renungan agar tak menyentuh barang haram tersebut.

Setiap artis yang dicokok pihak kepolisian punya alasan tersendiri kenapa menggunakan narkoba. Mulai dari coba-coba, hingga untuk stamina agar pekerjaan yang menumpuk bisa teratasi.

Kapanlagi.com pun ingin merangkum artis-artis yang menggunakan narkoba hingga akhirnya tertangkap pihak kepolisian selama tahun 2019.

1 dari 6 halaman

1. Aris Idol

Aris Idol Kapanlagi/Budy Santoso
Pemilik nama lengkap Januarisman Runtuwene ini ditangkap oleh Satresnarkoba Polres Pelabuhan Tanjung Priok pada 15 Januari lalu atas kepemilikan 0,23 gram sabu. Aris sendiri mengaku kalau dirinya menggunakan narkoba baru tiga kali saja.

Atas perbuatannya itu, Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara memberikan vonis pada jebolan ajang pencarian bakat itu dengan hukuman 2 tahun 7 bulan penjara. Aris pun mengutarakan kalau dirinya menyesali perbuatannya tersebut.

2 dari 6 halaman

2. Jupiter Fortissimo

Jupiter Fortissimo Kapanlagi/Muhammad Akrom Sukarya
Yang satu ini sepertinya belum kapok berurusan dengan pihak kepolisian setelah pada 2016 tidur di hotel.prodeo selama 2 tahun. Yup, Jupiter Fortissimo lagi-lagi tertangkap saat berpesta narkoba di sebuah kos dibilangan Jakarta Barat dengan barang bukti sabu seberat 0,52 gram.

Alasan yang diungkapkan cukup menggelitik, yakni sebagai daya tahan tubuh. Padahal, setelah bebas dalam penangkapan yang pertama pada 2018, dirinya berjanji tidak akan lagi menyentuh narkoba.

 

3 dari 6 halaman

3. Nunung Srimulat

Nunung Srimulat Kapanlagi/Budy Santoso
Nunung Srimulat dan July Jan Sambiran, suaminya ditangkap pada 19 Juli 2019 di rumahnya, bilangan Tebet, Jakarta Selatan. Dari penangkapan tersebut, didapat barang bukti berupa sabu seberat 0,35 gram.

Keduanya mengakui perbuatannya di depan hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Saat ditanyakan alasannya, Nunung mengaku sedang padat-padatnya mendapat pekerjaan. Agar stamina tetap terjaga, dia mengkonsumsi sabu.

Atas perbuatannya itu, Nunung dan suami menyesal dan menerima putusan hakim yang menjatuhinya hukuman 1,5 tahun dan keduanya diminta menjalani rehabilitasi di RSKO Cibubur, Jakarta Timur.

 

4 dari 6 halaman

4. Jefri Nichol

Jefri Nichol Kapanlagi/Muhammad Akrom Sukarya
Tanggal 22 Juli 2019 Jefri Nichol membuat kejutan besar. Lelaki yang karirnya sedang bersinar ini tertangkap atas kepemilikan 6.01 gram ganja kering.

Setelah ditangkap Polres Metro Jakarta Selatan, Jefri pun mengungkapkan alasannya menggunakan ganja.

"Mau apapun alasannya, pasti nggak membenarkan perbuatan saya. Ini karena saya nggak bisa beristirahat dengan baik, tegang karena persiapan film juga," katanya.

Apapun alasannya, jelas dia tetap harus mempertanggungjawabkan perbuatannya dan hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan menjatuhinya hukuman 7 bulan rehabilitasi.

 

5 dari 6 halaman

5. Sandy Tumiwa

Sandy Tumiwa Kapanlagi/Bayu Herdianto
Majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Pusat menyatakan kalau artis Sandy Tumiwa secara sah dan meyakinkan bersalah atas kasus pengalahgunaan naroba. Mantan suami Tessa Kaunang itu diganjar hukumam 4 tahun penjara atas kepemilikan 0,24 gram sabu.

Sandy sendiri ditangkap oleh aparat Polsek Menteng, Jakarta Pusat pada 1 Maret 2019. Salah satu yang membuatnya menggunakan narkoba dari pengakuannya lantaran sedang galau dan tak rutin menggunakannya.

Buat kalian, kalau lagi galau cari narkoba ya, masih banyak cara lain buat mengobatinya kok.

6 dari 6 halaman

6. Rio Reifan

Rio Reifan Kapanlagi/Bayu Herdianto
Entah apa yang ada dibenak artis Rio Reifan hingga tak bisa meninggalkan kenikmatan sesaat dari pengaruh narkoba. Kalau Jupiter Fortissimo 2 kali kecebur, Rio sudah tiga kali beruruasan dengan pihak yang berwajib lantaran narkoba.

Pertama kali ditangkap pada 2015 dan diganjar hukuman 1 tahun 2 bulan tak membuat pria 34 tahun itu kapok. Buktinya, pada 2017 dirinya kembali ditangkap dan menjalani hukuman di Lembaga Pemasyarakatan Bulak Kapal, Bekasi.

Yang terakhir, Rio kembali ditangkap pada 13 Agustus 2019 dengan barang bukti 0,029 gram sabu. Tentu seperti sebelum-sebelumnya, pada penangkapan kali ini Rio mengaku menyesal dan tak akan mengulanginya lagi.

Duh mudah-mudahan tak ada yang lainnya setelah ini ya....

(kpl/aal/frs)


Reporter:  

Sahal Fadhli

↑