6 Tahun Menderita Stroke, Sang Anak Ungkap Kondisi Urip Arphan Sempat Memburuk Sebelum Meninggal Dunia

Jum'at, 30 Juli 2021 15:09 WIB
6 Tahun Menderita Stroke, Sang Anak Ungkap Kondisi Urip Arphan Sempat Memburuk Sebelum Meninggal Dunia
Urip Arphan ©KapanLagi.com

Kapanlagi.com - Aktor senior Urip Arphan tutup usia pada hari Kamis (29/7/2021) dan pastinya, hal ini meninggalkan duka mendalam bagi keluarga yang ditinggalkan. Kini, jenazah almarhum sudah dikebumikan di TPU Kawi Kawi, Jakarta Pusat, Jumat (30/7).

Saat ditemui usai proses pemakaman, Arif, salah satu anak mendiang Urip Arphan mengungkapkan bagaimana kondisi sang ayah sebelum tutup usia. Ia mengatakan bahwa mendiang Urip Arphan sudah enam tahun lamanya sakit stroke.

Selama sakit, arif juga menyebut kondisi sang ayah juga naik turun. Segala macam pengobatan juga sudah dilakukan demi kesembuhan sang ayah. 

"Babeh sudah enam tahun stroke kurang lebih. Naik turun sih. Sempat saya terapi akupuntur biar dia sehat. Kita terapi segala macam biar dia bisa jalan," ungkap Arif.

1. Tak Pergi Dari Ranjang

Arif melanjutkan, sejak menderita stroke, Urip Arphan hampir tak pernah meninggalkan tempat tidurnya. Semua hal, seperti makan sampai buang air pun ia lakukan di ranjang. 

Dan selama itu pula, Arif, sang anak pun membantu semua keperluan sehari-hari Urip Arphan semasa hidupnya.

"Ini nggak bisa jalan sudah dua minggu. Jadi benar-benar makan, tidur, buang kotoran di tempat. Saya yang bopong, bersihin, dan mandikan dia selama ini. Sehari-hari sama saya tidurnya. (Bicara) Masih lancar," ujarnya.

2. Terima Kasih

Mewakili mendiang ayah, Arif pun mengucapkan banyak terima kasih, khususnya untuk aktor senior H. Deddy Mizwar dan rekan lainnya, dikarenakan sudah banyak membantu dan mendukung untuk kesembuhan Urip Arphan, meski takdir berkata lain.

"Satu hal saya mau ucapkan, terima kasih. Terimakasih buat pak H Deddy Mizwar karena dia membantu keluarga kami. Dan teman artis dan aktor, pelawak, dan seniman lain makasih sudah kasih support ke kita semua. Intinya saya hanya bisa ucapin terima kasih," paparnyan

"Iya dari Paski, Parfi, LKB sangat membantu alhamdulillah banyak yang sayang sama beliau. Kita juga jadi merasakan sayangnya juga," tukasnya.