7 Fakta Menarik Tentang Bisnis 'Persewaan Keluarga' di Jepang yang Harus Kalian Ketahui

Selasa, 06 Oktober 2020 18:45 WIB
7 Fakta Menarik Tentang Bisnis 'Persewaan Keluarga' di Jepang yang Harus Kalian Ketahui
Credit Image: Youtube/ASIAN BOSS

Kapanlagi.com - Tak semua orang bisa berdamai dengan kesendirian, entah itu sendiri dalam artian tak punya pacar atau bahkan tak punya keluarga. Seseorang bisa saja depresi dan lebih parah lagi bunuh diri karenanya. Dan hal itu merupakan salah satu masalah sosial yang kerap ditemui di Jepang.

Berangkat dari fakta itu, seorang pria bernama Yuichi Ishi mendapatkan ide untuk membuat sebuah perusahaan bernama 'Family Romance' yang bergerak dalam bidang persewaan anggota keluarga, entah itu istri, suami, ibu, bapak, hingga anak sekalipun. Yuichi pun membocorkan berbagai hal mengenai industri tersebut ketika diwawancarai secara eksklusif oleh channel Youtube ASIAN BOSS.

"Namaku Yuichi Ishi dan aku adalah CEO dari 'Family Romance'. Kita menyewakan anggota keluarga dan juga teman untuk siapapun yang butuh bantuan. Aku sudah bekerja di sini selama 9 tahun lamanya. Ada sekitar 2000an orang pegawai di sini," ungkap Yuichi.

1. Alasan Seseorang Menyewa Keluarga

Beberapa dari kalian mungkin berpikir, apa perlunya menyewa anggota keluarga yang 'palsu' tersebut? Yuichi pun menjelaskan beberapa contoh alasan kenapa orang-orang Jepang banyak yang menggunakan jasanya.

"Ada banyak alasan kenapa orang ingin menyewa sebuah keluarga. Contohnya, beberapa orang tiba-tiba butuh orang tua sewaan untuk acara pernikahan mereka karena orang tua asli mereka sudah tidak mau mengakui. Pada situasi seperti itu, klien memutuskan untuk menggunakan persewaan ayah dan ibu yang kita sediakan untuk menghadiri acara tersebut," ungkap Yuichi.

Alasan lain dan yang paling sering ditemui ketika seorang klien menyewa anggota keluarga adalah karena mereka ingin menghilangkan rasa kesendirian setelah ditinggal anggota keluarga aslinya.

2. Harga Sewa Keluarga

Kepada tim ASIAN BOSS, Yuichi juga tak ragu-ragu membocorkan harga dari persewaan anggota keluarga dari perusahaannya. Ternyata hitungannya adalah tiap 4 jam.

"US$ 180 (atau setara Rp 2,6 juta) untuk 4 jam. Jika klien ingin tambah waktunya, harganya US$ 45 (atau setara Rp 600 ribuan) per jam," tambah Yuichi.

3. Bayi Juga Disewakan

Fakta menariknya, Family Romance juga menyewakan bayi loh. Tapi jangan salah sangka dulu, ada beberapa persyaratan khusus yang harus dipenuhi oleh klien jika ingin menyewa seorang bayi.

"Faktanya ada loh yang nyewa bayi juga. Tapi kita tidak menyewakan bayi secara langsung. Jadi gampangnya, ibu dari bayi itu memang sudah berstatus pekerja kita, lalu karena dia melahirkan, dia juga ingin melibatkan bayinya untuk disewakan. Perelu dicatat jika ada beberapa persyaratan khusus jika ingin menyewa sang bayi. Jika memang ada yang mau menyewanya, maka si ibu harus disewa juga," tambah Yuichi.

4. Tidak Boleh Berhubungan Intim

Untuk case persewaan pasangan suami atau istri, tentunya ada beberapa batasan yang juga harus dipatuhi dari pihak klien maupun sang pekerja, terutama dalam hal skinship atau hubungan intim.

"Pegangan tangan boleh, tapi tidak lebih dari itu. Dan pegangan tangan itu kebanyakan untuk persewaan pacar saja. Tapi lebih dari pegangan tangan, seperti pelukan itu tidak diizinkan," tegas Yuichi.

5. Request Spesifik dari Klien

Uniknya lagi, sang klien ternyata juga boleh request sifat dari sosok yang akan disewanya loh. Jadi jika mereka ingin suami yang lembut, tegas atau mungkin pengertian, semua bisa dituruti oleh 'Family Romance'.

"Pada beberapa case, sang klien akan mengisi form request tentang pasangan ideal yang mereka inginkan. Dan berdasarkan request mereka itu, kadang kita harus akting seperti ayah yang strict, atau ayah yang lembut, semuanya akting. Tapi dari sudut pandang sang klien, kita adalah keluarga yang sempurna, jadi mereka merasa ingin kita tinggal selamanya," tambah Yuichi.

6. Staff Dilarang Nikahi Klien

Dari pengakuan Yuichi, ada beberapa case juga di mana staff yang bekerja untuknya akhirnya beneran jatuh cinta pada klien yang menyewanya. Pada akhirnya mereka jadi keluarga beneran. Meski turut bahagia, namun Yuichi dengan berat hati harus mengakhiri kontrak kerja dari staff-nya tersebut, karena itu memang sudah aturan perusahaan.

"Satu hari dia bilang padaku kalau dia akan menikahi klien. Pendapat jujurku, yaudah nggak apa-apa. Tapi dari sudut pandang perusahaan, hal itu tidak diperbolehkan," sambungnya.

7. Alasan Mulai Bisnis Persewaan Keluarga

Last but not least, Yuichi menceritakan alasan kenapa dirinya memulai bisnis persewaan keluarga tersebut hingga akhirnya bisa jadi sebesar sekarang. Rupanya ada pengalaman di masa lalu yang membuatnya berpikir untuk mengambil sikap guna memperbaiki hal yang dianggapnya salah.

"Ketika aku berusia 24 tahun, aku punya seorang teman yang berstatus single mother. Dia ingin menyekolahkan anaknya di sebuah TK khusus. Tapi karena si anak itu berstatus anak dari seorang single mother, tidak ada TK yang mau menerimanya atau bahkan mewawancarainya. Dan ketika aku mendengar hal itu, aku dapat ide tentang persewaan keluarga dengan harapan untuk mengoreksi hal-hal yang salah dalam adat kita. Dan itulah alasan Family Romance terbentuk," tutup Yuichi.

8. Simak Videonya!


Video by: ASIAN BOSS

 

Topik Terkait