7 Fakta Nadiem Makarim, CEO Gojek yang Siap Mundur demi Jabatan Menteri

Tantri Dwi Rahmawati | Senin, 21 Oktober 2019 21:09 WIB
7 Fakta Nadiem Makarim, CEO Gojek yang Siap Mundur demi Jabatan Menteri

Kapanlagi.com - Nama Nadiem Makarim lagi curi perhatian banget nih. Pasalnya, ia diduga bakal menduduki salah satu jabatan menteri di kabinet Jokowi yang baru. Dugaan itu nggak salah sih, menurut Liputan6.com, Nadiem menjadi salah satu orang yang diundang Presiden Jokowi ke Istana Kepresidenan pada Senin (21/10).

Terlebih, masih dilansir dari Liputan6.com, Nadiem Makarim dipastikan akan menjadi bagian kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin. Hal ini disampaikan langsung oleh pria lulusan Harvard University tersebut. Namun, ia tidak mengungkap jabatan yang akan diembannya. Lantas, siapa sih Nadiem Makarim ini? Intip yuk fakta-fakta soal dirinya!

1 dari 7 halaman

1. Biografi Singkat Nadiem

Biografi Singkat Nadiem Nadiem Makarim (Credit: nstagram.com/nadiemmakarimofficial)
Dilansir dari Merdeka.com, Nadiem merupakan pria kelahiran Singapore, 4 Juli 1984. Sebelum akhirnya menjadi pendiri Gojek, ia menjalani pendidikan Brown University dan mengambil jurusan International Relations. Ia juga mengambil gelar Master of Business Administration dari Harvard Business School.
2 dari 7 halaman

2. Nadiem Putra Pengacara

Dilansir dari detik.com, Nadiem merupakan anak dari pengacara sekaligus aktivis yakni Nono Anwar Makarim dan Atika Algadri. Ia juga seorang anak bungsu dari tiga bersaudara.
3 dari 7 halaman

3. Nadiem Siap Mundur dari Gojek Demi Jokowi

Nadiem Siap Mundur dari Gojek Demi Jokowi Nadiem Makarim (Credit: nstagram.com/nadiemmakarimofficial)
Dilansir dari Liputan6.com, Nadiem Makarim mengatakan, dirinya sudah diberitahu posisi yang ditawarkan oleh Presiden Jokowi. "Sudah dikasih tahu dan saya menerima," tutur Nadiem Makarim, Senin (21/10/2019).

Ditanya mengenai posisinya di Gojek, Nadiem mengaku per hari ini sudah mundur dari Gojek. "Per hari ini, posisi saya di Gojek sudah mundur dan tidak ada kewenangan sama sekali di Gojek," lanjutnya.

4 dari 7 halaman

4. Nadiem Jadi Sorotan Dunia

Semenjak tercetus namanya dalam perkiraan kabinet Jokowi, Nadiem praktis menjadi sorotan dunia. Menurut Liputan6.com, Media asal Singapura, Channel News Asia dan Straits Times, ikut memberitakan hal ini dengan tajuk "Gojek CEO Nadiem Makarim resigns to join Indonesian President Jokowi's Cabinet."

"CEO dan pendiri Gojek Nadiem Makarim mengatakan pada hari Senin (21 Oktober) ia telah mengundurkan diri dari perusahaan transportasi dan pembayaran untuk bergabung dengan Kabinet Presiden Indonesia Joko Widodo," begitu bunyi kutipan dari artikel Channel News Asia.

5 dari 7 halaman

5. Nadiem Sempat Jadi Konsultan

Nadiem Sempat Jadi Konsultan Nadiem Makarim (Credit: nstagram.com/nadiemmakarimofficial)
Dilansir dari Okezone.com, sosok ini memulai karir di McKinsey & Company sebagai konsultan manajemen di Jakarta. Pengalaman ini barangkali menjadi pertimbangan juga bagi presiden untuk memilihnya bergabung.
6 dari 7 halaman

6. Nadiem Masuk 50 Inovator Dunia

Masih dilansir dari sumber yang sama, Nadiem rupanya sempat masuk dalam daftar inovator tahunan Bloomberg 50 pada 2018. Menurut Bloomberg belum ada platform teknologi yang mampu mengubah kehidupan masyarakat Indonesia secepat Gojek. Luar biasa bukan?
7 dari 7 halaman

7. Nadiem Pernah Masuk Daftar orang Terkaya

Nadiem Pernah Masuk Daftar orang Terkaya Nadiem Makarim (Credit: nstagram.com/nadiemmakarimofficial)

(kpl/tdr)


↑