8 Fakta Purwaniatun Langganan Tokoh ART di Sinetron Selama 40 Tahun, Takut ke Mall - Suka Nasi Padang

Tantri Dwi Rahmawati   | Senin, 23 Maret 2020 15:36 WIB
8 Fakta Purwaniatun Langganan Tokoh ART di Sinetron Selama 40 Tahun, Takut ke Mall - Suka Nasi Padang

Kapanlagi.com - Bagi pecinta sinetron pasti nggak asing dengan sosok Purwaniatun. Aktris yang biasa dipanggil Mbak Pur ini jadi langganan tokoh ART di sinetron-sinetron. Kini, Pur telah tutup usia pada Senin (23/3) di Rumah Sakit Mayapada Lebak Bulus. Layar kaca tak lagi dihiasi oleh akting apiknya.

Sosok pribadi Pur selama ini jauh sorotan publik. Ia sendiri tak kerap bicara di depan awak media. Nggak heran kalau kehidupan pribadinya jarang diketahui orang. Siapa yang mengira ia selalu punya alasan untuk mengambil peran ART. Seperti apa sih fakta-fakta lain tentangnya? Simak yuk!

 

 

1 dari 8 halaman

1. Punya 4 Anak dan 9 Cucu

Punya 4 Anak dan 9 Cucu Purwaniatun (Credit: Youtube/TRANS TV Official)
Kerap tampil di televisi rupanya Pur tetap memiliki waktu untuk keluarga. Ia sendiri sudah menikah dengan sang suami selama nyaris 50 tahun. Pernikahan yang bahagia itu dikaruniai 4 orang anak dan 9 orang cucu.

Hal itu diungkap sendiri oleh Pur dalam tayangan Brownies pada Februari 2019 silam. "Anak 4, laki 2 perempuan 2. Cucu 9," tutur Pur kala itu

2 dari 8 halaman

2. Pernikahannya Langgeng 49 tahun, Ini Resepnya

Pur dan suami sudah mengarungi biduk rumah tangga selama nyaris 50 tahun. Bukan hal mudah pastinya, namun Pur punya resep untuk selalu harmonis dengan suami.

"Resepnya apa pun diterima. Mau pas marah, mau pas sedih, mau pas seneng, kita pokoknya enjoy terus," tutur wanita asal Solo - Jawa tengah ini dalam tayangan yang sama.

3 dari 8 halaman

3. Bintangi Ribuan Judul Sinetron

Bintangi Ribuan Judul Sinetron Purwaniatun (Credit: Youtube/TRANS TV Official)
Wajah Pur yang familiar bagi banyak generasi pecinta sinetron itu barang kali tak mengherankan. Pasalnya, ia mengaku sudah bintangi ribuan judul sinetron dalam 40 tahun bergelut di dunia hiburan.

"Ribuan dah (judul sinetron yang dibintangi). Saya sudah 40 tahun," ujar Pur di hadapan Ruben Onsu dalam tayangan Brownies Januari silam. Selama 40 tahun itu juga ia rupanya selalu berperan sebagai ART.

4 dari 8 halaman

4. Takut Pergi ke Mall dan Pasar

Sebagai sosok yang kerap wara-wiri di televisi, wajah Pur begitu familiar di mata masyarakat. Ia sampai nggak berani masuk mall maupun pergi ke pasar gara-gara kerap dikerumuni para fans.

"Wah takut (ke mall). Saya nggak tahu tapi my sun, cucu, my daughter takut. Takut dirubung. Jadi saya kan dirubung, dicuweli. Umpama saya di Pasar Gede Solo, (oleh warga) dicuweli pipi saya. Langsung suami dan anak saya langsung bubar," tuturnya dalam tayangan yang sama.

5 dari 8 halaman

5. Sadari Fansnya Menengah ke Bawah

Sadari Fansnya Menengah ke Bawah Purwaniatun (Credit: Youtube/TRANS TV Official)
Ia akhirnya memilih untuk menunggu keluarganya berbelanja di luar pasar. "Makanya saya cuma kasih catatan, saya nunggu di luar (pasar)," lanjutnya.

Lebih lanjut, Pur menyadari bahwa di pasar sangat mungkin ia bertemu dengan fans. pasalnya, para fans Pur kebanyakan adalah masyarakat menengah ke bawah.

"Saya takut, karena fans saya menengah ke bawah. Menengah ke atas jarang," imbuh Pur. 

6 dari 8 halaman

6. Alasan Selalu Jadi ART

40 tahun bergelut di dunia seni peran dan selalu didapuk jadi ART rupanya Pur punya alasan tersendiri. Tokoh ART mendapat jatah episode lebih banyak dibandingkan tokoh lain yang ditawarkan padanya.

"Karena selalu begini, (pihak sinetron bilang) 'Mbak Pur, peran ART ada 40 episode. Ada peran ibu kaya tapi cuma 13 (episode)'. Lha saya pilih yang 40 episode tadi. Yang penting panjangnya," tutur Pur.

7 dari 8 halaman

7. Sosok yang Gaptek

Sosok yang Gaptek Purwaniatun (Credit: Youtube/TRANS TV Official)
Selain sosok yang takut masuk mall dan pasar, Pur rupanya juga mengakui bahwa dirinya adalah orang yang gaptek. Masih dalam tayangan yang sama, Pur mengaku karena hal itu ia harus ditemani anaknya ke mana-mana termasuk saat berlibur.

"(Ke mana-mana) sama anak, karena saya gaptek. Mau masuk pesawat aja agak-agak susah saya," ujar Pur.

8 dari 8 halaman

8. Suka Nasi Padang

Selain mengaku sebagai sosok yang gaptek, Pur juga mengaku suka nasi Padang. Hal itu terungkap dari bagaimana cara sang suami saat menghadapinya yang sedang ngambek.

"Kalau dia marah ku belikan nasi Padang. Udah selesai," tutur suami Pur dalam tayangan yang sama. Mendengar itu Pur lantas menambahkan, nasi Padang itu harus diberi lauk 2 buah.

(kpl/tdr)