7 Potret Transformasi Wishnutama, Dari Bocah Hingga Jadi Menteri

Dhimas Nugraha | Kamis, 24 Oktober 2019 14:46 WIB
7 Potret Transformasi Wishnutama, Dari Bocah Hingga Jadi Menteri

Kapanlagi.com - Nama Wishnutama saat ini tengah menjadi perbincangan publik sejak dirinya merapat ke istana.

Dalam pengenalan Kabinet Indonesia Maju oleh presiden Jokowi, Rabu (23/10/2019), Wishnutama dipercaya untuk menjabat sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Sebelum menjadi seorang menteri, pemilik nama Wishnutama Kusubandio memulai karirnya sebagai pekerja di sebuah stasiun tv. Nah, berikut ini transformasi Wishnutama sejak kecil hingga menjadi seorang menteri.

1 dari 7 halaman

1. Masa Kecil

Masa Kecil ©instagram.com/wishnutama
lahir di Jayapura pada 4 Mei 1976, Wishnutama kecil melewati masa kecilnya selama beberapa tahun di Jayapura. Ia kemudian melanjutkan pendidikan sekolah menengah pertama (SMP) di Jakarta, di SMP Tarakanita 5.

Foto ini diambil saat Wishnutama kecil bersama dengan ibunya. Foto ini ia unggah di instagramnya bertepatan dengan hari ulang tahun sang bunda.

2 dari 7 halaman

2. Masa SMA

Masa SMA ©istimewa
Wishnutama kemudian melanjtukan pendidikan di luar negeri setelah lulus dari SMP. Ia memilih Australia sebagai tujuan pendidikan selanjutnya.

Diketahui saat masa SMA, Wishnutama bersekolah di di Kooralbyn International School, Queensland, Australia dan International School Singapore.

3 dari 7 halaman

3. Masa Kuliah

Masa Kuliah ©instagram.com/wishnutama
Menghabiskan waktu SMA di luar negeri, Wishnutama akhirnya memilih untuk tetap merantau dengan melanjutkan kuliahnya di Amerika.

Norwich University - The Military College of Vermont, Navy ROTC, Amerika Serikat akhirnya menjadi pilihan pertamanya untuk menempuh pendidikan selama kuliah.

Kemudian ia melanjutkan kuliahnya di Mount Ida College jurusan Liberal Arts dan Emerson College jurusan Communication di Boston, Amerika Serikat.

Dari sini lah Wishnutama memperoleh kemampuan jurnalis dan pertelevisian yang menjadikannya seperti ini.

4 dari 7 halaman

4. Menjadi Ayah

Menjadi Ayah ©istimewa
Perjalanan rumah tangga Wishnutama sempat mengalami jatuh bangun. Terhitung sudah tiga kali ia jalani kehidupan pernikahan, dan dua diantaranya kandas.

Pernikahan pertamanya dengan Wina Widodo, ia memiliki dua anak Muhammad Sabian Wishnutama dan Sakina Adjani Wishnutama.

Usai bercerai, ia kemudian menikah kembali dengan Wina Thalia yang kini menjadi istri penyanyi Anji. Dari pernikahan ini ia dikaruniai dua orang anak juga, yaitu Salva Dityatama dan Sultan Saladyne Tama.

Hubungannya pun kandas, dan terakhir ia menikahi aktris Gista Putri pada September 2015 lalu. Dikabarkan, saat ini Gista tengah hamil dan menanti kehadiran anak pertamanya.

5 dari 7 halaman

5. Masuk Dunia TV di Indonesia

Masuk Dunia TV di Indonesia ©istimewa
Wishnutama memulai karirnya di dunia pertelevisia pada tahun 1993. Kala itu menjadi asisten produser salah satu tv di Amerika. Tahun 1994, ia kembali di Indonesia dan menjadi on air promo di Indosiar.

Tak berhenti sampai di situ, tahun 2001 ia pindah kembali ke Trans TV. Sebelas tahun bersama, ia memilih keluar di tahun 2012.

6 dari 7 halaman

6. Buat TV Sendiri

Buat TV Sendiri ©istimewa
Setelah keluar dari Trans TV, Wishnutama mulai berani mengambil langkah besar dengan menjadi CEO di sebuah stasiun televisi baru di tahun 2014.

Selama menjabat menjadi CEO, ia juga pernah mendapat peran terhormat dengan menjadi sutradara kreatif untuk pembukaan dan penutupan Asian Games 2018 yang dilaksanakan di Indonesia.

Menjabat sebagai CEO sejak 2014, ia kemduan menjadi komisaris utama pada tahun 2019.

7 dari 7 halaman

7. Menjadi Menteri Pariwisata Indonesia

Menjadi Menteri Pariwisata Indonesia ©liputan6.com
Wishnutama dipanggil oleh presiden Jokowi ke istana sejak hari Senin (21/10/2019). Lalu pada Rabu (23/10/2019), Jokowi memutuskan Wishnutama sebagai Menteri bidang Pariwisata dan Ekonomi kreatif.

Ia mengaku tak menyangka jika jabatan menteri ini akan diserahkan kepada dirinya. Pasalanya sejak awal dia tak tahu, karena tak ada pengumuman langsung atau pun interview dari pihak istana.

Nah, selamat bertugas Wishnutama.

(kpl/d)


Editor:  

Dhimas Nugraha

↑