Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

7 Seleb Indonesia Yang Punya Yayasan Sosial

Wulan Noviarina Anggraini   | Sabtu, 12 Oktober 2013 11:01 WIB
7 Seleb Indonesia Yang Punya Yayasan Sosial
@KapanLagi.com®

Kapanlagi.com - Ada beberapa cara untuk berbagi dengan sesama, salah satunya adalah membagi melalui yayasan. Ada yayasan yang fokus pada pengembangan pendidikan, ada juga yang fokus membantu mengentaskan kemiskinan.

Beberapa seleb Tanah Air ternyata juga ada yang mempunyai yayasan. Fokus yayasan milik beberapa seleb itu pun berbeda-beda. Ada yang berjalan saat Ramadhan, dan ada beberapa yang menjalankan bidang lain.

Siapa saja seleb Tanah Air yang mempunyai yayasan? mari kita simak di halaman berikut..

Now that you are AWAKE, it's time for you to wake right now!

Awake

  (kpl/phi)

1. Wali

Gambar

Band Wali menggerakkan yayasan Wali Care Foundation. Yayasan ini adalah salah satu bentuk upaya Faank, dkk untuk membantu masyarakat yang kurang mampu.

Yayasan Wali Care Foundation adalah yayasan dengan konsep nirlaba. Wali mengumpulkan dananya dari fee manggung yang mereka terima. Wali mengaku kalau mereka selalu menyisihkan 2,5% dari penghasilan mereka dan diberikan kepada yayasan yang mereka dirikan.

"Nah itu, kami sudah memrogramkan Wali Care Foundation. Untuk offair atau apapun, kami terima dari bentuk penghasilan kami dipotong 2,5%. Dari situlah alokasi sementara ini selama satu tahun penuh. Dan waktu-waktu sebelumnya, kami mendapatkan penghasilan, akhirnya kami dapatkan potongan zakat tersebut untuk kami berikan," ujar Apoy.

2. Vidi Aldiano

Gambar

Vidi Aldiano ternyata tidak hanya mempunyai suara emas, hatinya pun juga emas. Selama bertahun-tahun Vidi mempunyai keinginan untuk membantu sesama yang kesulitan dengan biaya pendidikan, dan akhirnya keinginan itu bisa terlaksana.

"Intinya memang aku kepengin banget memperbaiki pendidikan Indonesia, makanya mau bikin ini yayasan ini. Mau ngebantuin institusi pendidikan Indonesia, ngebantuin anak-anak yang nggak bisa sekolah. Selain pendidikan, kegiatan sosial juga," tambahnya.

Keinginan Vidi didukung dengan banyaknya jumlah followernya di Twitter. Dengan follower yang jumlahnya jutaan, Vidi bisa menyebarkan niat baiknya dan mendapatkan dukungan dari para fans untuk mewujudkan niat baiknya.

3. Sam Brodie

Gambar

Sam Brodie membangun yayasan Mama Sam yang fokus menangani anak yatim. Sam mengaku bahwa itu adalah salah satu caranya untuk berbagi rejeki dengan anak-anak yang sudah ditinggalkan oleh ayahnya.

Sam Brodie mengaku bahwa dirinya lega saat sudah bisa berbagi dengan orang lain. "Kalau saya cari uang sekarang, saya lebih semangat karena saya punya niat untuk bisa berbagi sama orang lain," katanya.

Sam pun berdoa agar ia selalu diberi kesehatan agar ia tetap bisa membantu sesama. Dan ia tidak peduli dengan pikiran negatif orang lain mengenai apa yang tengah ia lakukan.

4. Agnes Monica

Gambar

Agnes Monica sudah cukup lama membangun yayasan yang bergerak di bidang sosial. Yayasan itu ia beri nama Anak Muda Punya Foundation dan sudah terjun ke berbagai bencana yang terjadi di Indonesia.

Anak Muda Foundation membantu mengumpulkan donasi untuk korban bencana Tsunami di Indonesia pada tahun 2009 dan juga Tsunami di Jepang pada tahun 2011. Mereka juga membantu saat Jakarta mengalami bencana banjir dengan cara mengumpulkan sumbangan dan terjun langsung ke lokasi bencana banjir.

Meski Agnes Monica tidak selalu turut terjun langsung ke lapangan saat membantu korban bencana. Namun yayasan ini menumbuhkan semangat anak muda untuk bisa membantu sesama saat diperlukan.

5. Titiek Puspa-Camelia Malik

Gambar

Dua artis senior, Camelia Malik dan Titiek Puspa mendirikan sebuah yayasan untuk membantu menjaga seni dan budaya di Indonesia. Mereka juga berusaha untuk menjalin hubungan internasional melalui seni budaya.

Kedua artis senior itu mempunyai banyak program untuk mewujudkan impian mereka. Mereka berdua ingin ada regenerasi di dunia seni, mengajarkan anak-anak agar tidak hanya mengenal budaya luar negeri, namun juga mencintai budaya dalam negeri.

6. Tompi

Gambar

Tompi bersama dengan beberapa rekannya yang berprofesi sebagai dokter, mendirikan sebuah yayasan yang bergerak untuk membantu masyarakat yang menderita bibir sumbing.

Yayasan itu diberi nama Gentur Cleft Foundation dan menurut Tompi itu adalah sebuah panggilan hati atas nama kemanusiaan. Yayasan itu membantu para penderita bibir sumbing agar biaya yang mereka keluarkan tidak sebesar biaya normal yang memang cukup besar.

"Bukan hal yang baru dan bukan hal yang aneh yang kita kerjakan. Kalo full operasi bibir sumbing itu 25 juta. Dari 25 juta kita tekan jadi 2,3. Akhirnya dokternya gak dibayar, semua alatnya dipres pembeliannya," ujar Tompi.

Alasan Tompi mendirikan yayasan ini karena memang sesuai dengan profesi yang ditekuninya, yaitu sebagai seorang dokter spesialis bedah plastik.

"Saya karena memang bidang bedah plastik, kita perlu gerakan yang positif dan maksumal yah untuk bibir sumbing itu," ungkap Tompi.

7. Ahmad Dhani

Gambar

Kasus kecelakaan yang menimpa putra ketiganya beberapa waktu lalu, membuat Ahmad Dhani ingin mendirikan sebuah yayasan. Yayasan itu nantinya akan membantu anak-anak korban kecelakaan yang terjadi di tol Jagorawi itu.

Menurut Dhani, ada banyak sumbangan yang masuk melalui dirinya dan sudah menjadi tanggung jawabnya untuk mendistribusikan sumbangan itu kepada semua korban yang berhak.

 

Editor:   Wulan Noviarina Anggraini