Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

8 Penyanyi Religi Tanah Air, Miliki Suara Merdu dan Menyejukkan Hati

Dita Tamara   | Sabtu, 02 Mei 2020 13:44 WIB
8 Penyanyi Religi Tanah Air, Miliki Suara Merdu dan Menyejukkan Hati
Nissa Sabyan, Sulis, Anisa Rahman (credit: instagram.com/nissa_sabyan; instagram.com/suliszehra; instagram.com/anisarahmaan)

Kapanlagi.com - Memasuki bulan suci Ramadhan, alunan musik religi yang menyejukkan hati selalu dinanti. Kenikmatan sebuah lagu religi menambah indahnya suasana dalam menjalani puasa. Tak jarang, lagu-lagu yang damai di telinga ini sering menemani aktivitas sehari-hari saat bulan Ramadhan tiba.

Indahnya alunan musik religi tentu tidak lepas dari siapa suara merdu itu berasal. Ya, kini banyak penyanyi tanah air yang memilih berkarir menjadi penyanyi religi. Bahkan, sekarang lagu religi ngetren di kalangan anak muda. Hal ini karena banyak bermunculan penyanyi religi muda tanah air yang memiliki bakat luar biasa.

----------------------

Kabar Ramadhan: Mau Buka Puasa Bareng Artis?

Gabung KapanLagi Buka Bareng, event buka puasa online bersama 1000 orang, artis dan live musik. Caranya? Daftar dulu di sini, dan isi data diri kamu. Semuanya GRATIS. Baca panduan lengkap di sini.

----------------------

Namun, jauh sebelum bermunculan penyanyi religi muda, tentunya tak lepas dari penyanyi religi yang sudah cukup terkenal kepopulerannya. Berikut ini 8 potret penyanyi religi tanah air yang memiliki suara merdu dan menyejukkan hati:

1. Nissa Sabyan

Gambar

Nissa Sabyan merupakan salah satu dara cantik tanah air yang populer sebagai penyanyi gambus. Pemilik nama asli Khoirunnisa ini merupakan vokalis cantik dengan lantunan suara khas nya yang merdu. Penampilan perempuan berusia 20 tahun ini selalu curi perhatian ketika membawakan lagu religi maupun shalawatan.

Penyanyi asal Lumajang, Jawa Timur itu pertama kali dikenal publik karena sering menyanyikan ulang lagu-lagu bernuansa islami ataupun salawat nabi. Namanya kian meledak saat dirinya membawakan lagu Den Assalam dan telah ditonton jutaan kali. Bahkan tiap kali dirinya mengeluarkan lagu terbarunya di youtube, nama Nissa Sabyan selalu menduduki posisi trending.

2. Sulis

Gambar

Penyanyi religi yang satu ini cukup populer dengan suaranya yang selalu menghiasi suasana bulan Ramadhan. Pemilik nama asli Sulistyowati ini pertama kali dikenal berkat duetnya dengan penyanyi religi, Haddad Alwi. Lewat album Cinta Rasul 1 yang dirilis 1999, Sulis meraih popularitasnya di kancah musik religi.

Bahkan, lagu-lagunya masih banyak di dengarkan hingga sekarang. Beberapa lagu yang sempat melambungkan namanya itu antara lain Ummi, Cinta Rasul dan Yaa Thoybah. Pengalaman pertamanya terjun di dunia rekaman adalah ketika ia masih duduk di bangku sekolah dasar kelas 3. Saat itu usianya masih sekitar 9 tahun.

3. Anisa Rahman

Gambar

Anisa Rahman sempat tergabung menjadi group vocal musik sabyan bersama dengan Nissa Sabyan. Saat itu, Anisa juga sempat populer dengan menjadi backing vocal di group itu. Namun Anissa akhirnya mantap memutuskan untuk hengkang pada bulan Mei 2018 dan fokus solo karier.

Kini karirnya menjadi penyanyi religi semakin dikenal oleh masyarakat luas. Perempuan kelahiran Bekasi tersebut sekarang aktif dalam mengunggah videonya di youtube. Beberapa lagu yang tengah banyak di gemari yakni Li Khamsatun dan Sayyidah Aisyah Istri Rasulullah.

4. Veve Zulfikar

Gambar

Veve Zulfikar merupakan penyanyi lagu-lagu religi asal Sidoarjo, Jawa Tengah. Dirinya mulai dikenal lantaran kerap meng-cover lagu-lagu islami. Perlahan, nama Veve Zulfikar sukses menarik perhatian penikmat musik religi.

Memiliki paras yang cantik, gadis bernama lengkap Syarifah Veryal Eisha Aqila Zulfikar mempunyai banyak penggemar di kalangan anak muda. Namanya menjadi melambung ketika dirinya bersenandung shalawat yang sering di unggah melalui channel Youtube.

5. Alfina Nidiyani

Gambar

Alfina Nidiyani merupakan seorang penyanyi muda dan berbakat di Tanah Air. Meski tergolong masih baru, suara wanita asal Jawa Timur ini mampu membius para penikmat musik. Nama gadis yang akrab di sapa Nindi ini mulai melejit usai menyanyikan lagu Law Kana Bainanal Habib di channel youtube nya. Bahkan lagu tersebut telah ditonton lebih dari 29 juta pasang mata.

Tak hanya bersuara merdu, dalam melantunkan lagu-lagu sholawat, kecantikan Alfina Nindiyani kian membius para penggemarnya.

6. Sharla Martiza

Gambar

Sharla Martiza ialah perempuan kelahiran Jombang yang menjuarai ajang pencarian bakat The Voice Kids. Kala itu Sharla membawakan lagu religi dari Maher Zain yang berjudul Assalamu Alayka.

Bahkan, lagu yang dibawakannya pun buat penyanyi asli, Maher Zain takjub dan mengunggah video Sharla Martiza di akun Instagram milik Maher Zain. Penyanyi asal Jombang tersebut sangat memukau ketika membawakan lagu-lagu religi dan kasidah.

7. Opick

Gambar

Siapa yang tak kenal dengan Opick? Penyanyi religi senior ini tentu suaranya sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat. Pria kelahiran Jember, 16 Maret 1974 ini namanya sangat melambung ketika album yang memuat lagu Tombo Ati tersebut mampu meledak dan sukses diterima di pasaran. Pantas saja, jika dirinya kini sukses menjadi penyanyi religi tanah air.

Saat Ramadhan, lagu Opick yang berjudul Ramadhan Tiba kerap berkumandang di mana saja. Selain itu, lagu lainnya yang sangat popular yakni Rapuh, Bila Waktu Tlah Berakhir, Assalamualaikum, Taubat dan masih banyak lagi.

8. Haddad Alwi

Gambar

Nama Haddad Alwi tak kalah menariknya saat melantunkan shalawat maupun lagu religi. Salah satu album religi yang cukup terkenal yaitu Cinta Rasul dan Rindu Muhammadku. Kala itu dirinya berduet dengan penyanyi cilik bernama Vita.

Bahkan, Haddad Alwi sering tampil duet bersama penyanyi lainnya seperti Sulis, Gita Gutawa dan Tasya Kamila. Tak heran, jika Ramadhan tiba, lagu-lagu religi miliknya kerap lagi di putar di mana saja.

Itulah deretan penyanyi religi tanah air yang memiliki suara merdu dan menyejukkan hati. Lalu, penyanyi religi siapa yang menjadi favorit kalian?

Editor:   Dita Tamara