8 Potret Transformasi Transgender Dena Rachman yang Bikin Berdecak Kagum, Dari Terapi Hormon - Kini Cantik Tanpa Oplas

Tyssa Madelina   | Kamis, 23 September 2021 19:12 WIB
8 Potret Transformasi Transgender Dena Rachman yang Bikin Berdecak Kagum, Dari Terapi Hormon - Kini Cantik Tanpa Oplas
Transformasi Dena Rachman (credit: instagram/denarachman)

Kapanlagi.com - Meski sudah malang melintang di dunia hiburan, nama Dena Rachman mungkin masih terdengar asing di telinga. Tak banyak yang tahu, kalau ia adalah mantan penyanyi cilik yang dulu dikenal dengan nama panggung Reynaldi.

Menjadi salah satu sosok transgender yang inspiratif, tak bisa dipungkiri kalau keputusan Dena Rachman menjadi wanita seutuhnya sempat menuai pro kontra. Kendati demikian, ia tampaknya tak mau ambil pusing akan komentar miring dari netizen.

Dena Rachman melanjutkan studi master desain di Italia. Berprofesi sebagai seorang desainer, ia kerap menorehkan prestasi yang sangat membanggakan, baik itu di dalam maupun luar negeri.

Tak heran jika perjalanan Dena Rachman menjadi seorang wanita begitu menarik perhatian para fans. Seperti apa sih potret transformasinya dari masa kanak-kanak hingga dewasa? Intip di sini!

1. Perjalanan Karir Dena Rachman

Dena Rachman lahir di Jakarta pada tanggal 30 Agustus 1987 dengan nama lahir Renaldy Denada Rachman. Ia memulai karirnya di dunia hiburan Tanah Air saat masih duduk di bangku sekolah dasar.

Kala itu, Dena merilis dua lagu anak-anak yang cukup terkenal pada masanya, Ole-Ole serta Rukun dan Damai. Tak berhenti sampai di situ, ia juga sempat membintangi beberapa iklan serta menjadi pembawa acara khusus anak-anak yang tayang di SCTV, yakni Krucil (Kru Cilik).

Sejak kecil, Dena Rachman sudah menyadari ada yang berbeda dari dirinya. Sang ibu sendiri mengetahuinya sejak ia berusia lima tahun.

2. Sempat Jajal Peruntungan di Sinetron

Ketika beranjak remaja, Dena Rachman mulai menjajal peruntungan di dunia seni peran. Kala itu, ia sempat bermain di beberapa judul sinetron, seperti Misteri Gunung Merapi, Karmapala bersama Lucky Hakim, Mahabaharata, Wali Songo, hingga Jin dan Jun.

Sayang, karirnya di dunia seni peran tak cukup bersinar. Dena Rachman pun memutuskan untuk hengkang dari dunia hiburan yang membesarkan namanya.

Hingga akhirnya, di tahun 2013, muncul sebuah berita yang cukup mengejutkan publik saat itu. Reynaldi Denada Rachman memutuskan untuk menjadi wanita seutuhnya...

3. Ditentang Oleh Keluarga

Bukan hal yang mudah bagi Dena Rachman untuk terbuka soal keinginannya, terutama ke kedua orangtua. Benar saja, ketika mengutarakan keputusannya menjadi seorang transgender, ayah dan ibunda Dena tak bisa menerima begitu saja.

"Aku pergi saja atau gimana, karena percuma kalaupun tetap (hidup) begini, aku merasa seperti sekarat. Aku merasa seperti sudah mati. Ya sudah, nyokap nangis, bokap syok," ujar Dena Rachman, seperti dilansir dari tayangan Youtube Daniel Mananta, beberapa waktu lalu.

Setelah mendengar penjelasan panjang Dena, kedua orangtuanya memberikan reaksi berbeda. Sang ibunda memeluk dan berkata tetap mencintainya, sementara itu ayahnya membutuhkan waktu lebih lama untuk menerima kondisi anaknya.

4. Melakukan Terapi Hormon

Dena Rachman sempat berjuang melakukan terapi hormon di tahun 2013 silam. Kala itu, ia harus mengonsumsi satu pil setiap harinya guna menekan hormon lelaki dan menaikkan hormon perempuan.

Setelah melakukan terapi, Dena menyadari banyak perubahan pada dirinya. Ia merasa menjadi wanita seutuhnya karena merasakan emosi naik turun seperti layaknya PMS (pra mens syndrom).

Tak berhenti sampai di situ, Dena juga merasakan perubahan pada tubuhnya, terutama bagian dada. Kendati belum melakukan implan, ia merasa bagian payudaranya sedikit membesar.

5. Memutuskan Lakukan Implan Payudara

Satu tahun pasca menjalani terapi hormon, Dena Rachman membuat keputusan cukup besar terhadap tubuhnya. Ya, wanita berparas cantik itu memutuskan untuk melakukan operasi implan payudara.

Saat itu, Dena melakukan operasi penanaman implan payudara di Grand Plastic Surgery, Seoul, Korea Selatan. Setelah operasinya berjalan sukses, Dena terlihat semakin percaya diri dengan penampilannya.

Kini, penampilan Dena terlihat sangat natural bak wanita seutuhnya. Tentu saja, keputusannya ini sudah mendapat dukungan dari keluarga.

6. Belum Punya Rencana Operasi Ganti Kelamin

Meski sudah melakukan implan payudara, Dena Rachman sempat mengaku kalau belum memiliki keinginan untuk melakukan prosedur ganti kelamin di tahun 2020 silam. Kira-kira apa ya alasannya?

"It's not about money, it's not about cost aja, cost yang tinggi dan energy cost money atau materi sebenarnya tergantung. Levelnya orang beda-beda, kita sudah punya niat kita tunjukkin diri sendiri akhirnya bisa dengan terapi hormon macam-macam," ujarnya, seperti dilansir dari DetikHot (18/11/2020).

"Menghilangkan itu lihat nanti, itu keputusan yang sangat panjang dan will see," tambahnya.

 

7. Wajah Cantik Tanpa Operasi Plastik

Jika melihat garis wajah Dena Rachman, pasti tak ada yang menyangka kalau ia tak pernah melakukan operasi plastik. Dengan wajah tirus, didukung hidung yang mancung, paras Dena begitu cantik memesona.

Dena Rachman mengaku hanya melakukan perawatan secara alami pada wajahnya. Olahraga dan perawatan adalah beberapa hal yang ia lakukan demi mempertahankan wajah ayunya.

Tak ayal, kalau kini Dena begitu sukses di dunia modelling. Ia kerap melakukan peragaan busana baik di dalam maupun luar negeri.

8. Sempat Atheis Lalu Masuk Kristen

Tak hanya mengalami perubahan besar pada tubuhnya, Dena Rachman juga sempat menjalani proses spiritual cukup panjang. Di kanal Youtube Daniel Mananta, ia sempat menjadi seorang Atheis meski dibesarkan di lingkungan Islam.

Kala itu, Dena merasa marah dan mempertanyakan pada Tuhan soal kondisinya. Ia merasa sangat terpuruk terlebih kariernya seperti jalan di tempat kala itu.

Namun, pada akhirnya, Dena Rachman menemukan titik balik kehidupannya ketika melihat cara ibadah Kristen. Kini, ia merasa begitu tenang dan damai setelah menemukan keyakinan serta jati dirinya yang baru.

Editor:   Tyssa Madelina