9 Pernyataan Sunan Kalijaga di Tengah Isu Salmafina Pindah Agama

Sora Soraya | Senin, 15 Juli 2019 18:10 WIB
9 Pernyataan Sunan Kalijaga di Tengah Isu Salmafina Pindah Agama

Kapanlagi.com - Nama Salmafina Sunan belakangan marak diperbincangkan di media sosial. Bukan tanpa alasan, putri pengacara kondang Sunan Kalijaga itu dilaporkan telah meninggalkan agama Islam dan memutuskan untuk pindah agama.

Kabar ini bermula lewat kemunculan sebuah video yang memperlihatkan Salmafina Sunan menangis saat menghadiri acara kebaktian di sebuah gereja. Tak lama setelah itu, Salmafina secara terang-terangan muncul dengan memakai kalung salib saat menjalani wawancara dengan Feny Rose.

Belum usai kontroversi panas terkait isu tersebut, kini Salmafina justru berseteru dengan ayahnya sendiri, Sunan Kalijaga. Lantas, apa saja sih sebenarnya pernyataan yang keluar dari mulut sang ayah selama kabar ini memanas? Simak daftar lengkapnya dalam ulasan berikut!

1 dari 9 halaman

1. Bantah Kabar Salmafina Sunan Pindah Agama

Bantah Kabar Salmafina Sunan Pindah Agama instagram.com/salmafinasunan
Di awal hebohnya masalah Salmafina Sunan pindah agama, Sunan Kalijaga sempat buka suara pada media. Dilansir dari Dream.co.id, pengacara yang baru saja memutuskan untuk hijrah ini langsung membantah tuduhan tersebut.

"Hoax itu," ujar Sunan saat dihubungi, Rabu (10/7) lalu. Menurut Sunan, foto tersebut adalah keisengan kawan-kawan Salma. Ia juga lantas meminta awak media untuk mencari kebenaran soal foto tersebut. "Teman-temannya pada kurang ajar saja itu. Coba ditanya sumber A1 dari mana," imbuhnya saat itu.

2 dari 9 halaman

2. Belum Bisa Komentar

Masih di hari yang sama, Sunan Kalijaga juga sempat mengaku tak tahu-menahu soal masalah tersebut. "Gini, saya belum bisa komentar apa-apa. Karena saya belum bicara apa-apa, saya belum bisa komentar," jelasnya saat ditemui di kawasan Blok M, Jakarta Selatan, Rabu (10/7).
3 dari 9 halaman

3. Sunan Kalijaga Mengaku Biasa Saja

Sunan Kalijaga Mengaku Biasa Saja Sunan Kalijaga dan Heidy Sunan © KapanLagi
Sebagai pengacara yang juga seorang public figure, Sunan Kalijaga sudah sering menghadapi berbagai gosip miring. Karena itulah ia tak lagi terkejut saat putrinya digosipkan pindah agama, meski ada banyak pihak yang menganggap kalau ini adalah isu serius.

"Biasa aja lah. 21 tahun ini kita sudah biasa dapat berita dari siapa, gimana, jadi sudah nggak ada yang harus dikagetin," ujarnya ketika ditemui di kawasan Blok M, Jakarta Selatan, Rabu (10/7).

4 dari 9 halaman

4. Ujian Berat Bagi Sunan Kalijaga

Ujian Berat Bagi Sunan Kalijaga instagram.com/lambe_turah
Sehari setelah mengaku tak tahu apapun soal isu anaknya pindah agama, Sunan Kalijaga menuliskan curhatan menyentuh di Instagram Story-nya. Ia mengaku jika tengah menghadapi ujian berat tepat di hari spesial saat merayakan anniversary pernikahan bersama sang istri tercinta.

"Alhamdulillah, terima kasih ya Allah di hari ulang tahun pernikahan kami ke-21 tahun, Engkau berikan hadiah ujian yang berat. Namun insya Allah kami menerimanya dengan ikhlas karena Engkau Maha Kuasa lagi Maha Penyayang," tulisnya, seperti dikutip dari hasil screenshot akun gosip @lambe_turah, pada Kamis (11/7).

5 dari 9 halaman

5. Menyesal Nikahkan Salmafina dengan Taqy Malik

Menyesal Nikahkan Salmafina dengan Taqy Malik instagram.com/sunan_kalijagash
Ditengah ramainya isu Salmafina Sunan pindah agama, Sunan Kalijaga akhirnya mengungkapkan rasa penyesalan. Di luar dugaan, ia justru menyeret nama mantan menantunya, Taqy Malik.

Melalui fitur Instagram Story, ia mengunggah postingan yang berbunyi, "Demi Allah, saya menyesal pernah menikahkan anak kesayanganku @salmafinasunan dengan dia. Semoga Allah membalas segalanya."

6 dari 9 halaman

6. Ibunda Salmafina Sunan Jatuh Sakit

Ibunda Salmafina Sunan Jatuh Sakit instagram.com/tantee_rempoong_official
Di saat ayah dan ibunya belum bisa berkomunikasi dengannya, Salmafina justru mengunggah foto kebersamaannya dengan pasangan Jennifer Ipel dan Ajun Perwira. Lewat postingan terebut, Salmafina memanggil Jennifer Ipel dengan sebutan mami.

Rupanya hal ini memancing emosi Sunan Kalijaga. "MAMIII...?!! Pulang kak @salmafinasunan ibu sudah 2 hari sakit. Orang yang di foto bersama kamu itu siapa? Bukan ibu kamu," tulis Sunan mengomentari unggahan Salmafina yang diabadikan oleh akun gosip @tantee_rempoong_official.

Nggak hanya berhenti sampai di situ saja, Sunan Kalijaga juga menambahkan, "@salmafinasunan ibu sudah 2 hari sakit mikirin kamu."

7 dari 9 halaman

7. Sunan Kalijaga Tantang Netizen

Sunan Kalijaga Tantang Netizen instagram.com/sunan_kalijagash
Sayangnya, dalam masalah keluarga yang sudah terlanjut tercium publik ini, Sunan Kalijaga menilai jika hujatan dari netizen sudah berlebihan. Ia pun berdoa agar semua komentar jahat yang diterimanya, kembali ke penulisnya lagi.

"Ya Allah, timpakan hal cobaan yang lebih berat lagi kepada orang-orang yang mulut nyinyir dan jahat kepada kami. Biar mereka sadar kebesaran dan kekuasaanmu. Ya Allah timpakan kehinaan dan kesedihan yang lebih kepada siapapun yang jahat di muka Bumi ini kepada keluarga kami. Biar mereka mendapat hidayah dari musibah yang dialami seperti aku. Kembali di jalanmu ya Allah. Mereka menghina dan tertawa melihat penderitaan dan kesedihan kami atas ujianmu ya Allah. Maka timpakanlah hal yang lebih berat dari kami, supaya mereka segera kembali padamu ya Allah," tulis Sunan.

Sunan pun melanjutkan postingannya dengan memberikan tantangan untuk netizen. "Ayo netizen semangat. Kapan lagi menghina dan menghujat saya dapat uang tunai dari saya. Ayo segera ditunggu hinaan yang paling dahsyat," tulisnya saat itu.

8 dari 9 halaman

8. Salmafina Tutup Akses Komunikasi

Salmafina Tutup Akses Komunikasi instagram.com/sunan_kalijagash
Lebih lanjut, Sunan pun mengklaim jika putrinya itu telah menutup akses komunikasi dengannya, "Maaf ayah cuma bisa menyampaikan lewat IG karena kamu menutup akses komunikasi kepada ayah. Sadar anakku sayang @salmafinasunan. Siapapun kamu saat ini ayah, ibu dan Sean tetap menunggumu kembali ke pelukan kami."

Suami Heidy Sunan ini juga menyinggung soal ajaran agama. "Islam mengajarkan dan mengutamakan adab seseorang kepada orangtuanya. Tidak ada agama manapun yang mengajarkan menyakiti orangtuamu. Agama mana yang mengajarkan menjauhi keluarga? Setahu saya, semua agama mengajarkan kasih sayang kepada orangtua," tulisnya via Instagram Story.

9 dari 9 halaman

9. Sunan Kalijaga Lapor Polisi

Sunan Kalijaga Lapor Polisi instagram.com/sunan_kalijagash
Belum bisa berkomunikasi dengan Salmafina, Sunan Kalijaga akhirnya memutuskan untuk melaporkan hal ini ke polisi. Laporan pencarian keberadaan alamat Salmafina tersebut dimasukkan oleh Sunan sejak Jumat, (12/7) lalu.

Merasa lega putrinya bisa ditemukan, Sunan pun menuliskan, "Alhamdulillah tadi malam saya bersama tim berhasil menemukan keberadaan anak saya, Salma yang semenjak tanggal 2 Juli 2019 kami tidak ketahui keberadaannya dalam keadaan sehat dan baik."

(kpl/sry)


Editor:  

Sora Soraya

↑