Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

9 Selebriti Yang 'Mendadak' Bangsawan

Dewi Ratna   | Rabu, 31 Oktober 2012 15:01 WIB
9 Selebriti Yang 'Mendadak' Bangsawan
KapanLagi.com®

Kapanlagi.com - Gelar bangsawan atau kerajaan memang seharusnya tak bisa dipermainkan. Gelar tersebut mestinya hanya diberikan pada orang-orang yang pantas mendapatkannya. Namun sepertinya, beberapa kerajaan atau masyarakat adat punya kebijakan khusus mengenai gelar-gelar yang diberikan.

Untuk beberapa gelar, memang diberikan pada orang-orang yang punya prestasi khusus di bidangnya. Jadi tak heran jika selebriti pun ikut mendapat gelar kerajaan. Mengharumkan nama Indonesia lewat pekerjaan mereka sebagai entertainer memang perlu diapresiasi bukan?

Siapa saja selebriti yang mendapat gelar dari kerajaan atau masyarakat adat itu? Mari kita simak halaman berikut... (kpl/dew)

Now that you are AWAKE, it's time for you to wake right now!

Awake

1. Nadine Chandrawinata

Gambar

Puteri Indonesia 2005, Nadine Chandrawinata, adalah salah satu artis yang dianugerahi gelar kebangsawanan dari Keraton Surakarta. Pada 2 Maret 2006, ia menerima gelar Kanjeng Mas Ayu Tumenggung Diah Kusumaningrum.

2. Julia Perez

Gambar

Kiprahnya sebagai seorang pedangdut mungkin tidak seperti saat ia menjadi bintang film. Selebriti yang dikenal dengan keseksian tubuhnya ini diberi anugerah gelar Nyi Mas Ayu Tumenggung oleh Kraton Surakarta Hadiningrat pada 7 Juli 2010.

Hal ini tentu saja menjadi tanda tanya besar bagi masyarakat. Bahkan sempat muncul anggapan bahwa Pangeran Haryo sedang kesengsem dengan wanita-wanita cantik nan seksi. Isu ini semakin santer ketika tak hanya Jupe yang menerima gelar tersebut.

Beberapa waktu lalu, mantan kekasih Gaston Castano ini juga mendapat gelar kehormatan dari Kalimantan Tengah. Nama yang ia dapat dari pemberian gelar ini adalah Nyai Intan Garinda.

Adapun gelar yang diberikan pada saat prosesi adat berlangsung, hanya sebagai simbol mengangkat Julia Perez sebagai warga Dayak oleh warga desa Tumbang Mangu, tidak ada motif lain.

3. Syahrini

Gambar

Kraton Surakarta Hadiningrat juga memberikan gelar pada penyanyi Syahrini. Tak tanggung-tanggung, ia mendapat gelar Kanjeng Mas Ayu, yang katanya merupakan gelar tertinggi di keraton itu.

Pemberian gelar itu berlangsung di Bangsal Kansetanan, Keraton Solo, 8 Juli 2010. Upacara penganugerahan gelar itu dipimpin langsung oleh Pengageng Sasana Pustaka, Kanjeng Gusti Pangeran Haryo Puger.

4. Happy Salma

Gambar

Dari pernikahannya dengan pangeran Ubud, Bali, Tjokorda Bagus Dwi Santana Kerthayasa, Secara otomatis Happy Salma menjadi keluarga kerajaan. Tentu saja ia dianugerahi gelar sebagai bagian keluarga kerajaan.

Jero Wanasari nama yang disematkan di antara nama Happy Salma. Jero, artinya dalam, bahwa ia sudah menjadi bagian dari kerajaan. Sedangkan Wanasari artinya sari-sarinya hutan, bahwa ia dianggap wanita hutan.

5. Rossa

Gambar

Pemilik nama lengkap Sri Rossa Roslaina Handayani ini mendapat gelar dari Pakoe Boewono XIII Tedjowulan pada 26 Juni 2011. Gelar itu ia peroleh sebagai hadiah dari Sinuhun Tedjowulan.

Gelar yang ia dapat itu bukan karena diganti dengan uang. Menurut juru bicara keraton, gelar itu diberikan kepada orang yang dianggap ikut menjaga serta melestarikan budaya, atau ikut mengharumkan nama Indonesia.

Dengan gelar Kanjeng Mas Ayu Tumenggung Sri Rossa Swara Kaloka, ia mengaku akan terus menjaga nama baik keraton dan ikut menjaga budayanya.

6. Najwa Shihab

Gambar

Sejumlah tokoh nasional dan artis mendapat gelar kebangsawanan dari Keraton Surakarta Hadiningrat. Pemberian gelar dilangsungkan pada acara ulang tahun naik tahta ke-4 Paku Buwono XIII Sinuhun Tedjowulan, Sabtu, 3 Juli 2010.

Beberapa nama tenar di dunia entertain ikut mendapat gelar tersebut. Salah satu yang mendapatkan gelar adalah presenter TV Najwa Shihab. Ia mendapat gelar Kanjeng Mas Ayu Wartaningrum.

7. Poppy Dharsono

Gambar

Dalam waktu yang sama dengan Najwa Shihab, anggota DPD Jawa Tengah, Poppy Dharsono juga mendapatkan gelar dari Keraton Surakarta Hadiningrat. Nama Kanjeng Raden Ayu Adipati pun ditetapkan untuknya.

8. Qory Sandioriva

Gambar

Selain Najwa dan Poppy, selebriti tanah air yang juga mendapat gelar dari Keraton Surakarta Hadiningrat adalah Putri Indonesia 2009, Qory Sandioriva. Pada hari yang sama, ia mendapat gelar Kanjeng Mas Ayu Qory Mustikaningrum.

9. Soraya Haque

Gambar

Termasuk dalam jajaran nama sejumlah tokoh nasional dan artis yang mendapat gelar kebangsawanan dari Keraton Surakarta Hadiningrat, nama Soraya Haque pun ada dalam daftar.

Dalam momen yang sama, pemberian gelar dilangsungkan pada acara ulang tahun naik tahta ke-4 Paku Buwono XIII Sinuhun Tedjowulan, Sabtu, 3 Juli 2010.

Editor:   Dewi Ratna