Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Adam Deni Merasa Puas Jerinx SID Masuk Penjara, Berharap Bisa Jadi Efek Jera

Kamis, 02 Desember 2021 14:27 WIB
Adam Deni Merasa Puas Jerinx SID Masuk Penjara, Berharap Bisa Jadi Efek Jera
Adam Deni puas Jerinx dipenjara ©KapanLagi,com/Muhammad Akrom Sukarya

Kapanlagi.com - Drummer grup band Superman Is Dead (SID) I Gede Aryastina atau lebih dikenal Jerinx SID kembali masuk penjara setelah ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan pengancaman melalui media elektronik.

Jerinx ditahan selama 20 hari di rutan Polda Metro Jaya mulai Rabu (1/12/2021). Suami dari Nora Alexandra ini resmi ditahan usai dilaporkan oleh Adam Deni atas dugaan ancaman kekerasan. Sebagai pelapor, Adam Deni merasa puas Jerinx akhirnya ditahan.

"Pendapat saya sih kalau misalnya kasus ini sudah sampai di ranah P21 kemarin apalagi yang saya kasuskan yang sekarang statusnya sebagai tersangka sudah ditahan kalau saya sih merasa puas," Adam Deni saat dihubungi wartawan, Kamis (2/12/2021).

"Dibilang puas atau tidak sih biasa saja yang penting kan di sini saya megang komitmen teguh dari awal pelaporan hingga detik ini saya tidak ingin pencabutan laporan," tambah Adam Deni.

1. Hanya Pengakuan Saja

Gambar

Sebetulnya, sebelum kasus ini berlanjut Adam Deni dan Jerinx diminta untuk melakukan mediasi. Namun, mediasi tersebut hanya permintaan maaf Jerinx kepada Adam Deni saja.

"Walaupun waktu itu ada mediasi resmi yang diselenggarakan oleh tim penyidik di Polda Metro Jaya cuma di dalam mediasi itu hanya pengakuan salah dari saudara Jerinx dan permintaan maaf langsung dari saudara Jerinx ke saya," kata Adam Deni.

"Ya saya terima tapi saya tetap bilang ke saudara Jerinx dan tim penyidik untuk melanjutkan kasus ini sampai ke pengadilan. saya sih senang, maksudnya ini memasuki babak akhir dan saudara Jerinx pun akhirnya ditahan oleh kejaksaan dan ditahan di Polda Metro Jaya," sambungnya.

2. Bisa Diterima Dengan Baik

Gambar

Sebagai pelapor, Adam Deni berharap kasus tengah dialami Jerinx ini bisa selesai secara baik-baik. Terlebih pihak Jerinx juga sudah mendekam di tahanan Polda Metro Jaya.

"Kalau harapan saya pasti kasus ini semoga selesai dengan baik dan bisa diterima berbagai pihak dan saudara J juga harus menerima juga konsekuensinya tapi saya juga punya pesan untuk saudara J nanti," katanya.

"Semoga ini bisa menjadikan efek jera sejera-jeranya untuk saudara Jerinx dan bisa mengubah dirinya 180 derajat lebih baik lagi tidak asal mengancam orang, tidak asal merendahkan orang, apalagi sampai menantang tanding hukum seperti apa yang dilakukan saudara J ke saya," tutupnya

3. Ditahan 20 Hari

Gambar

Jerinx SID terpaksa harus kembali masuk bui setelah ditetapkan sebagai tersangka kasus pengancaman. Seperti yang sudah diketahui, Adam Deni melaporkan penabuh drum band SID itu ke polisi dengan dugaan pengancaman.

Usai menjalani pemeriksaan di Polda Metro Jaya, Jerinx kemudian keluar dengan sudah memakai rompi merah dan ditemani oleh sang istri, Nora Alexandra. Sang kuasa hukum Jerinx, Sugeng Imam mengatakan, saat ini Jerinx ditahan selama 20 hari di rutan Polda Metro Jaya Jakarta sampai menunggu waktu persidangan tiba.

"Jerinx untuk ditahan selama 20 hari di Rutan Polda," kata Sugeng Imam Santoso di Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (1/12/2021).

4. 6 Tahun Penjara

Gambar

Di sisi lain, pihak Kejaksaan Negeri Jakarta Pusat, Bima Suprayoga mengatakan bahwa semua berkas Jerinx dari pihak penyidik Polda Metro Jaya sudah dilimpahkan kepada Kejari.

Bima mengatakan, Jerinx melanggar pasal 27 ayat 4 juncto pasal 45 ayat 4 atau apsa 29 juncto asal Undang-Undang Nomor 19 tahun 2016 tentang perbuahan UU Nomor 11 tahun 2008 tentang informasi dan transaksi elektronik atau UU ITE. Karena pelanggaran tersebut, Jerinx terancam hukuman penjara selama 6 tahun.

"Jaksa meneliti alasan objektif antara lain ancamannya 6 tahun, jadi mungkinkan untuk melakukan penahanan. Masuk alasan subjektif dan objektifnya," iujar Bima Suprayoga. 

5. Sudah Mediasi

Gambar

Perseteruan antara Jerinx SID dan Adam Deni masih berlanjut. Pada 14 Agustus 2021, Sabtu siang, keduanya akhirnya dipertemukan di Polda Metro Jaya. Pukul 11.45 WIB, Adam Deni tampak hadir bersama kuasa hukumnya, Machi Ahmad. Sang kuasa hukum pun menjelaskan maksud kedatangan dirinya dan Adam.

"Ini kan hanya pemenuhan proses mediasi yang sudah diatur juga berdasarkan SE kapolri nomor 2/11/2021 kan. Mengenai penerapan hukum UU ITE dan ini sifatnya wajib," ungkap Machi Ahmad.

Adam Deni mengaku akan mengikuti aturan untuk mediasi tersebut. Meski akan menjalankan proses mediasi, Adam Deni menegaskan bahwa kemungkinan untuk berdamai akan sangat kecil.