Adegan Bullying dan Teror di 'Best Friends Forever' Kena Semprot KPI

Guntur Merdekawan | 30 Agustus 2017, 07:15 WIB
Adegan Bullying dan Teror di 'Best Friends Forever' Kena Semprot KPI

Kapanlagi.com - Beberapa waktu lalu, sebuah sinetron dengan genre yang cukup unik disajikan oleh Trans TV, berjudul Best Friends Forever. Tayangan itu dibintangi oleh sederet pesinetron muda, seperti Randy Martin, Cassandra Lee, Beby Tsabina, Adzwa Aurell, Jennifer Coppen, Afifah Ifah'nda, Nicole Patricia, dan Endy Arfian.

Best Friends Forever ditayangkan sepanjang 21 episode saja, tepatnya sejak tanggal 7 hingga 27 Agustus 2017 kemarin. Dan meskipun tergolong pendek jika dibandingkan sinetron-sinetron lain, tetap saja Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) menemukan sebuah kesalahan yang terjadi di salah satu episodenya.

Pada situs resminya, KPI merilis sebuah surat teguran yang mereka layangkan untuk stasiun televisi Trans TV. KPI menyebut jika ada beberapa adegan yang menyalahi regulasi penayangan di Tanah Air pada sinetron tersebut.

Poster sinetron 'BFF' © TwitterPoster sinetron 'BFF' © Twitter

"Program Siaran BFF banyak menampilkan adegan bullying, perilaku teror, serta menampilkan cara berpakaian yang tidak sesuai dengan etika yang berlaku di lingkungan pendidikan. KPI Pusat menilai muatan-muatan demikian tidak sesuai dengan program siaran berklasifikasi R (Remaja). Berdasarkan hal tersebut, KPI Pusat memutuskan untuk memberikan Peringatan," tulis surat teguran tersebut.

Lebih jauh, KPI juga mengingatkan ulang, seperti apa muatan-muatan yang seharusnya ditampilkan untuk acara-acara dengan rate R (Remaja). Jika mengulangi lagi kesalahan sama, KPI bakal melakukan tindakan yang lebih tegas untuk Trans TV.

"Perlu saudara ingat, berdasarkan Pasal 37 Ayat (1) dan (2) SPS, program siaran dengan klasifikasi R seharusnya mengandung muatan, gaya penceritaan dan tampilan yang sesuai dengan perkembangan psikologis remaja, serta berisikan nilai-nilai pendidikan, ilmu pengetahuan, sosial budaya, budi pekerti, dan lain-lain," pungkas tulisan teguran tersebut.

KLovers ada yang sudah nonton sinetron BFF? Apa pendapat kalian mengenai teguran KPI di atas?

(kpl/gtr)

Editor:   Guntur Merdekawan