Afgan Sebut Anak Muda Indonesia Cukup Aware Dengan HIV/AIDS

Ahmat Effendi | 01 Desember 2015, 18:10 WIB
Afgan Sebut Anak Muda Indonesia Cukup Aware Dengan HIV/AIDS
Kapanlagi.com - Penyanyi Afgansyah Reza sempat berbicara terkait HIV AIDS dan penyebarannya yang cukup menyita perhatian. Menurutnya saat ini kesadaran anak muda Indonesia terkait penyakit yang masih belum bisa disembuhkan tersebut sudah cukup tinggi. Apalagi karena banyak agenda himbauan yang telah diberikan sejak dini.

"Ya kalau sekarang sih udah cukup aware dan udah ada himbauan kan kayak check up (ke dokter) every month. Jadi menurut gue sih kalau yang merhatiin sih lebih bisa menjaga dengan baik," ungkap Afgan saat ditemui di kawasan Depok, Kamis (26/11).

Sejumlah selebriti tanah air pernah melakukan tes HIV untuk membuat kampanye agar orang-orang semakin sadar bahaya penyakit tersebut. Afgan sendiri tak pernah melakukan secara khusus, namun ia selalu melakukan check up kesehatan menyeluruh. 

Afgan beranggapan anak muda Indonesia sudah tahu tentang bahaya dan penularan HIV AIDS. ©KapanLagi.com/Bayu HerdiantoAfgan beranggapan anak muda Indonesia sudah tahu tentang bahaya dan penularan HIV AIDS. ©KapanLagi.com/Bayu Herdianto

"Gue sih selalu check up all (seluruh badan). Ya manusia kan harus check kesehatan. Jadi gue check up mencakup semuanya sih," tuturnya.

Karena HIV AIDS belum ada obatnya, gaya hidup sehat saja tak cukup untuk mencegah. Bagi Afgan untuk menghindari penyakit mematikan itu, seseorang diharapkan pintar-pintar menjaga diri.

"Gaya hidup kayaknya nggak cukup juga sih. Menurut aku sih pintar-pintar aja sih maksudnya kayak harus tau mana yang baik dan buruk buat diri kita. Harus kesadaran diri sih, kalau dia nggak sadar tetap aja sama," tandasnya.

  (kpl/rhm/sjw)

Reporter:  

Nuzulur Rakhmah