Agung Hercules Meninggal, Ini Kronologi Penyakit Kanker Otak yang Dideritanya

Sora Soraya | Kamis, 01 Agustus 2019 17:55 WIB
Agung Hercules Meninggal, Ini Kronologi Penyakit Kanker Otak yang Dideritanya

Kapanlagi.com - Agung Hercules meninggal dunia telah menjadi kabar yang sangat mengejutkan. Tak disangka, salah satu entertainer terbaik di tanah air itu akhirnya mengembuskan napas terakhirnya usai berjuang melawan penyakit kanker otak yang selama ini diderita olehnya.

Meski sudah menjalani berbagai metode pengobatan hingga rangkaian operasi pengangkatan tumor, Agung Hercules tidak bisa lepas dari belenggu Glioblastoma yang selama beberapa bulan terakhir menghantuinya. Kini perjuangan Agung harus berakhir, karena Tuhan sudah memanggilnya.

Lantas, seperti apa sebenarnya kronologi penyakit Agung hingga akhirnya meninggal pada hari ini, Kamis (1/8)? Daripada makin penasaran, yuk langsung saja simak ulasan lengkapnya berikut ini!

1 dari 9 halaman

1. Penampilan Berubah Drastis

Penampilan Berubah Drastis instagram.com/agunghercules88
Semua ini bermula dari postingan Instagram Agung Hercules pada bulan Juni lalu. Saat itulah ia muncul dengan penampilan yang berubah drastis hingga susah dikenali. Tak lagi bertubuh kekar dan punya rambut gondrong, ia justru tampak kurus dan berkepala gundul.

Berada di rumah sakit, Agung tampak dijenguk oleh 2 sahabatnya yang merupakan rekan sesama artis, Bedu dan Surya Insomnia. Sejak saat itu, ia mendapat banyak support dari para selebriti yang turut menjenguk dan memberikan dukungan untuk kesembuhan Agung.

 

2 dari 9 halaman

2. Penyakit Agung Terungkap

Gara-gara penampilannya yang berubah drastis, banyak orang yang penasaran apa sebenarnya penyakit yang diderita Agung. Sang istri yang bernama Mira Rahayu akhirnya memberikan konfirmasi jika suaminya itu menderita kanker otak.

Membalas salah satu komentar netizen, pemilik akun @mir4r4h4yu ini menjawab, "Aamiinn ya robbal aalamiin. CA otak teh Glioblastoma stadium 4. Piduana nya teh."

Buat kamu yang belum tahu, Glioblastoma ini adalah salah satu dari 4 tipe kanker atau jenis tumor yang biasanya muncul di otak atau tulang belakang. Glioblastoma adalah tipe kanker otak paling ganas yang umumnya menyerang orang dewasa. Pertumbuhannya sel kankernya sangat agresif dan menyebar dengan cepat.

3 dari 9 halaman

3. Meski Sakit, Nafsu Makan Tetap Besar

Meski Sakit, Nafsu Makan Tetap Besar instagram.com/sinyoritaesperanza
Ikut kaget dengan perubahan Agung, Sinyorita Esperanza juga sempat menjenguknya di rumah sakit. Saat itulah ia menyadari jika walaupun sedang sakit, namun nafsu makan Agung tetap saja besar. Untung saja penyakit ini tak membuat dirinya susah makan.

"Walau sakit, makannya sih kata istrinya nggak berkurang porsinya, masih bagus. Makannya yang dimau aku coba belikan, lagi pengin apa ya pesenin lewat ojek online. Syukurnya makan apa aja nggak ada pantangan ya dia," ungkap Sinyorita beberapa waktu lalu.

4 dari 9 halaman

4. Gejala Awal

Gejala Awal Agung Hercules dan Jeremy Teti © instagram.com/tetijeremy
Tidak cuma Sinyorita, Jeremy Teti juga sempat buka suara tentang penyakit yang diderita mendiang Agung. Meski kondisinya saat itu sudah bagus, namun Jeremy menyadari jika rekannya itu mengalami kesulitan saat bicara dan juga sering lupa.

"Kurang lancar. Tapi lumayan sih, cukup jelas. Tapi nggak seperti gaya Agung yang dulu ngomong lincah segala macem. Istrinya bilang udah setahun lebih. Gejala awal ketahuan dari situ. Agung itu dulu sulit berbicara, menyebut nama Mario Lawalata diulang berkali-kali saat syuting salah satu sinetronnya dia di salah satu TV. Baru tiga episode akhirnya dia mengundurkan diri dan dirawat ini," kata Jeremy.

5 dari 9 halaman

5. 7 Bulan di Rumah Sakit, 2 Kali Masuk ICU

Mira, istri Agung sempat ditemui di ruang isolasi yang beradai di lantai 2 RSUD Kota Tangerang. Namun ia tak mau banyak bicara saat media melontarkan berbagai pertanyaan padanya.

Sementara itu, salah seorang petugas rumah sakit yang enggan disebutkan namanya sempat memberikan pernyataan yang cukup mengejutkan. "Sudah lama di sini, sekitar 7 bulan. Kalau dulu lebih parah malah kondisinya, sempat sampai masuk ICU dua kali," ujarnya.

6 dari 9 halaman

6. Sempat Membaik & Stabil

Sempat Membaik & Stabil YouTube.com/Agung Hercules TV
Sekian lama membuat publik penasaran, Agung dan Mira akhirnya menyapa para fansnya lewat video di YouTube. Keduanya pun mengakui jika kondisi pelantun tembang Astuti itu berangsur-angsur membaik.

Agung Hercules juga sempat menyampaikan jika ia sedang menjalani masa penyembuhan yang tentunya membutuhkan waktu lama. "Mudah-mudahan cepet bagus lagi, kayak lebih baik lagi," tuturnya dan langsung diamini oleh Mira Rahayu.

7 dari 9 halaman

7. 3 Kali Operasi Pengangkatan Tumor

3 Kali Operasi Pengangkatan Tumor YouTube.com/Agung Hercules TV
Mira juga menyampaikan jika saat itu Agung membutuhkan pengobatan setiap harinya. Demi proses penyembuhan yang sempurna, suaminya itu harus menjalani berbagai terapi dalam jangka panjang.

"Operasi sampai 3 kali pengangkatan. Itu banyak cerita kenapa sampai 1, 2, dan 3 itu. Insya Allah nanti kalau misalnya memang bisa dikupas sedikit-sedikit, dilanjutkan lagi dengan terapi kemo, berikut radiasi di tahap pertama, kemudian lanjut lagi sekarang kemo selama 6 bulan berturut-turut. Insya Allah, bismillah kita ikhtiar mendapatkan hasil yang terbaik, amin," jelas Mira.

8 dari 9 halaman

8. Masa-Masa Pemulihan

Masa-Masa Pemulihan YouTube.com/Agung Hercules TV
Setelah jalani serangkaian pengobatan dan operasi, kondisi Agung Hercules berangsur membaik. Kini ia pun waktu tiap harinya di rumah. Berbagai cara pemulihan juga dilakukan oleh Agung Hercules.

Memiliki semangat yang luar biasa untuk bisa sembuh, Agung pun menjalani masa-masa pemulihan di rumahnya. Tak hanya duduk dan berbaring saja, ia pun melakukan serangkaian pemulihan.

"Sekarang selama pemulihan, di saat selesai tahap pertama pengobatan. Kemarin sudah lakukan kemoterapi pertama dengan 33 kali radiasi," ucapnya Mira lewat video terbaru yang diunggah lewat channel Agung Hercules TV.

Lebih lanjut, Mira juga mengaku jika suaminya itu sedang rutin melakoni olahraga ringan, "Sekarang lebih banyak istirahat di rumah, pengobatan, main gitar untuk melatih. Ada sedikit jalan-jalan di kolam buat melatih napas. Terus olahraga panahan. Apapun yang bisa dikerjakan di rumah."

9 dari 9 halaman

9. Meninggal Dunia

Tak ada update apapun sejak video terakhir mereka di YouTube, hari ini tepat Kamis (8/1), Agung dilaporkan meninggal dunia. Kabar ini terungkap pertama kali lewat pesan yang tersebar di WhatsApp hingga kemudian dikonfirmasi oleh Ernest Prakasa.

"Mas Agung Hercules itu orang baik dan lucu banget. Sedih. Beliau berpulang begitu cepat. Selamat jalan, Mas Agung," tulis bintang CEK TOKO SEBELAH itu dalam akun Twitter-nya. Sekali lagi, selamat jalan Agung Hercules. Selamat beristirahat dengan tenang, nama dan karyamu akan selalu kami kenang.

(kpl/sry)


Editor:  

Sora Soraya

↑