Aksi Ria Ricis Makan Gurita Hidup Dapat Kecaman dari Garda Satwa

Tyssa Madelina | Jum'at, 30 Agustus 2019 20:45 WIB
Aksi Ria Ricis Makan Gurita Hidup Dapat Kecaman dari Garda Satwa

Kapanlagi.com - Ria Ricis kembali jadi perbincangan hangat netizen Tanah Air. Setelah sebelumnya bikin geger gara-gara video 'Pamit', adik Oki Setiana Dewi itu lagi-lagi mendapat kecaman lewat vlognya yang bertajuk 'Pertama Kali Makan Gurita Hidup'.

Video yang tayang di kanal Youtube pribadinya, Ricis Official, itu diunggah pada tanggal 22 Agustus 2019 lalu. Meski sudah mendapat lebih dari 5 juta viewers, aksi Ria Ricis makan gurita hidup nyatanya tak lepas dari kritikan. Salah satunya datang dari komunitas Garda Satwa Foundation.

"Video @riaricis1795 makan gurita hidup-hidup dideteksi oleh Facebook sebagai konten yang mengandung kekerasan. Harusnya seorang influencer yang followersnya jutaan tau yah rules dalam membuat konten, salah satunya tidak boleh membuat konten yang mengandung kekerasan. Bisa ditarik adsensenya oleh youtube jika direport oleh orang banyak," tulis akun Instagram resmi Garda Satwa, seperti dilansir pada hari Jumat (30/08/2019).

1 dari 2 halaman

1. Dinilai Tidak Beradab

Garda Satwa pun menjelaskan kalau tindakan Ria Ricis tersebut dinilai tidak beradab. Pasalnya, gurita yang masih hidup apabila dimakan sedikit demi sedikit akan merasakan sakit terlalu lama.

"Harusnya @riaricis1795 juga tahu bahwa video ini mendapat kritik pedas di Facebook dari penggemarnya sendiri, mulai dari kritik mengenai adab dan norma, sampai ke akidah agama," jelasnya.

"Memakan hewan hidup-hidup itu kejam dan tidak beradab, meskipun hewan yang dimakan adalah hewan untuk dikonsumsi. Kecuali kalo @riaricis1795 mampu menelan langsung gurita itu dalam satu kali telan, dan hewannya tidak terlalu lama merasakan sakit karena langsung tewas, nggak digigit sedikit demi sedikit," imbuh Garda Satwa Foundation.

2 dari 2 halaman

2. Tidak Perlu Mencontoh Konten Luar Negeri

Tidak Perlu Mencontoh Konten Luar Negeri Credit: Instagram/gardasatwafoundation
Konten mukbang gurita hidup memang bukan pertama kali ini muncul di kanal Youtube. Namun Garda Satwa Foundation menilai kalau Ria Ricis sebaiknya tidak perlu ikut-ikutan membuat video serupa. Pasalnya, ada banyak pengikutnya yang masih dibawah umur dan belum bisa memfilter konten yang baik dan benar.

"Buat kami, @riaricis1795 sama kejamnya dengan Mbah Grandong yang makan kucing hidup-hidup. Jika memang di Korea biasa memakan gurita hidup-hidup, silakan saja lakukan itu di sana tapi jangan sebarkan ke sini," tegasnya.

"16 juta pengikut @riaricis1795 dari berbagai kalangan dan berbagai usia, di mana seorang @riaricis1795 bisa saja menjadi contoh atau panutan anak-anak yang belum bisa menilai mana baik dan mana yang tidak, 1% nya saja kira-kira akan mencontoh @riaricis1795 dari 16 juta pengikut berarti 160.000 @riaricis1795 baru," tandas Garda Satwa Foundation.

(kpl/tmd)


Editor:  

Tyssa Madelina

↑