Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Aku dan Mesin Waktu, Film Pendek Dari Lagu Virgoun yang Ajari Kamu Untuk Jatuh Cinta Berulang Kali Pada Orang yang Sama

Kamis, 22 April 2021 02:12 WIB
Aku dan Mesin Waktu, Film Pendek Dari Lagu Virgoun yang Ajari Kamu Untuk Jatuh Cinta Berulang Kali Pada Orang yang Sama
Istimewa

Kapanlagi.com - Jika mendengar Virgoun, bisa dikatakan banyak orang yang kemudian akan menagih kelanjutan cerita dari Hema dan Starla dari universe project Surat Cinta Untuk Starla. Para penggemar mereka berdua, harus bersabar lebih lama menunggu kelanjutan ceritanya, karena di awal tahun 2021 ini, dr.m justru membuat sesuatu yang (lagi-lagi) berbeda; sebuah universe baru; terobosan lainnya di industri musik tanah air.

Adalah Aku Dan Mesin Waktu; sebuah project film pendek yang terinspirasi tidak hanya dari 1 lagu dari 1 musisi, tapi kali ini tidak tanggung-tanggung, terinspirasi dari 4 lagu dari 4 musisi yaitu Budi Doremi, Last Child, Caitlin Halderman, dan juga tentunya Virgoun sendiri.

Berjalan sedikit ke masa lalu, nama dr.m memang sering di identikan dengan project-project terkait lagu yang menorehkan banyak kesan mendalam bagi para penikmatnya. Sebut saja project-project film pendek dan music video seperti “Seluruh Nafas Ini” (2013), “Surat Cinta Untuk Starla” (2017), “Bukti” (2018), dan sebuah song series 3 lagu 1 cerita “Meski Lewat Luka” (2018). Banyak yang mengatakan bahwa project-project ini adalah terobosan-terobosan menarik pada masanya.

1. Tantangan Kompleks

Gambar

Project kali ini menjadi jauh lebih menarik karena memiliki tantangan kompleks; dimana jalan cerita dari short movie dan lagu-lagu dari keempat musisi tersebut harus saling mengisi, melengkapi menjadi sesuatu yang tidak terpisahkan.

“Menurut gw di Indonesia ini belum pernah ada project yang kayak gini ya. Biasanya kan gw sama lagu gw aja, kali ini gak cuma gw, tapi Budi, Caitlin, dan band gw; Last Child ikut juga. Jadi waktu dr.m ngegodok idenya tahun lalu, gw seneng banget. Yok, jadiin. Bakal seru nih, hahaha!”, buka Virgoun.

Proses kreatif dimulai dari Oktober tahun 2020 lalu, berawal dari ide besar memberikan sesuatu yang beda, nafas baru di perhelatan musik tanah air. Maka, berangkat dari sebuah premis cerita dan pembabakan 4 episode, dimana masing- asing musisi diberikan tantangan menciptakan karya baru yang menggambarkan rasa dari masing-masing episode tersebut. Melalui beberapa rangkaian workshop dan song-writers camp di Bandung, lahirlah tidak hanya 4 tapi 7 karya baru; 4 lagu menjadi soundtrack utama, dan 3 sisanya menjadi lagu pendukung.

“Buat karya baru gw di project besar ini, ada Orang Yang Sama; tentang gimana seseorang, walaupun diterpa badai kehidupan, bahkan sampai istilahnya dunia meminta pasangannya untuk pergi meninggalkan, tetap saja bisa merasakan jatuh cinta berulang kali pada orang yang sama. Dalem ye, haha. Kebetulan lagu ini spesial buat gw; karena menandai umur pernikahan gw dan istri yg ke-6. Persis banget lagunya, gw berasa jatuh cinta berulang kali ke orang yang sama”, lanjut Virgoun.

2. Berharap Bisa Relate

Dengan lirik lugas dan seperti biasa memiliki makna yang dalam, harapannya Orang Yang Sama bisa relate kepada siapapun yang memang ingin memberikan penghargaan atau pujian pada pasangannya, atas kesetian dan kebersamaannya selama ini.

Satu hal menarik lainnya dari, di project ini, untuk kali pertama Virgoun berkolaborasi dengan Budi Doremi untuk melahirkan sebuah karya sebagai salah satu senjata lainnya. Lagu berjudul Apa Ini Cinta lahir, jauh dari area nyaman mereka berdua dalam berkarya; sebuah warna musik yang bisa dikatakan tidak terduga dari mereka. Caitlin Halderman pun dipinang dan sukses membawakan karya satu ini.

“Gw harap, project besar gw, dr.m, Last Child, Budi, Caitlin juga Refal dan Fero ini bisa diterima sama siapapun yang kangen sama project gw dan dr.m ya. Insha Allah pada suka, trending, dan terus ditonton sampai seterusnya, amin amin amin YRA”, tutup Virgoun penuh harap.