Akui Lebih Sulit Perankan Habibie Saat Tua, Reza Rahadian Harus Jalani Proses Make-Up Selama 7 Jam

Louvina Gita   | Rabu, 25 Desember 2019 17:14 WIB
Akui Lebih Sulit Perankan Habibie Saat Tua, Reza Rahadian Harus Jalani Proses Make-Up Selama 7 Jam

Kapanlagi.com - Film Habibie & Ainun 3 mengharuskan Reza Rahadian untuk totalitas. Dirinya pun mengungkapkan pengalamannya menjalani make-up selama 7 jam untuk menjadi seorang mendiang Habibie.

"Untuk saya menjalani make-up itu harus fokus. Karena berusaha untuk tidak berurusan dengan gadget, tidak ngapa-ngapain selain diam, menenangkan diri, dan mengatur nafas. Supaya make-up artisnya bisa bekerja dengan fokus," ucap Reza

"Karena kalo saya banyak gerak, makan atau main handphone, itu pasti ngeganggu konsentrasi. Sebisa mungkin memang saya saat itu ya diem aja," sambungnya saat Meet and Greet all cast Habibie & Ainun 3 di Jogja, Sabtu (21-12).

1 dari 3 halaman

1. Kagum pada Hasilnya

Prosesnya memang panjang dan memerlukan berbagai tahap. Meskipun demikian, aktor berusia 32 tahun ini tetap menikmati karena tertarik dengan tiap prosesnya. Ia pun kagum dengan hasilnya.

"Ya seneng mungkin karena excited ya. Oh jadinya gini ya. Saya jadi menikmati dan ngeliatin sendiri. Karena itu satu-satu ya, bagian leher dulu, bagian dagu, terus pipi, jidat, pasang kontak lens, buat kepala, dll. Ngeliat prosesnya tuh nikmatin sendiri," jelasnya.

"Amazed sih saya. It's really cool. Kaya bisa makin masuk lagi ke karakternya. Saya lebih merasa ngebawain peran eyang jadi lebih solid eyang yang sudah berusia lanjut," sambung Reza.

2 dari 3 halaman

2. Proses Pengambilan Gambar

Proses Pengambilan Gambar credit: Kapanlagi.com/Daniel Kampua
Teknik yang dilakukan pada pengambilan gambar film yang telah menyentuh 1 juta lebih penonton hingga hari ini memang sedikit berbeda. Reza kembali menjelaskan perbedaan tersebut.

"Itu saya body double-nya dulu syuting. Baru menyesuaikan kepalanya, karena tubuhnya bukan tubuh saya, tubuh orang lain. Itu ada kok di official Instagram kalo mau ngeliat materi proses visual effect-nya," ungkapnya.

"Jadi saya syuting ngeliat dulu, aktor yang satunya, yang tubuhnya dipake. Terus kepala saya harus bisa mengikuti juga gerak tubuhnya, kemudian baru ganti. Ibaratnya kepalanya dicopot dan dipindahin ke badan itu. Lebih ke situ sih," sambung peraih 4 piala citra tersebut.

3 dari 3 halaman

3. Reza Mainkan Dua Peran

Ada dua peran yang dimainkan Reza pada film ketiga dari series Habibie & Ainun ini, saat muda dan usia tua. Sempat merasa bingung, Reza akhirnya menentukan peran mana yang lebih sulit.

"Waduh dua-duanya sama-sama sulit tapi mungkin kalo yang tua suaranya harus berubah, suaranya lebih mendekat lagi dengan eyang yang sekarang. Gesturnya. Tangannya sudah mulai tremor. Jadi detail-detail kecilnya banyak yang lebih sulit buat yang tua sih," pungkasnya.

(kpl/apt/lou)