Alami Kerugian Menyakitkan Imbas Pandemi Covid-19, JKT48 Terpaksa Kurangi Staff dan Member

Rabu, 11 November 2020 12:13 WIB
Alami Kerugian Menyakitkan Imbas Pandemi Covid-19, JKT48 Terpaksa Kurangi Staff dan Member
JKT48 (credit: instagram.com/jkt48)

Kapanlagi.com - Kabar mengejutkan baru saja diumumkan Melody Nurramdhani Laksani selaku General Manager Theater JKT48. Melalui channel Youtube resmi JKT48, ia mengatakan bila kondisi idol group ini tengah berada pada titik menyakitkan imbas pandemi Covid-19 yang menyerang sejak Maret lalu.

Sebagaimana diketahui, sudah berbulan-bulan teater yang terletak di kawasan Senayan tersebut tidak beroperasi demi mengurangi kerumunan. Event seperti handshake pun tak lagi bisa dilakukan membuat berkurangnya pemasukan.

"Sampai bulan November kami telah melakukan semua hal yang bisa dilakukan agar tetap bertahan hidup. Akan tetapi sejujurnya dengan dihentikan pertunjukan teater, handshake dan konser, kami merasa bahwa tujuan sebenarnya dari JKT48 yaitu memberikan energi dan semangat bagi semua orang di Indonesia tidak dapat dilakukan dengan maksimal. Walaupun semuanya telah berusaha dengan sekuat tenaga, faktanya secara bisnis, grup ini mengalami kerugian yang sangat menyakitkan. Sehingga kami ada di posisi yang sangat sangat sulit untuk bisa terus beroperasi," kata Melody pada Selasa (10/11/2020).

1. Pengurangan Staff dan Member

Berbagai kemungkinan sudah dipikirkan oleh petinggi-petinggi di JKT48. Namun memilih membubarkan grup setelah sembilan tahun berkarya di Indonesia jelas bukan keputusan yang bijak. Sehingga akhirnya diputuskan untuk pengurangan jumlah member yang total ada 70 orang serta staff.

"Setelah berdiskusi terus menerus hanya ada satu cara agar JKT48 terus bertahan. Cara itu adalah pengurangan jumlah member dan staff JKT48 agar grup ini tidak bubar. Hanya itu satu-satunya cara. Kami memutuskan melakukan perubahan skala besar atau restrukturisasi dalam grup ini dan ini adalah keputusan yang sangat besar. Tapi kami sudah tidak punya pilihan lagi selain membangun semuanya dari awal," lanjut Melody.

2. Berharap Pengertian

Terkait nama-nama member yang tidak lagi bergabung akan diumumkan menyusul. Melody pun paham dan mengerti bila ini adalah langkah yang berat untuk banyak pihak, terutama bagi para fans yang selama ini sudah setia mendukung.

"Mengenai para member dan rencana selanjutnya terkait hal ini akan kami umumkan lebih lanjut. Pasti saat ini ada berbagai macam pemikiran dan perasaan yang muncul di hati kalian. Mungkin sulit untuk meminta pengertian akan langkah yang berat ini. Tapi kami yakin dan percaya kalian akan mengerti. Oleh karena itu mohon selaku dukungan untuk JKT48. Terima kasih," tutup Melody.

3. Berharap Pandemi Berakhir

Pandemi yang tak kunjung usai dan membawa dampak besar ke berbagai bidang membuat masyarakat berharap agar keadaan bisa segera membaik. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah menerapkan protokol kesehatan.

Penting untuk #IngatPesanIbu, mulai dari rajin cuci tangan dengan sabun, pakai masker dan menghindari keramaian orang. Semoga, melakukan hal-hal sederhana itu bisa membuat pandemi ini segera berakhir.