Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Alami OCD Sejak SD, Aliando Syarief: Rasanya Campur Aduk!

Jum'at, 28 Januari 2022 13:33 WIB
Alami OCD Sejak SD, Aliando Syarief: Rasanya Campur Aduk!
Aliando Syarief alami gangguan mental - Credit: Muhammad Akrom Sukarya © KapanLagi.com

Kapanlagi.com - Aliando Syarief secara mengejutkan mengumumkan dirinya mengalami gangguan mental Obsessive Compulsive Disorder (OCD). Karena gangguan yang dideritanya, Aliando sampai kesulitan menjalani aktivitas dan memutuskan untuk mundur dari sejumlah proyek pekerjaannya.

Obsessive-Compulsive Disorder (OCD) adalah sejenis gangguan mental. Orang dengan OCD memiliki pikiran dan dorongan yang tidak dapat dikendalikan dan berulang (obsesi), serta perilaku (paksaan) kompulsif. Contoh perilaku kompulsif adalah mencuci tangan 7 kali setelah menyentuh sesuatu yang mungkin kotor (via halodoc.com).

Aktor yang namanya melejit lewat sinetron GANTENG GANTENG SERIGALA ini menjelaskan bahwa dirinya sudah mengidap OCD sejak duduk di bangku sekolah dasar. Sempat sembuh, namun beberapa tahun belakangan dirinya harus kembali berurusan dengan gangguan tersebut.

"Dulu sudah pernah kelas 2 SD, tapi balik lagi umur 25 sekarang. Kelas 2 SD tuh sudah selesai. Habis itu kena OCD lagi baru 2019 akhir di 2020 kemarin," ujar Aliando, dikutip dari kanal YouTube Populer Seleb via Liputan6.com Jumat (28/1).

1. Campur Aduk

Gambar

Aliando harus melawan pikiran buruk yang muncul di benaknya. Bahkan, pria 25 tahun ini seperti harus bertarung hebat agar bisa mengontrol pikirannya.

"Yang dirasain kalau OCD tuh wah campur aduk ya, kita kayak berantem sama pikiran kita sendiri. Karena pikiran buruk itu ingin menguasai otak kita. Jadi kita harus ngelawan," ujarnya.

2. Ketakutan

Gambar

Aliando merasakan gangguan tersebut menghantui dirinya bahkan dalam kegiatan sehari-harinya.

"Mandi sih mandi tetap, tapi mandinya, bayangin, butuh perjuangan. Kayak gue lagi mandi, tiba-tiba lu garuk kepala sampai tengkorak gitu," sambungnya.

3. Terapi

Gambar

Untuk mengatasi gangguan mental tersebut, Aliando kini sedang menjalani sebuah terapi.

"Karena OCD ini, ini kerja ya. Jadi di rumah pun tetap kerja untuk bisa menyelesaikan musibah ini. Gitu ya," tutup Aliando.