Alasan Abimana Aryasatya Ganti Nama, Akibat Depresi dan Sering Dikira Bukan Muslim

Rahmi Safitri | Kamis, 05 September 2019 15:40 WIB
Alasan Abimana Aryasatya Ganti Nama, Akibat Depresi dan Sering Dikira Bukan Muslim

Kapanlagi.com - Ketika masih aktif bermain sinetron dan FTV di tahun 90-an dan awal 2000-an, Abimana Aryasatya lebih dikenal dengan nama aslinya yaitu Robertino. Namun kini ketika dirinya sudah layak disebut sebagai salah satu aktor film papan atas Indonesia, publik lebih mengenal ayah empat anak dengan nama barunya Abimana Aryastatya.

Siapa sangka ternyata ada beberapa alasan kenapa Abimana memutuskan ganti nama. Alasan utamanya adalah untuk mengubah dirinya menjadi sosok yang lebih baik. Tapi ternyata ada hal-hal lain yang juga membuatnya yakin untuk punya nama baru.

Inilah pernyataan Abimana terkait namanya ini seperti dirangkum oleh KapanLagi.com® dari berbagi sumber!

1 dari 8 halaman

1. Makna Nama Robertino

Dalam wawancaranya di acara Perspektif yang tayang di Metro TV baru-baru ini, Abimana menyebut kalau nama Robertino diberikan oleh sang ibu. Nama tersebut diambil dari sang ayah yang berasal dari Spanyol, Roberto. Sang ibu ingin putranya ini punya nama yang berarti 'anaknya Roberto' dalam bahasa Spanyol. Tapi beliau salah. Yang benar harusnya Robertito. Namun karena tidak paham bahasa Spanyol, sang ibu malah memberikan nama Robertino.

Nggak heran kalau Abimana muda sering dikira berdarah Italia karena namanya.

2 dari 8 halaman

2. Berawal dari Depresi

Berawal dari Depresi Abimana Aryasatya © KapanLagi.com®/Bayu Herdianto
Di usia 27 tahun, Abimana mengaku pernah mengalami depresi di kala dirinya masih serabutan main FTV. Tapi saat itu ia tak sadar dan yang tahu adalah istrinya. Ketika itu, Abimana merasa kalau apapun yang dilakukannya adalah salah dan dunia tidak adil. Setelah itu ia sadar kalau perasaan negatif ini akan berdampak pada anak-anaknya, terutama anak keduanya, Satine

Sesudahnya ia pergi ke psikolog. Di saat itu Abimana merasa tak bisa menuliskan kebaikan diri sendiri tapi dapat menyebutkan semua keburukan. Intinya Abimana tak kenal dirinya sendiri dan berniat berubah. Saat itulah ia memutuskan ganti nama.

3 dari 8 halaman

3. Dicarikan Nama Oleh Istri, Anak dan Mertua

Aktor GUNDALA ini lalu meminta istri, anak dan ibu mertua mencari hingga didapatkan Abimana Aryasatya. Asalnya dari bahasa Sansekerta yang berarti ksatria yang membanggakan keluarga. "Gue jalanin hidup gua sesuai nama itu, sesuai harapan keluarga gua. Yuk kita kerja, yuk kita perbaiki. Yuk kita menjadi orang yang lebih baik."
4 dari 8 halaman

4. Merasa Tak Cocok dengan Nama Robertino

Merasa Tak Cocok dengan Nama Robertino Abimana Aryasatya © KapanLagi.com®/Muhammad Akrom Sukarya
Seperti dilansir dari Fimela pada artikel di tahun 2011 lalu (di saat ia memutuskan ganti nama), ternyata Abimana merasa sudah lama merasa tak nyaman dengan Robertino. Ia merasa kalau nama tersebut tak cocok untuknya.

"Sejak kecil saya merasa bahwa nama Robertino itu bukan untuk saya. Latar belakangnya karena saya bukan dari keluarga yang utuh. Robertino itu nama bapak saya, tapi saya nggak pernah ketemu bapak saya, dan saya nggak nyaman memakai nama itu," ujarnya.

5 dari 8 halaman

5. Sering Dikira Bukan Muslim

Lebih lanjut, Abimana juga merasa nggak nyaman dengan Robertino karena sering dianggap bukan seorang muslim. Oleh karena itu ia mencari nama baru yang benar-benar punya makna bagus karena ia percaya nama itu sebuah doa.

"Alasan non logis, menurut saya, untuk mengganti nama, adalah karena menurut pendapat saya nama Robertino nggak mencerminkan nama seorang muslim. Berkali-kali orang bertanya kok nama saya begitu tapi ternyata saya muslim, padahal seorang muslim kan nggak harus selalu diawali dengan nama-nama nabi. Biar bagaimanapun, nama itu doa dan harapan, makanya setiap orang selalu berharap orangtua atau orang-orang yang sayang sama kita mendoakan dan mengharapkan yang baik-baik. Namun, karena keluarga saya nggak pernah utuh, orang-orang yang diharapkan mendoakan itu nggak pernah ada di dalam hidup saya. Jadi, gimana saya bisa dapat support, harapan, dan doa kalau orang-orang yang saya harapkan untuk mendoakan dan mendukung saya nggak pernah ada? Itulah sebabnya saya memberi kesempatan bagi orang-orang yang menyayangi dan selalu memberi harapan kepada saya, untuk memberikan saya nama yang lebih baik. Jadi, nama Abimana yang saya pakai sekarang bukan asal pilih," ceritanya.

6 dari 8 halaman

6. Ganti Nama di Dunia Hiburan

Ganti Nama di Dunia Hiburan Abimana Aryasatya © KapanLagi.com®/Muhammad Akrom Sukarya
Ternyata awalnya tak mudah untuk bisa memakai nama Abimana Aryasatya di dunia hiburan. Banyak sineas yang melarang pergantian nama. Sampai akhirnya ia mantap memakai nama baru saat tampil di film CATATAN SI BOY tahun 2011.

"Makanya, saya selalu bilang ke orang-orang di sekitar saya, termasuk kepada beberapa orang di dunia hiburan, bahwa saya ingin ganti nama, tapi mereka melarang. Keinginan saya baru diiyakan, dan dari saya pribadi juga akhirnya berani untuk memakai nama baru saya, setelah Putratama Tuta, sutradara CATATAN SI BOY nggak mempermasalahkan hal itu," ujar Abimana.

7 dari 8 halaman

7. Tak Merasa Sukses Karena Ganti Nama

Saat di acara Perspektif, Abimana cerita kalau banyak orang meyakini kesuksesannya sebagai bintang film terjadi karena ganti nama. Tapi ia merasa bukan karena nama yang membuatnya sukses.

"Abimana bukan stage name, tidak juga untuk panggung. Gua juga nggak pikir buat ke situ nanti. Ternyata ada beberapa orang berpikir, gara-gara namanya gua jadi punya luck, punya hoki. Sebenernya nggak. Gue mengubah diri gua lebih positif. Meninggalkan negative side-nya itu, mencoba mengubah diri gua jadi positif. Vibe-nya bisa positif gitu. Biarpun gue sepenuhnya nggak bisa begitu. Gua juga bukan orang yang sempurna juga," kata Abimana.

8 dari 8 halaman

8. Tidak Ganti Nama di Akta

Tidak Ganti Nama di Akta Abimana Aryasatya © KapanLagi.com®/Muhammad Akrom Sukarya
Meski di dunia entertainment dikenal dengan nama Abimana Aryasatya, ternyata ia tak melakukan ganti akte. Alasannya karena ribet ngurusnya ke pengadilan.

"Akte tetep pakai nama yang lama. Jadi kalau secara surat-surat tetep pakai nama yang lama. Saya bayar pajak, tetep pakai nama lama. Nama baru itu lebih cuma buat gua aja. Kalau buat surat-surat nggak pa-pa. Itu nama pemberian orangtua," cerita Abimana, sambil tertawa.

Sukses terus buat Abimana!

(kpl/pit)


Editor:  

Rahmi Safitri

↑