Alasan Irfan Hakim Berikan Les Pencak Silat: Anak Gue Serba Bisa!

Galuh Esti Nugraini | Sabtu, 01 September 2018 14:30 WIB
Alasan Irfan Hakim Berikan Les Pencak Silat: Anak Gue Serba Bisa!

Kapanlagi.com - Irfan Hakim telah melihat jika sang anak lebih tertarik mendalami bidang olahraga daripada di bidang seni. Bahkan anak pertamanya, Aisha Maydina Hakim mengikuti ekstrakulikuler pencak silat di sekolahnya. Maka dari itu, untuk lebih mendalami, Irfan pun mendatangkan guru privat pada anak.

Bahkan tak hanya latihan pencak silat saja, namun ada olahraga lain juga diberikan. Seperti memanah dan berkuda. Ya, hal ini dilakukan Irfan Hakim bukan tanpa alasan.

"Ya agar dia bisa mempertahankan diri. Walaupun pencak silatnya seni, tapi karena dia hafal jurusnya dan pakai tenaga juga jadi intinya gue mau anak gue serba bisa. Dalam akademi dan lain-lainnya juga, kayak pencak silat, memanah, berkuda, itu juga, ya supaya mereka bisa jadi seseorang bukan atlet," ungkap Irfan Hakim saat ditemui di bilangan Tendean, Jakarta Selatan, Jumat (31/8/2018).

1 dari 3 halaman

1. Menjadi Bekal Masa Depan

Irfan ingin agar sang anak dapat membela diri. Ini bisa dibilang bekal untuk masa depan sang anak. Tak hanya itu saja, hal ini dilakukannya agar anak juga mempunyai banyak kemampuan.

"Tapi saat gue sudah tidak bisa menjaga mereka lagi nanti, kan enggak bisa 24 jam menjaga saat mereka sudah besar, mereka punya kemampuan banyak. Bukan berarti anak perempuan harus diam, jangan lecet, enggak. Anak gue dari kecil sudah lecet, naik sepeda, skate gak papa. Lecet gak papa selama masih kecil, kalau lecet pas sudah besar baru berbekas, kalau buat gue sih gitu," ucap Irfan.

Meskipun telah belajar banyak cabang olahraga. Irfan belum memikirkan lebih lanjut ke depannya. Apakah sang anak akan diarahkan menjadi atlet atau tidak.

"Atletnya sih enggak tahu, lihat nanti, tapi yang jelas aku ngomong ke mereka bahwa, profesi apapun semua harus mempunyai keahlian lain. Misalnya dokter, tapi dokter yang jago main silat, yang ahli berkuda, dan jago memanah," ungkap ayah empat orang anak ini.

2 dari 3 halaman

2. Pilih Olahraga Ketimbang Belajar Seni

Pilih Olahraga Ketimbang Belajar Seni © KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya
Sepertinya anak-anak dari Irfan Hakim tak mengikuti jejak dirinya. Terlebih pada anak pertamanya Aisha Maydina Hakim. Berbeda dengan sang ayah, Aisha lebih tertarik mendalami bidang olahraga.

Olahraga yang digeluti Aisha pun tak main-main. Ia suka dengan olahraga bela diri, lebih tepatnya pencak silat. Padahal dari kecil Irfan sudah mengarahkan sang anak untuk belajar seni, namun kenyataan pun berkata lain.

"Sebetulnya dari kecil, dari awal mereka gue arahin ke seni. Kayak kursus piano, vokal, gambar, tapi mereka lebih excited, lebih awet, khususnya di bidang olahraga. Nah kalau pencak silat, selain jadi ekstrakulikuler di sekolah, gue juga datangin guru privat ke rumah. Jadi seminggu sekali ada latihan silat juga di rumah malam-malam," ungkap Irfan Hakim.

3 dari 3 halaman

3. Torehkan Prestasi Dari Pencak Silat

Bahkan Aisha telah menorehkan prestasi dalam pencak silat. Ia memenangkan beberapa pertandingan, hingga mendapat medali emas. Tentu saja hal ini membuat Irfan bangga.

"Ya, tadi gue sudah bilang bahwa Aisha sempat mendapatkan medali emas, sempat menjadi atlet cilik terbaik se-Indonesia," ucap pria kelahiran Bandung ini.

Tak hanya itu saja, melihat ketertarikan Aisha pada pencak silat membuat adik-adiknya mengikuti. Irfan pun tak mempermasalahkan karena ia memberikan kebebasan pada minat anak.

"Aisha kan anak nomor satu, jadi adik-adiknya ngikutin. Si kembar itu lagi kita pupuk untuk kelas ganda. Jadi mumpung kembar jadi lucu ada kelas solo dan ada yang ganda. Kalau Jalu sih masih ngikut-ngikutin saja apa pun. Berbagai macam sih, memanah juga, berkuda juga, apapun," tandas Irfan.

(kpl/far/gen)


Reporter:  

Fikri Alfi Rosyadi

↑