Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Amanda Beri Pendidikan 'Gratis' Bahasa Inggris Untuk Anak Kurang Mampu

Kamis, 24 Maret 2022 16:13 WIB
Amanda Beri Pendidikan 'Gratis' Bahasa Inggris Untuk Anak Kurang Mampu
Amanda beri pendidikan gratis (credit: Dokumentasi Pribadi)

Kapanlagi.com - International Women's Day yang diperingati di seluruh dunia tiap 8 Maret, di tahun 2022 ini mengusung 'gender equality today for a sustainable tomorrow' atau kesetaraan gender hari ini untuk masa depan berkelanjutan.

Makna Hari Perempuan dapat dimaknai bentuk seruan dalam melawan adanya ketidaksetaraan atau pandangan timpang mengenai kaum perempuan.

Now that you are AWAKE, it's time for you to wake right now!

Awake

1. Kesempatan yang Sangat Berharga

Peringatan juga bukan serta merta sekedar berkampanye terkait pentingnya kehidupan yang ramah bagi kaum perempuan. Hari Perempuan Sedunia 2022 juga dapat dijadikan sebagai simbol perayaan bagi kaum wanita yang sudah berani mengambil pilihan sekaligus tantangan dalam hidupnya.

Namun Women's Day bagi finalis Gadis Sampul 2019, Endrinayla Rafa Amanda adalah satu kesempatan yang sangat berharga bagi kaum perempuan untuk bisa mengekspresikan diri sendiri dan harus mulai berani Speak Up! di depan umum.

2. Sampaikan Hak-hak Perempuan

Katanya, sehingga kaum perempuan di era globalisasi modern ini mau dan bisa menyampaikan hak-hak perempuan yang mungkin tidak pernah terdengar.

"Momen Women's Day mempunyai kesempatan untuk menyuarakan hak-hak dan sama-sama mau mengembangkan visi misi sebagai perempuan Indonesia. Misalkan kita buat suatu gerakan seperti kampanye secara bersama-sama agar bisa membantu dan mendukung perempuan lainnya untuk mendapatkan hak-hak yang sama," ujar Amanda, di kawasan Dharmawangsa, Jakarta, baru-baru ini.

3. Hari Sebenarnya yang Harus Diselebrasikan

Amanda yang masih duduk sebagai mahasiswi Universitas Indonesia jurusan Psikologi menambahkan, peringatan Perempuan Internasional juga merupakan hari sebenarnya yang harus diselebrasikan.

Bintang iklan Mcd (2019) dan minuman Vit (2020) dan bintang Unstockholm Short Film (2020), Participant at International Olympiad of Science 2020 dan Juara 2nd Winner Radio Announcer by 107.3 FM STAR Radio 2019 ini pun mengingatkan bahwa sebenarnya banyak sekali perempuan yang sudah tertolong di hari Women's Day.

"Selebrasi Women's Day tahun ini, saya ingin makin banyak perempuan yang akan lebih percaya diri, menjadi diri sendiri dengan kemampuan masing-masing, bisa mendapatkan kesempatan yang sama dengan kaum pria. Mari kita sebagai perempuan berani "Speak Up"! lalu kiprahnya bisa membantu orang lain," tambahnya.

4. Sudah Terliba dalam Organisasi Sosial

Kesukaannya berbicara di depan umum membuat Amanda juga aktif sebagai MC, moderator dan pembicara di acara-acara anak muda yang membahas seputar komunikasi, pendidikan dan kesehatan mental remaja, untuk saling support di kalangan anak muda.

Amanda yang masih berusia 19 tahun, sebenarnya sudah banyak terlibat di organisasi sosial, salah satunya di Generaction Project, organisasi non profit yang berfokus kepada pendidikan bahasa inggris untuk anak-anak kurang mampu di Indonesia.

5. Senang Pidato

Gambar

Wanita yang senang pidato dalam bahasa Inggris ini mengajarkan anak-anak yang kurang mampu dengan memberikan pelajaran gratis bahasa Inggris. Aksi sosial ini berawal dari Amanda yang melihat ternyata banyak anak-anak yang tertarik untuk belajar bahasa Inggris, tapi terkendala sumber, fasilitas atau akses belajar bahasa Inggris yang masih terbatas di jaman yang semakin moderen. Anak-anak malah lebih asyik dan habis waktunya bermain gadget. Apalagi di tengah kondisi pandemi covid-19 yang hingga kini belum mereda.

"Jadi organisasi saya juga berusaha menggumpulkan relawan-relawan anak muda yang mempunyai minat belajar bahasa Inggris, lalu mau mengajarkan kembali untuk anak-anak yang membutuhkan seperti di panti asuhan atau di desa-desa yang di luar sana yang mungkin akses pendidikannya terbatas. Semoga di Women's Day ini juga menjadi momen baik bagi siapapun yang mau berbuat baik dan bermanfaat untuk masyarakat khususnya anak-anak dan kaum perempuan," harap Amanda.

6. Sebagai Founder dan Eksekutif Direktur

Untuk diketahui, Generaction Project didirikan oleh Amanda sejak dua tahun lalu, ia duduk sebagai Founder dan Eksekutif Direktur yang fokus berkegiatan mengajar bahasa Inggris pada anak-anak yang kurang mampu secara ekonomi, dan untuk kategori kelas 1 SD - 3 SD dan kelas 4 SD - 6 SD.