'AMBU' dan 'KUCUMBU TUBUH INDAHKU' Gondol Piala di Asia-Pacific Film Festival Ke-59

Gogor Subyakto   | Kamis, 16 Januari 2020 20:08 WIB
'AMBU' dan 'KUCUMBU TUBUH INDAHKU' Gondol Piala di Asia-Pacific Film Festival Ke-59

Kapanlagi.com - Ajang penghargaan Asia-Pacific Film Festival baru saja digelar di Macau pada 8 Januari kemarin. Indonesia patut berbangga karena dua judul yang masuk nominasi berhasil membawa pulang kemenangan.

Piala pertama diraih oleh film KUCUMBU TUBUH INDAHKU yang mendapatkan Best Original Screenplay. Disusul film AMBU yang membawa aktris senior Widyawati meraih Best Supporting Actress.

 

1 dari 2 halaman

1. Bersyukur Dapat Apresiasi

Bersyukur Dapat Apresiasi © KapanLagi.com/Adi Abbas Nugroho
Mendapatkan penghargaan atas profesinya pada ajang perfilman bergengsi membuat Widyawati bersyukur. Terlebih ia telah memulai karir sebagai aktris sejak usia belasan hingga kini menginjak angka 69 tahun.

"Siapapun yang mendapatkan penghargaan pasti akan bersyukur, begitu juga saya. Ini adalah kemenangan untuk kita semua," kata Widyawati ditemui saat penyerahan piala kemenangan di Gedung Sinematek, kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (16/1/2020).

2 dari 2 halaman

2. Garin Nugroho Tak Hadir

Dalam penyerahan piala, Garin Nugroho selaku sutradara dan penulis skenario KUCUMBU TUBUH INDAHKU nampak tidak hadir untuk menerima penghargaan. Ia diwakilkan oleh Teuku Rifnu Wikana selaku pemain dan Mondo Gascaro selaku pengisi soundtrack.

"Saya mewakili Mas Garin dan Mas Ifa Isfansyah meminta maaf karena tidak bisa hadir. Tapi ada salam dari mereka berdua. Yang jelas karya ini dan apapun yang dikerjakan Mas Garin dari sudut pandang yang ingin menggambarkan perjalanan manusia," ucap Teuku Rifnu.

Ia melanjutkan, "Yang ingin disajikan pada rakyat Indonesia adalah sejarah tari Lengger yang hari ini masih tersisa. Ada metafor yang bisa kita tangkap, bukan apa yang dijadikan tanda kutip selama ini. Bahwa film adalah film, menjadi sesuatu yang bermakna bagi penonton begitu keluar dari bioskop," pungkasnya.

(kpl/abs/ssm)


Reporter:  

Adi Abbas Nugroho

↑