Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Ammar Zoni Hingga Ricky Harun Giat Kampanyekan Olahraga Jadi Budaya

Jum'at, 03 Desember 2021 14:00 WIB
Ammar Zoni Hingga Ricky Harun Giat Kampanyekan Olahraga Jadi Budaya
Ammar Zoni Hingga Ricky Harun Kampanyekan Olahraga © instagram.com/ammarzoni/rickyharun

Kapanlagi.com - Olahraga nggak hanya menyehatkan, tapi juga bisa jadi sarana efektif untuk membentuk karakter bangsa. Oleh karena itu, beberapa selebritis ternama seperti Ammar Zoni dan Ricky Harun terus menggelorakan semangat berolahraga kepada masyarakat agar bisa membudaya.

Apa yang mereka lakukan demi ikut menyukseskan program Pemerintah yang termaktub dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

Dalam praktiknya, DBON bukan hanya sekadar cara Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) untuk mencetak atlet berprestasi. Lebih dari itu, Kemenpora ingin masyarakat juga turut aktif dengan terbiasa berolahraga dan mencetak juara.

1. Kontribusi Masyarakat Untuk Industri Olahraga

Gambar

Ammar Zoni yang ikut berkontribusi dengan mendukung program ini juga berharap olahraga di Indonesia semakin bersinar di kemudian hari.

"Senang sekali akhirnya ada acara Desain Besar Olahraga Nasional yang menjadi acuan agar industri olahraga kita semakin cemerlang. Partisipasi kita sebagai masyarakat dalam melakukan olahraga adalah kontribusi yang sangat besar dalam mengembangkan industri olahraga," kata Ammar Zoni.

2. Ingin Olahraga Jadi Budaya

Gambar

Hal senada juga dikatakan Ricky Harun. Pria 34 tahun itu percaya, Indonesia bisa mencetak atlet berprestasi, bila olahraga sudah menjadi budaya.

"Kita pantas berbangga kalau kita sekarang mempunyai #DBONCetakJuara (Desain Besar Olahraga Nasional) yang di dalamnya ada strategi tepat untuk membangun sebuah ekosistem olahraga yang modern untuk masa depan prestasi olahraga kita di kancah dunia,” tulis Ricky lewat akun Instagram pribadinya.

"Bayangkan, Indonesia akan menjadi pabrik atlet berprestasi dunia yang dapat mengharumkan nama bangsa. Untuk itu, partisipasi kita untuk berolahraga juga merupakan kontribusi untuk kemajuan industri olahraga kita," lanjutnya.

3. Apa Sih DBON Itu?

Gambar

Perlu diketahui, DBON adalah dokumen rencana induk yang berisikan arah kebijakan pembinaan dan pengembangan keolahragaan nasional yang dilakukan secara efektif, efisien, unggul, terukur, sistematis, akuntabel, dan berkelanjutan dalam lingkup olahraga rekreasi, olahraga prestasi, dan industri olahraga.

Di dalam DBON terkandung beberapa target jangka panjang, di antaranya menciptakan masyarakat bugar dengan aktif berolahraga. DBON juga memiliki target prestasi di ajang internasional seperti Olimpiade dan Paralimpiade.