Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Anak Ridwan Kamil Belum Ditemukan, Pencarian Hari Ketiga Dilakukan Lebih Intensif

Sabtu, 28 Mei 2022 17:17 WIB
Anak Ridwan Kamil Belum Ditemukan, Pencarian Hari Ketiga Dilakukan Lebih Intensif
pencarian intensif Emmeril Kahn Mumtadz anak Ridwan Kamil © instagram/ataliapr

Kapanlagi.com - Duta Besar Indonesia untuk Swiss, Muliaman D Hadad, mengatakan Tim SAR Swiss akan memprioritaskan pencarian putra Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril yang hilang di Sungai Aaree, Swiss sejak Kamis (26/5/2022).

Untuk pencarian di hari ketiga, menurut Muliaman tim SAR akan melakukan pencarian Eril dengan lebih intensif.

"Hari ini sabtu 28 mei 2022 tim SAR yang terdiri dari polisi Sungai, medis, dan pemadam kebakaran, akan kembali melakukan pencarian Eril. Metode pencarian hari ini lebih intensif, yakni dengan perahu juga menggunakan drone, juga melakukan penyelaman jika air tidak keruh," kata Muliaman dalam jumpa pers virtual, Sabtu (28/5/2022).

1. Pencarian Tanpa Batas Waktu

Gambar

Muliaman menyatakan tidak ada batas waktu dalam pencarian Eril yang hilang di Sungai Aare sejak Kamis (26/5/2022).

"Sebetulnya tidak ada batas waktu pencarian ini akan dihentikan. Karena kemarin kami bertemu dengan tim SAR jawaban polisi Sungai adalah tugas kami setiap saat memantau dan menjaga sungai. Mereka tidak mengatakan dalam beberapa hari tidak ditemukan pencarian akan dihentikan," tutur Muliaman.

2. Memantau Situasi

Oleh sebab itu, Muliaman memastikan pencarian Eril akan dilakukan setiap hari.

"Pencarian akan terus dilakukan setiap hari karena itu bagian tugas mereka sehari-hari memantau situasi dari setiap bagian sungai," lanjutnya.

3. Waktu Kritikal

Masih kata Muliaman, berdasar informasi yang didapatnya, ada waktu kritikal dalam pencarian orang hilang di sungai tersebut. Biasanya, korban ditemukan pada hari ketiga.

"Tapi mayoritas mengacu kejadian serupa pada tahun-tahun sebelumnya 99,9 persen ditemukan dalam tiga minggu. Jadi itu menurut mereka dari pengalaman mereka puluhan tahun menjaga sungai ini," kata Muliaman yang mendapat data per tahun kejadian serupa mencapai kira kira 15 sampai 20 kasus.

4. Dapat Bantuan Masyarakat

Meski begitu, Muliaman berharap Eril cepat ditemukan. Menurutnya, pencarian di hari ketiga ini tim SAR akan banyak dibantu masyarakat.

"Saat libur Sabtu-Minggu hampir semua orang terjun ke sungai sehingga petugas SAR bisa terbantu dengan kehadiran orang- orang di Sungai. Semoga Sabtu- Minggu ini ada perkembangan baik," tuturnya.

5. Keluarga Tabah dan Sabar

Elpi memastikan Ridwan Kamil dan sang istri Atalia Kamil, juga keluarganya yang saat ini berada di Swiss, tabah dalam menghadapi ujian ini.

"Beliau (Ridwan Kamil) sekeluarga terpantau sehat, tabah dan sabar menjalani ujian ini," pungkasnya.