Anak Tunjukkan Tanda Autisme, Dian Sastro Kesulitan Bonding Batin

Guntur Merdekawan | Sabtu, 24 Agustus 2019 11:35 WIB
Anak Tunjukkan Tanda Autisme, Dian Sastro Kesulitan Bonding Batin

Kapanlagi.com - Sebuah fakta mengejutkan diungkap oleh Dian Sastrowardoyo. Bintang film ADA APA DENGAN CINTA itu blak-blakan mengaku tentang kondisi anak sulungnya yang sempat menunjukkan tanda-tanda sebagai pengidap autisme di masa lalu. Padahal selama ini, Dian dikenal begitu tertutup mengenai kehidupan keluarganya.

Kisah itu dibagikan wanita berusia 37 tahun ini saat menghadiri Press Conference SPEKIX (Special Kids Expo). Dari 7 tanda-tanda anak pengidap autisme, Shailendra Naryama Sastraguna putra Dian memiliki setidaknya 3.

"Dari 7 tanda itu ada ciri dalam anak saya. Hal ini terjadi di anak pertama saya, anak laki-laki. Anak saya itu nggak punya ketertarikan untuk main sama anak lain, mungkin dia emang ansos karena bapaknya juga nggak terlalu banyak temennya. Yang kedua, kadang kalau dia mau nunjukin sesuatu, saya ditarik tangannya, terus dipegangin ke apa yang dia mau tunjukin. Hal-hal kecil lainnya kan kalau ulang tahun, kita kan tiup lilin, dia nggak bisa sampe umur 2 tahun. Kita latihan berkali-kali supaya dia nggak malu-maluin pas lagi tiup lilin," ungkap Dian saat ditemui di JCC, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (23/8).

1 dari 2 halaman

1. Hindari Kontak Mata

Dian Sastrowardoyo © KapanLagi/Budy santoso
Tak cuma sampai situ saja, Dian juga menceritakan mengenai perilaku tak biasa lain dari putranya. Bahkan, istri dari Maulana Indraguna Sutowo itu sampai punya pikiran negatif jika dirinya adalah orangtua yang boring dan tak bisa menghibur anak.

"Terus, dia jarang ada kontak mata. Saya pikir apa karena saya orangnya boring? Apa dia lebih seru menjalani apa yang dia lakukan? Terus terang sebagai ortu kita juga merindukan kondisi batin bonding. Di film tuh ortu bisa lihat-lihatan sama anak, itu nggak bisa terjadi sama anak saya sampai umur 4 tahun," sambung Dian.

2 dari 2 halaman

2. Tak Percaya Kata Dokter

Dian Sastrowardoyo © KapanLagi/Budy santoso
Setelah mendengar saran dari orang terdekat, Dian memberanikan diri untuk memeriksakan Shailendra ke dokter. Sulit menerima kenyataan, Dian sampai menemui 3 dokter berbeda guna memastikan kebenaran tanda-tanda autisme yang dimiliki putranya.

"Saya cukup beruntung karena di keluarga saya ada yang memberikan rekomendasi, 'Mbak, mendingan cek deh, ini ada 7 ciri khusus yang kalau ada 3 atau 2 aja udah sah kita bawa ke dokter untuk melakukan scanning yang lebih mumpuni, apakah anak saya perlu diberikan intervensi atau nggak', akhirnya kita bawa ke dokter tumbuh kembang dan bawa ke psikolog. Opini satu dokter doang nggak percaya, masih denial, setelah cek ke-3 dokter, ternyata bener itu anak saya baru umurnya 8 bulan," tutup Dian.

(kpl/apt/gtr)


↑