Andrea Hirata Punya Bukti Kuat Untuk Roxana

Noviana Indah TW | 29 November 2008, 09:02 WIB
Kapanlagi.com - Memang benar jika semakin besar pohon semakin kencang angin yang menerpa. Itu juga yang dirasakan oleh Andrea Hirata, penulis novel laris LASKAR PELANGI. Saat dirinya berada di puncak popularitas, cobaan pun datang menerpanya. Andrea dituduh memalsukan status lajangnya oleh seorang wanita yang mengaku menjadi mantan istrinya.

Wanita bernama Roxana itu sendiri telah mengajukan PK (Peninjauan Kembali) atas pembatalan pernikahan yang dilakukan oleh Andrea di Pengadilan Agama Surabaya pada tahun 2000 silam.

Mengenai hal tersebut, Andrea yang ditemui di acara peluncuran novel keempat LASKAR PELANGI, MARYAMAH KARPOV, di MP Bookpoint, Jalan Puri Mutiara Raya No 27, Cipete, Jakarta Selatan, Jumat (28/11) malam kemarin, memberikan komentarnya atas PK mantan istrinya tersebut.

"Gugatan pembatalan saya ajukan di Pengadilan Surabaya karena saya menghormati institusi perkawinan. Pembatalan perkawinan saya itu setelah diputuskan Pengadilan Agama hampir sejak 9 tahun yang lalu. Dan saya sendiri nggak paham kenapa sekarang diungkit-ungkit lagi. Sebagai warga negara, saya yang telah mengecap keputusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap percaya pada kewibawaan dan kepastian hukum di Indonesia," ungkapnya.

Latar belakang pembatalan pernikahan itu sendiri adalah karena Andrea menemukan bukti bahwa ternyata Roxana masih memiliki ikatan pernikahan dengan orang lain saat menikah dengan dirinya tanggal 5 Juli 1998 silam.

Helen Nainggolan, SH, kuasa hukum Andrea, juga menuturkan bahwa kliennya memiliki bukti-bukti kuat mengenai kasus tersebut sehingga Andrea tidak akan takut menghadapi apa pun yang dibeberkan oleh Roxana.   (kpl/buj/npy)

Editor:  

Noviana Indah TW