Avip Priatna: Susah Kalau Andalkan Pemerintah

Ahmat Effendi | 19 November 2011, 08:01 WIB
Avip Priatna: Susah Kalau Andalkan Pemerintah
Kapanlagi.com - Perkembangan musik klasik menjadi konsen tersendiri bagi konduktor Avip Priatna. Menurutnya untuk mengembangkan musik klasik susah jika mengandalkan dan mengharap pemerintah mau membuat sekolah musik yang berkualitas.

"Ya susah kalo mengandalkan pemerintah. Harus gandeng swasta untuk mensupport dan itu memang kayak gitu. Makanya kenapa disebut musik elit karena memang jika mau sampe mengerti harus belajar," ucap Avip Priatna ditemui di jalan Daksa 5 No 4 Jakarta Selatan, Selasa (15/11) sore.

Perbedaan cukup besar antara musik klasik dan musik pop terlihat dari bagaimana kita tetap bisa menikmati pop meski tanpa belajar. "Kalo pop gak belajar bisa enjoy. Jadi perlu waktu untuk masyarakat tahu tentang musik klasik. Juga tergantung pemimpin. Kalo gak suka ya udah. Tengok Ali Sadikin yang punya wawasan musik klasik dan tahu jika itu salah satu aspek untuk dihormati," katanya.

Lalu bagaimana pandangan pria ini mengenai perkembangan orchestra di Indonesia di masa yang akan datang? Menurut Avip untuk SDM musisi yang terjun di orchestra perlu banyak tambahan lagi.

"Saya lihat dari kualitas makin bagus tapi dari SDM, musisi-nya masih kurang. Sebab sekarang sudah jadi tren kalo musik dimasukkan orchestra. Sementara musisinya masih kurang. Untuk mencetak musisi handal masih kurang pula karena sekolahnya juga kurang," tandasnya.  (kpl/dis/sjw)

Editor:  

Ahmat Effendi