Ayu Azhari Kenalkan Tarian Khas Suku Dayak ke Warga London

Guntur Merdekawan | Sabtu, 21 September 2019 21:27 WIB
Ayu Azhari Kenalkan Tarian Khas Suku Dayak ke Warga London

Kapanlagi.com - Artis senior Ayu Azhari dalam beberapa tahun terakhir memang sudah begitu jarang terlihat di layar kaca. Wanita yang usianya hampir menginjak setengah abad itu hingga kini tengah punya kesibukan lain, yakni mempromosikan budaya Indonesia ke mata dunia.

Yang terbaru, Ayu tampil di Indonesia Weekend yang digelar di Potters Fields Park London. Acara yang didukung oleh Telkom Indonesia ini digelar selama 2 hari berturut-turut, yakni 7 dan 8 September lalu. Pada kesempatan itu, istri dari Mike Tramp ini membawakan beberapa lagu dangdut di atas panggung. 

"Dua hari yang menyenangkan, menghibur masyarakat Indonesia dan orang Inggris. Saya mengajak mereka berdendang dengan lagu dan musik tradisional Indonesia. Ternyata orang Inggris cukup mengenal musik dangdut sehingga ikut bergoyang. Bagi saya itu sambutan yang luar biasa," kenang Ayu.

 

 

 

1 dari 3 halaman

1. Putra Ayu Azhari Turut Tampil

Putra Ayu Azhari Turut Tampil Ayu Azhari dan Sean Azhari tampil di Indonesia Weekend / Credit: Dokumentasi Pribadi
Putra dari Ayu Azhari, Sean Azhari rupanya juga turut tampil di atas pangung. Berbeda dari sang ibunda, cowok ganteng yang kini sudah tumbuh besar itu menyanyikan lagu-lagu rap modern untuk menghibur para penonton.

"Saya ganti pakaian bisa 3 atau 4 menit. Supaya panggung tidak kosong, Sean mengantikan. Dia ngerap, suasana jadi heboh," sambung wanita berusia 49 tahun ini.

2 dari 3 halaman

2. Ayu Kenalkan Tari Enggang

Ayu Kenalkan Tari Enggang Ayu Azhari / Credit: Dokumentasi Pribadi
Tak cuma nyanyi, Ayu juga mengenalkan tarian Burung Enggang, yang merupakan tarian khas dari Kalimantan Timur. Ayu tampil lengkap dengan busana khas dayak diiringi musik etnik. Sebelum menari, Ayu tak lupa menjelaska arti tari Enggang pada pengunjung.

"Selama menari 4 menit penonton hening, mereka menarik napas terkesima dengan keindahan dan terbuai mendengar musik etnik Kalimantan. Saya gembira sekali," kenangnya lebih jauh.

"Ada yang melempar koin di panggung. Dia bilang itu koin keberuntungan. Cukup banyak, saya hanya ambil satu untuk disimpan. Mereka takjub dengan tarian etnik," tambah anak tertua dalam keluarga Azhari itu.

3 dari 3 halaman

3. Promosikan Kuliner Indonesia

Promosikan Kuliner Indonesia Ayu Azhari / Credit: Dokumentasi Pribadi
Selain mencari hiburan, para pengunjung juga berkesempatan mencicipi makanan Indonesia. Semua makanan Indonesia dipromosikan, mereka suka. Umumnya orang yang datang sudah pernah berkunjung ke Indonesia. Mereka mengaku kangen makanan yang sedap dengan aroma rempah rempah yang menyehatkan.

"Ada soto ayam, soto padang, soto makassar, dan banyak lagi macam dan rasa. Gado-gado makanan seksi dan romantis dengan berbagai rasa; Pedas, asin, dan manis. Rendang apalagi, mereka bilang renyah dalam satu gigitan," ujar Ayu saat menyapa penonton yang memenuhi panggung Wonderful Indonesia.

Menurut Ayu, restoran Indonesia di Inggris masih begitu minim. Padahal, banyak sekali warga di sana yang begitu suka akan kuliner Indonesia. "Kementerian Parawisata mungkin perlu lebh banyak melakukan promosi, restoran Indonesia berpotensi untuk berkembang," saran Ayu.

(kpl/far/gtr)


Reporter:  

Fikri Alfi Rosyadi

↑