Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Bagai Kacang Lupa Kulit, Razman Arif Sebut Richard Lee Berhutang Rp 15 Miliar Padanya

Sabtu, 22 Januari 2022 18:13 WIB
Bagai Kacang Lupa Kulit, Razman Arif Sebut Richard Lee Berhutang Rp 15 Miliar Padanya
Richard Lee berhutang 15 Miliar ke Razman Arif (credit: instagram.com @dr.richard_lee)

Kapanlagi.com - Setelah penangguhan penahanan Kliennya dikabulkan, Razman Arif Nasution selaku kuasa hukum Richard Lee dibuat kecewa. Pasalnya, Razman menduga bahwa Richard Lee memutuskan hubungan kerja sama sebagai kuasa hukum secara sepihak.

Saat ditemui di kawasan Jagakarsa, Jakarta Selatan, Sabtu (22/1) Razman mengaku sebenarnya dia tak mempermasalahkan. Cuma, sebelum hal itu terjadi, ia ingin Richard Lee menuntaskan kewajiban kepada dirinya terlebih dahulu.

"Saya sudah bilang selesaikan kewajiban biar kita mantapkan kerja sama ini putus. Jangan jadi kacang lupa kulitnya Richard, jangan coba-coba memainkan saya. Yang penting harkat martabat saya lebih saya kedepankan," ungkap Razman.

1. Ada Delapan Surat Kuasa

"Sebelum selesai kewajibannya jangan ada pegang kuasa hukumnya. Selesaikan dulu," tambahnya.

Razman mengatakan ada delapan surat kuasa yang mana masing-masingnya bernilai Rp 1 Miliar. Razman pun menegaskan bahwa ia tak akan melepaskan Richard Lee sebelum menyelesaikan semua urusan.

"Ada delapan kuasa, masing-masing Rp 1 Miliar, kewajiban hukumnya 12 tahun dikali sekian juta. Selesai urusan mu dengan saya, selagi belum selesai saya akan kejar kau Richard," ujarnya.

2. Sebut Tanggung Jawab Richard Lee

Selain itu, Razman pun blak-blakam menyebut tanggung jawab Richard Lee pada dirinya senilai Rp 15-20 Miliar.

"Terkait delapan surat kuasa itu belum ada pembayaran, itu yang harus diselesaikan karena katanya cabut kuasa, disitu ada denda yang disampaikan ada kuhpnya selesaikan dong. Kasus karput, ilegal akses dan kasus di Surabaya. Ada delapan kuas. Total semua Rp 15-20 Miliar," pungkasnya.

3. Ditahan Terkait Kasus Dugaan Akses Ilegal

Sebelumnya, Dokter kecantikan Richard Lee telah ditahan Ditreskrimum Polda Metro Jaya terkait kasus dugaan akses ilegal dan penghilangan barang bukti pada Senin (27/12). Hal itu setelah berkas perkara dinyatakan lengkap sehingga tersangka serta barang bukti segera dilimpahkan dari kepolisian ke kejaksaan.

Kasus dugaan illegal access dan penghilangan barang bukti ini berbeda dengan laporan dugaan pencemaran nama baik yang dilayangkan artis Kartika Putri kepada Richard Lee pada Desember 2020. Berdasarkan hasil penyelidikan kepolisian, Richard Lee diduga mengakses akun Instagram serta menghilangkan barang bukti yang telah disita dan dijadikan barang bukti atas laporan Kartika Putri.

4. Tidak Ditahan

Pada Agustus 2021 Richard Lee ditangkap atas kasus tersebut, namun ketika itu, ia tidak ditahan. Empat bulan kemudian, tepatnya akhir Desember ini, polisi lalu melakukan penahanan terhadap Richard Lee terkait kasus yang sama.

5. Apa Kata Kuasa Hukum?

Oleh karena itu, melalui kuasa hukumnya, Razman Nasution memberikan pembelaan atas penahanannya terkait kasus tersebut. Ia mengklaim, bahwa kliennya itu tidak tahu bahwa unggahan yang diunggah ke Facebook bakal dibagikan juga ke akun Instagram miliknya.

"Awal Agustus 2021, bahwa katanya, dia coba posting. Tapi, kemudian ter-posting sendiri, ter-upload sendiri dari Facebook ke Instagram," ungkap Razman saat ditemui di Polda Metro Jaya, Selasa (28/12).

"Dalam konteks pemikiran dokter Richard yang tidak mengerti hukum, bahwa yang sudah disita, idealnya tidak bisa dibobol," lanjutnya.