Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Baim Wong Ungkap Tak Berniat Prank dan Rendahkan Institusi Kepolisian, Justru Ingin Mengedukasi Publik

Jum'at, 07 Oktober 2022 22:15 WIB
Baim Wong Ungkap Tak Berniat Prank dan Rendahkan Institusi Kepolisian, Justru Ingin Mengedukasi Publik
Baim Wong ©KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya

Kapanlagi.com - Jumat (7/10) hari ini, Baim Wong dan Paula Verhoeven menjalani pemeriksaan di Polres Metro Jakarta Selatan buntut laporan organisasi sahabat polisi. Didampingi Pieter Ell selaku kuasa hukum, pasangan tersebut diperiksa selama kurang lebih tiga jam.

Usai pemeriksaan, Baim dan Paula menjelaskan bila tidak berniat sama sekali untuk mempermainkan polisi. Ia hanya ingin mengetahui seperti apa reaksi mereka bila Paula mengadukan adanya KDRT.

"Saya sebenarnya tidak ada niat untuk menjelekkan, tidak menghargai, apalagi merendahkan institusi kepolisan. Yang sebenarnya malah kebalikannya. Kenapa saya lakukan itu, karena ingin tahu reaksi kepolisian seperti apa ketika memang Paula melaporkan konteks yang kita pun salah kenapa memakai konteks itu," kata Baim di Polres Metro Jakarta Selatan.

Now that you are AWAKE, it's time for you to wake right now!

Awake

1. Berniat Mengedukasi Publik

Gambar

Setelah Paula Verhoeven mengadu, reaksi pihak kepolisian ternyata sangat baik karena berniat mendamaikan. Sikap positif itu yang sejatinya ingin ditunjukkan oleh Baim Wong.

"Jawaban polisinya itu sangat bagus. Dia tidak menjadikan itu adalah bahan viral ketika Paula ada pengaduan. Malah dia bilang, lebih baik mendamaikan, takut menjadi viral. Karena positif jawabannya, saya mau mengedukasi supaya masyarakat melihat ini loh kepolisian seharusnya seperti ini. Ini saya beneran demi Allah. Saya nggak melebihkan, nggak mengurangkan. Nggak karena adanya ini, saya jadi jawabannya begini. Memang seperti kelihatannya, mau mengedukasi," tegas Baim.

2. Waktu Kurang Tepat

Menanggapi maksud mengedukasi yang malah dikira prank, Baim Wong menegaskan tidak ada niatan seperti itu. Karena ia dan polisi di Polsek Kebayoran Lama sudah saling mengenal.

"Kalau mau dibilang prank, itu negatif ya. Lebih ke arah, saya itu udah kenal dengan (orang) polseknya. Lebih ke arah menghibur. Karena ketika saya ke sana pun, mereka sudah kenal dengan saya. Ini spontanitas juga, tidak ada niat sama sekali. Tapi kembali setelah saya nonton lagi, timing-nya kurang tepat. Saya pun minta maaf bila tidak terhibur dengan konten saya. Setelah melihat, iya ya saya salah," tutur bapak dua orang anak ini.

Karena konten prank KDRT itu, sejauh ini Baim Wong dan Paula Verhoeven telah dilaporkan oleh tiga pihak. Pertama adalah organisasi sahabat polisi dan pria berinisial ARH di Polres Metro Jakarta Selatan. Lalu laporkan ketiga datang dari pria bernama Prabowo Febriyanto di Polda Metro Jaya.