Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Banding Ditolak, Gaga Muhammad Ajukan Kasasi ke Mahkamah Agung

Selasa, 17 Mei 2022 13:23 WIB
Banding Ditolak, Gaga Muhammad Ajukan Kasasi ke Mahkamah Agung
Gaga Muhammad ajukan kasasi (credit: Kapanlagi.com/Bayu Herdianto)

Kapanlagi.com - Kuasa hukum Gaung Sabda Muhammad atau lebih dikenal Gaga Muhammad, Fahmi Bachmid mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung melalui Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Selasa (17/52/2022). Hal ini dilakukan lantaran banding yang dilakukan oleh Gaga Muhammad ditolak Majelis Hakim Pengadilan Tinggi (PT) DKI Jakarta.

"Saya hari ini dimintain sama kang Asep (ayah Gaga Muhammad) bahwa hari ini kalo bisa kita ajukan pernyataan kasasi, sesuai dengan KUHP bahwa hak seseorang untuk mengajukan upaya hukum. Itu diberikan jadi semua terdakwa, berhak mengajukan banding, kalo tidak sependapat bisa mengajukan kasasi," kata Fahmi Bachmid di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (17/5/2022).

1. Segera Berikan Memori Kasasi

Gambar

Fahmi Bachmid mengatakan bahwa, pihaknya akan sesegera mungkin untuk memberikan memori kasasi dalam waktu yang sudah ditentukan, dan paling lambat dua pekan ke depan.

"Saya diberi waktu oleh hukum oleh KUHP untuk menyerahkan memori kasasi, memori kasasi paling lambat 14 hari, tapi saya akan menyerahkan dalam waktu 7 hari ke depan insyallah Minggu depan sudah saya serahkan," katanya.

2. Upaya Terakhir Pihak Gaga

Fahmi menyampaikan, ini menjadi langkah terakhir Gaga Muhammad untuk mencari keadilan. Apalagi, permohonan kasasi ini sudah berdasarkan persetujuan keluarga Gaga Muhammad, yakni ayahnya Asep Yusman.

"Ini akan mencari keadilan melalui peradilan yang tertinggi di Mahkamah Agung, ayahnya Gaga, termasuk Gaga menyerahkan kepada saya sepenuhnya dan hari ini. Saya telah menyatakan kasasinya seperti itu. Saya serahkan minggu depan saya serahkan memori kasasi," kata Fahmi.

"Setelah memori kasasi nanti Jaksa akan menanggapi namanya kontra, barulah berkas dikirim ke Mahkamah Agung setelah itu MA yg akan memutus, karena puncak daripada proses peradilan itu di MA. Para pencari keadilan bisa menggunakan hak sesuai KUHP untuk mengajukan banding dan mengajukan kasasi," tutup Fahmi

3. Divonis 4,5 Tahun

Seperti diberitakan sebelumnya, Majelis Hakim PN Jakarta Timur menjatuhkan vonis 4,5 tahun penjara dan denda Rp 10 juta terhadap Gaga Muhammad. Sebab, Gaga Muhammad dinyatakan terbukti bersalah dan lalai dalam mengemudi.

Namun, pihak Gaga Muhammad langsung mengajukan banding dengan memori setebal 44 halaman. Tak hanya itu, Ibunda Gaga Muhammad juga menyertakan bukti transfer uang kepada keluarga Laura Anna. Diketahui, kasus ini berawal dari laporan Laura Anna atas kecelakaan yang dialaminya bersama Gaga Muhammad pada 8 Desember 2019.