Baru Dilantik Jadi Anggota DPR RI, Mulan Jameela Sudah Kena Sentil KPK

Wulan Noviarina Anggraini | Jum'at, 18 Oktober 2019 12:38 WIB
Baru Dilantik Jadi Anggota DPR RI, Mulan Jameela Sudah Kena Sentil KPK

Kapanlagi.com - Karir Mulan Jameela di Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia baru berusia seumur jagung. Namun wakil raykat dari Partai Gerindra ini sudah beberapa kali jadi sorotan publik.

Setelah riwayat pendidikan dan jumlah kekayaannya dipertanyakan lantaran belum dilaporkan. Sekarang Mulan kembali jadi pusat perhatian usai Komisi Pemberantasan Korupsi melayangkan teguran lisan kepadanya.

Teguran itu disampaikan oleh KPK karena Mulan mengunggah foto kacamata bermerk Gucci yang awalnya disebut sebagai kiriman dari sebuah toko. Keterangan barang kiriman inilah yang kemudian disorot oleh KPK.

1 dari 2 halaman

1. Ditegur KPK

Ditegur KPK © instagram.com/mulanjameela1 via Detik.com
Dilansir dari Detik.com, Mulan Jameela mengunggah foto itu di Instagram pada Kamis, (17/10) sore. "Bismillahirrahmanirrahim...Terima kasih @jakarta_eyew**r ngirim kacamata sebagus ini, buat sahabat onlineku yang lagi cari supplier kacamata termurah. bisa order langsung di @jakarta_eye**r ya...," tulis Mulan.

Keterangan kiriman ini yang kemudian disorot oleh Saut Situmorang, anggota KPK RI. Menurut Saut, barang pemberian kepada seorang pejabat publik harus diperiksa dulu oleh KPK, karena jika tidak, bisa diindikasikan sebagai gratifikasi.

"Itu sebabnya mengapa seorang penyelenggara negara perlu dijaga oleh KPK agar mereka tetap fokus perform pada kinerja utama mereka karena jauh dari prilaku yang kemungkinan adanya conflict of interest (COI). Bisa saja seseorang akan sustain integritasnya dengan kata lain pemberian tidak akan membuat dirinya goyah integritasnya itu sebabnya beri memberi pada seorang penyelenggara negara tidak saja harus dilihat dengan pendekatan potensi COI yang akan timbul, akan tetapi ada isu lainnya antara lain tentang keadilan, norma, etika, kepantasan dan lain-lain," ujar Saut kepada Detik.com.

 

2 dari 2 halaman

2. Mulan Ubah Caption

Mulan Ubah Caption © instagram.com/mulanjameela1
Tak lama setelah teguran dari KPK muncul ke publik, Mulan Jameela mengubah caption di postingannya. Ia pun tetap mempertahankan postingan itu sampai beberapa lama.

Hingga akhirnya Mulan memilih untuk menghapus postingan tersebut. Ia pun menjelaskan jika postingan itu adalah endorse dari toko yang minta tolong kepadanya.

(kpl/phi)


↑