Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Bawakan Acara AKSI Indosiar Tanpa Penonton, Host Merasa Kesulitan

Rabu, 29 April 2020 15:51 WIB
Bawakan Acara AKSI Indosiar Tanpa Penonton, Host Merasa Kesulitan
© Indosiar

Kapanlagi.com - Indosiar kembali menghadirkan program khusus Ramadan untuk menemani waktu sahur, yakni Akademi Sahur Indonesia (AKSI) 2020. Ajang AKSI ini merupakan program rutin setiap bulan Ramadan untuk bakat ustaz dan ustazah muda bertalenta.

Tahun ini, Akademi Sahur Indonesia sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Karena wabah pandemi, AKSI 2020 setiap peserta akan tampil melalui video dari rumah masing-masing lalu dinilai langsung oleh beberapa dewan juri dari studio. Ada 3 dewan juri yang akan terlibat dalam AKSI 2020, yakni Ustaz Subki Al Bughury, Ustaz Solmed, serta Ustaz Taufiqurrahman.

1. Dampak Perubahan Konsep

Gambar

Perubahan konsep AKSI 2020 bukan hanya dirasakan oleh dewan juri maupun para peserta saja. Tetapi, para host pun merasakan hal yang sama. Tentu saja ini sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Kali ini para host, seperti Ramzi, Abdel, dan Lesti membawakan acara AKSI 2020 tanpa penonton.

"Pertama, sebenarnya semua yang terlibat baik host maupun juri maupun peserta pastinya mempunyai pengalaman mempunyai tingkat kesulitan masing-masing, apalagi dengan kondisi seperti ini. Nah kalo ditanya, saya pribadi, ini memang banyak banget PR-nya, yang paling berat ketika kita harus memandu acara, acara yang bernuansa religi, kayak BerAKSI Di Rumah Saja," kata Ramzi dalam press conference virtual lewat aplikasi Zoom, Selasa (28/4/2020).

"Berbeda kalo kita kemaren sudah mencoba dan sudah menjalankan acara kayak LIDA 2020, LIDA Di Rumah Aja itu yang notabennya acara memang acara hiburan, walaupun tanpa penonton, walaupun personel atau tim yang terlibat di setiap malamnya berkurang jauh itu tidak terlalu masalah. Kita masih bisa haha hihi, bisa bercanda," sambung Ramzi.

2. Sepi Tanpa Respon Penonton

Sama dengan Ramzi, Abdeh Achian pun merasakan hal yang sama. Meskipun sudah berkali-kali memandu acara AKSI Indosiar, namun untuk kali ini pria yang akrab disapa Cing Abdel itu merasakan kesulitan ketika membawakan acara BerAKSI Di Rumah Saja, tersebut.

"Memang jadi kendala, saya pribadi ini acara ditugaskan kepada kita untuk menghidupkan acara ini agar tetap berasa gegap gempitanya. Nah pada saat ada penonton kita dapet energi yang lebih tug, penonton yang kasih ketawa, tepuk tangan, maksudnya yang bisa ngerespon apa yang sudah kita berikan," kata Abdel.

"BerAKSI Di Rumah Saja, itu nggak ada gitu, mungkin itu dirasakan oleh semua yang hadir di acara beraksi. Kalo kemistri sama ramzi sama lesti sama juri-juri luar biasa semakin klop mungkin kendala tidak ada respon itu bisa diminimalisir," sambung Abdel.

3. Ada Host Baru

Selain tanpa penonton, AKSI 2020 ini juga menghadirkan host baru, yakni Lesti Kejora. Untuk pertama kali, Lesti dipercaya membawakan acara yang sudah ada sejak tahun 2013 tersebut.

"Yang pasti ini sebuah pengalaman yang luas biasa buat Dede, karena ini pertama kali terus pertamanya pas begitu ditawarin tuh masih ragu, masih takut. Pada akhirnya pas menjelang beberapa hari mau puasa, waktu itu masih syuting juga, Abi Ramzi tanya "jadi kita nanti di AKSI yah" aku bilang "gimana ya Bi, masih nggak tau harus ngapain" akhirnya dikasih masukan sama Abu Ramzi," tutup Lesti.