Bayinya Terlilit Tali Pusar, Istri Randy Pangalila Harus Operasi Caesar Meski Sudah Pembukaan 8

Tantri Dwi Rahmawati   | Sabtu, 27 Maret 2021 15:59 WIB
Bayinya Terlilit Tali Pusar, Istri Randy Pangalila Harus Operasi Caesar Meski Sudah Pembukaan 8
Randy Pangalila © instagram.com/randpunk

Kapanlagi.com - Randy Pangalila mengaku tak tidur seharian karena menemani proses persalinan istrinya Chelsey Frank. Lelaki berusia 30 tahun itu bersyukur, usai melewati proses yang panjang, sang buah hati berjenis kelamin perempuan yang diberi nama Blair Willow Pangalila lahir ke dunia dengan selamat pada 24 Maret 2021.

Pemain film KUCUMBU TUBUH INDAHKU ini menceritakan kronologi sebelum Chelsey melahirkan. Kontraksi yang dialami sang istri terjadi saat dini hari dan langsung dibawa ke rumah sakit di kawasan Menteng, Jakarta Pusat.

1. Dini Hari ke Rumah Sakit

"Hari sebelumnya kami masih bangun jam 1 pagi. Chelsey bangunin aku, dia ngerasa sakit dan mules-mules, terus kami langsung berangkat ke RS Bunda Jakarta. Rumah saya kan di Bekasi dan itu nggak dekat kan, tapi untungnya karena jam 3 pagi jadinya jalanan lancar," ucapnya saat ditemui di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (26/3).

Saat sampai di rumah sakit, sang istri sudah mau memasuki bukaan tiga. Randy pun terus memberikan semangat pada istrinya itu.

"Pas masuk sini (rumah sakit) langsung masuk ruang bersalin, masih siap-siap bukaan tiga dan mulai setengah lima (pagi) Chelsey mulai kesakitan. Di situ aku nemenin ngasih support terus sekaligus nenangin, karena cuman itu yang bisa aku lakuin, aku tenangin dia supaya rileks ya," katanya.

2. Terlilit Tali Pusar

Sayang, pada bukaan delapan, bayinya diketahui terlilit tali pusar di leher. Alhasil, proses yang tadinya berjalan dengan normal, langsung berganti menjadi caesar.

"Sebenarnya agak kasihan sih karena kalau kita berencana dari awal cesar nggak harus nunggu sampai bukaan delapan. Kontraksi sampai bukaan delapan kan sakit banget, enam jam dia berjuang nahan rasa sakit. Apalagi Chelsea belum makan kan selama proses pembukaan," jelas Randy Pangalila.

3. Sampai Lupa Makan

Sang buah hati akhirnya lahir sekitar pukul 09.54 WIB. Kendati begitu, pemain sinetron Cinta Fitri itu baru bisa melihat anaknya pada pukul 13.00 WIB karena beberapa kondisi.

"Akhirnya caesar selesai jam 9.54, kami belum ngecek bayinya, belum semuanya. Pembukuan, pindah kamar, baru bisa jam 1 siang kami (lihat bayi). Nggak tidur sama sekali, tapi rasa capek dan kurang tidur tuh hilang. Kami aja lupa nggak makan dari jam tiga pagi sampai jam tiga sore. Itu hal yang nggak akan saya lupain sih momennya," tutup Randy Pangalila.

4. Ingat Pesan Ibu

Kisah-kisah persalinan yang mengharukan tetap mewarnai meski pandemi belum juga usai. Meski begitu pastikan selalu #IngatPesanIbu. Rajin cuci tangan, pakai masker, jaga jarak, jauhi kerumunan dan batasi mobilisasi.

Reporter:   Sahal Fadhli