Begini Kronologi Praktik Dugaan Penipuan Berkedok Penerimaan CPNS Anak Nia Daniaty

Minggu, 26 September 2021 09:05 WIB
Begini Kronologi Praktik Dugaan Penipuan Berkedok Penerimaan CPNS Anak Nia Daniaty
Korban Dugaan Penipuan Anak Nia Daniaty - Credit: Irfan Kafril © KapanLagi.com

Kapanlagi.com - Anak dari penyanyi senior Nia Daniaty, Olivia Nathania buat heboh publik karena diduga telah melakukan penipuan berkedok penerimaan CPNS. Karena perbuatannya, wanita yang akrab disapa Oli ini dilaporkan bersama suaminya Rafly N Tilaar alias Raf ke Polda Metro Jaya pada Jumat (24/9).

Sebelum modus Oli dan suaminya ini terbongkar, mereka menggunakan banyak cara agar modus penipuannya bisa dilancarkan pada para korban. Hal tersebut terungkap oleh salah satu korban yang juga merupakan guru sekolahnya, Agustin yang mengatakan bahwa Oli sering mengaku kenal banyak pejabat.

"Dia sering menyampaikan bahwa banyak kenal pejabat, bahkan bilang udah jadi direktur utama perusahaan batu bara dimana disana isinya pejabat semua. Disampaikan seperti itu yang buat saya jadi percaya dan yakin," ungkap Agustin saat ditemui di kawasan Senayan, Jakarta Selatan, Sabtu sore (25/9) .

Setelah itu, Agustin pun menceritakan bagaimana akhirnya ia dan korban lainnya mengetahui penipuan yang dilakukan Oli pada mereka. Semua terbongkar setelah orang suruhan Oli diinterogasi oleh suami salah satu korban yang curiga.

1. Kebohongan Terungkap

Credit: Bayu Herdianto © KapanLagi.comCredit: Bayu Herdianto © KapanLagi.com

"Akhirnya saya tidak percaya itu diakhir bulan Agustus, tahun ini. Saya sering tanya terus chat dan telpon dan di pertengahan Juli Oli sudah tidak bisa dihubungi karena selalu saya tanyakan, ada apa nggak. Dia menyatakan ada. Makin diundur karena DKI lagi lock down dan dia mengurus CPNS di Bekasi nah disitu lah terungkap semua kebohongan," ujarnya.

"Akhirnya ini adalah orang yang bernama Budi, yang memberikan surat pengantar pada CPNS Bekasi ke dinas damkar. Ternyata dia adalah orang suruhan Oli. Orang ini mengaku karena saat itu ada suami dari calon korban yang curiga lalu menginterogasi dia," lanjutnya.

2. Korban Sempat Ingin Selesaikan Urusan Baik Baik

Ketika semua kebohongan terbongkar, Agustin menyebut Olivia Nathania pun langsung menghilang bagai ditelan bumi. Selain itu, Agustin pun sempat mencoba untuk menyelesaikan masalah ini secara baik-baik, bahkan ia juga mendatangi rumah Nia Daniaty untuk meminta pertanggung jawaban.

"Setelah pengkuan ini tersebar Olivia menghilang, lost kontak karena semua udah ketahuan jadi nggak bisa alasan apapun. Dia tidak pernah muncul lagi, nggak bisa dichat ditelepon juga. Udah berupaya meminta baik-baik ke Oli sudah kita lalui semua tapi janji terus dan tidak pernah terwujud, akhirnya kami mendatangi rumah orangtuanya, mau gimana pun dia punya keluarga dan kebetulan saya juga kenal orangtuanya," pungkasnya.